Kamis, 27 Juni 2019

Tiara Pot Smart Multi Cooker, Bisa Mengukus Sayuran Sampai Memasak Kue

Sebagai seorang ibu, saya nggak bisa lepas dari dunia masak memasak. Dulu waktu belum menikah masaknya buat diri sendiri, yang mana bebas aja mau masak apa. Tapi setelah menikah, masaknya buat keluarga dan saya harus berpikir soal gizi dan nutrisi dalam masakan, tapi juga tidak mengenyampingkan kepraktisan dalam memasak. 


Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak-anak, maka saya selalu memasukkan unsur sayuran ke dalam masakan. Sayuran itu banyak banget manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah membuat pencernaan jadi sehat, meningkatkan sistem imun, sumber vitamin dan mineral bagi tubuh, sumber utama serat dan meningkatkan kesehatan mata dan syaraf. 


Namun supaya vitamin dalam sayuran diserap dengan maksimal oleh tubuh, maka cara memasaknya juga harus benar. Memasak sayuran tuh nggak bisa lama-lama yaaa. Kalau masaknya lama maka vitamin dan mineral dalam sayuran bisa menguap hilang. Beberapa vitamin dalam sayuran tidak tahan terhadap panas dan gampang larut dalam air, seperti Vitamin B dan Vitamin C. 



Supaya Vitamin dan Mineral dalam Sayuran Tidak Hilang


Sebelum sayuran dimasak, sayuran harus dicuci dulu. Cuci sayurannya dalam air mengalir ya bu agar bakteri, kuman dan pestisidanya hilang. Jangan merendam sayuran dalam air karena akan membuat vitamin C dalam sayuran jadi hilang. Vitamin C rentan terhadap panas, udara dan air.

Setelah dicuci, potong sayuran besar-besar. Semakin kecil potongan, semakin besar potensi nutrisi dalam sayuran hilang saat proses memasak. Sayuran yang sebaiknya dipotong besar-besar tuh contohnya wortel, kentang, kembang kol dan brokoli.

Masak sayuran dalam sedikit air. Makin sedikit airnya makin sedikit pula nutrisi yang hilang. Jangan masa dalam suhu yang tinggi dan terlalu lama, karena ini juga bisa membuat nutrisi dalam sayuran juga menghilang. Sayuran yang nggak boleh dimasak lama adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, caisim atau brokoli. 



Kenali cara memasak sayuran yang tepat. Metode mengukus adalah cara memasak yang tepat untuk sayuran yang mengandung vitamin yang gampang larut dalam air. Jenis sayuran yang cocok untuk dikukus adalah wortel, kembang kol, brokoli, kacang hijau, bayam dan sayuran hijau lainnya. Mengukus membuat nutrisi dalam sayuran bertahan lebih lama.

Memanggang sayuran juga bisa dilakukan untuk jenis sayuran seperti wortel, asparagus, labu, buncis atau kacang panjang. Sementara menumis juga bisa dilakukan dalam memasak sayuran asal minyak untuk menumisnya jangan terlalu banyak. Lebih bagus lagi jka minyak yang digunakan adalah minyak zaitun atau minyak kanola. 



Metode selanjutnya adalah merebus sayuran. Nah saya paling sering nih merebus sayur. Masukkan sayuran saat air mendidih agar rasa dan kerenyahannya bisa dipertahankan. Cara ini cocok untuk merebus kentang, bit atau sayuran yang butuh waktu lebih lama untuk matang.

Tiara Pot Smart Multi Cooker 8 in 1 Function Cook


Nah setelah tahu cara memasak sayuran agar nutrisi tidak hilang, sekarang ke alat masaknya nih. Kadang ketika saya masak, suka nyambi-nyambi pekerjaan lain. Masak sayur disambi cuci piring, disambi bilas baju, multitasking lah yaaa disebutnya. Pengennya ketika kerjaan masak kelar, eh kerjaan lain juga kelar, trus berlanjut ke kerjaan yang lain.

Masalahnya kalo masak sayur kan nggak bisa disambi-sambi gini karena sayur bisa kematengan dan akhirnya nutrisi jadi hilang. Dulu saya tuh ngarep ya ada alat masak yang tinggal tekan tombol aja pas masak terus sayurnya mateng. Jadi bisa disambi-sambi ngerjain yang lain. 



Ternyata.. harapan saya jadi kenyataan lho. Ada lho alat masak yang tinggal tekan tombol aja trus masakannya mateng. Namanya Tiara Pot Smart Multi Cooker. Produk kece ini diproduksi oleh Polytron. Punya tagline Smart Way To Cook, Tiara Pot akan jadi produk favorit para ibu yang doyan multitasking. Alat ini bisa memasak, mengukus, membuat bubur, meanggang kue dan memasak nasi. Saya terpesona dengan produk ini saat hadir di acara launchingnya pada tanggal 25 Juni kemarin.

Tiara Pot Smart Cooking membuat memasak jadi lebih praktis dengan adanya preset timer dan cooking timer (24 jam). Kapasitas masaknya adalah 2 liter, cukuplah ya buat makan 11 orang dewasa. Tambahan fitur intelligent temperature control menjaga nasi yang dimasak tetap pulen dan tidak rusak. 



Tiara Pot dilengkapi dengan 5 lapis coating hard anodized, thermal spray iron, iron carbon steel, alumunium dan ceramic coating. Lima lapisan ini membuat sayuran matang sempurna karena panasnya menyebar merata. Tiara Pot juga punya diagram cooking untuk kita memantau proses memasak dan dalam bahasa Indonesia jadi lebih mudah dimengerti.

Di bagian tutup Tiara Pot ada fitur-fitur jenis masakan. Kalau kita mau masak sup tinggal pencet tombol soupnya. Begitu juga kalau kita mau mengukus, tinggal pencet tombol mengukus. Lalu proses memasak bisa kita liat di fitur di atasnya. Ada mulai, penyerapan, pemanasan, penyerapan, mendidih, merebus dan hangat. Ada jam dan menit yang bisa kita pilih untuk lama memasak.

Jadi misal kita mau mengukus selama 15 menit. Tinggal pencet Kukus lalu pencet 15 menit di bagian menit. Nanti Tiara Pot akan memberitahu ketika proses memasak sudah selesai. Dengan cara ini, memasak jadi praktis dan masak sayuran juga nggak akan kematengan. So nutrisi terjaga dan tidak hilang.

Karena bisa masak kue juga, saya kebayang deh bisa masak kue di Tiara Pot. Kemarin Chef Laura mempraktekkan membuat banana cake menggunakan Tiara Pot. Tinggal masukkin bahan-bahannya ke Tiara Pot dan pencet cake, mateng deh cake nya. Se simple itu. 



Yang bikin saya ngeces juga adalah kapasitas listriknya. Tiara Pot hanya menggunakan listrik sebesar 400 watt aja untuk memasak. Buat saya yang kapasitas listriknya cuman 900 watt, akan berpikir lebih kalo mau beli alat elektronik. Yang pasti saya perhatikan ya berapa listrik yang digunakan. Rata-rata produk elektronik tuh watt nya gedeeee.

Tiara Pot Smart Multi Cooker sudah dijual bebas ya. Harga promonya 700 ribuan, ada tambahan buku resep sebagai bonusnya lho. Harga normalnya adalah 850 ribuan. Cukup terjangkau kan yaaa. Ada 2 warna Tiara Pot yaitu abu-abu dan merah. Saya sih udah nunjuk yang warna merah. Red is my favorit colour.

Berikut spesifikasi dan featrures detailnya ya :
- Capacity 2 L
- Dimension 290 x 375 x 253 mm
- Weight 4 kg
- Cooking Power Consumption 400 watt
- Preset and timer 24h
- Visible cooking process
- Color chrome plate housing
- 4 Digit LED display, IMD control panel
- 3D heating and warm keeping
- 8 multi cooking functions
- Intelligent temperature control, whole cooking procedure is automatic
- Plastic handle easy to catch and move the product
- 1.0M length detachable power cord
- Inner pot 2.0mm thickness, alumunium hard anodized with ceramic inside
- Detachable inner lid and steam outlet, easy to clean


11 komentar :

  1. langsung naksir banget sama Tiara Pot ini. Bentuknya futuristik dan kegunaannya banyak banget ya... eh pas dilihat, harganya juga lumayan terjangkau ya... langsung #AutoNabung

    Thanks for sharing Mba Yayat...

    BalasHapus
  2. Keren dan inovatif, selama ini alat dg penampakan di atas saya taunya buat masak nasi. Ternyata skrg ada yg busa buat masak sayur.

    BalasHapus
  3. Ya ampunnn, sebagai mak-mak pingin nyemil kue enak sambil kerja, potnya menggugah minat sangat!

    BalasHapus
  4. Untuk listriknya lumayan besar juga yah menurut saya, tapi fitur-fiturnya ituloh yang bagus buat masak nasi apalagi kue.

    BalasHapus
  5. Saya kalau masak juga gak bisa disambi. Apalagi kalau proses memasaknya yang membutuhkan waktu cepat. Beberapa kali mengalami makanan sampai gosong gara-gara saya fokus ke hal lain hehehe. Enak kalau ada Tiarapot. Tinggal masukin bahan, kita bisa kerjain yang lain

    BalasHapus
  6. Fiturnya lengkap ya. Selama ini sih produk serupa biasanya utk masak nasi saja, tp yg ini banyak fungsinya

    BalasHapus
  7. ini ok banget mbak yayat cuma kayanya kalau pakai untuk rumah tangga keberatan sama watt-nya yah, hihihi tapi oke banget ini beneran deh naksir juga apalagi harganya masih terjangkau dengan banyaknya fitur yang disediakan

    BalasHapus
  8. Keren banget sih ini
    Benar-benar multifungsi deh
    Kalau begini mah, cukup punya satu alat saja udah aman sentosa dunia perdapuran ya

    BalasHapus
  9. Ini bukan rice cooker lagi ya namanya, udah multi cooker. Segala bisa. Keren bangettt. Desainnya juga kece gith sih!

    BalasHapus
  10. Wah rice cookernya ini bikin mupeng pengen beli. Apalagi praktis banget digunakan. Tapinya wattnya gede banget yak.

    BalasHapus

Back to Top