Jumat, 24 Mei 2019

Kue Kering Skippy Oles Karamel

Sebentar lagi lebaran nih... biasa kalo mau Lebaran begini para ibu udah sibuk menyiapkan keperluan Lebaran. Misal beli baju, beli sepatu atau sendal sampai beli kue-kue suguhan Lebaran. Kue suguhan perlu nih.. karena kalau Lebaran kan tamu banyak dateng tuh. Masa nggak ada kue buat suguhan.


Banyak orang menjual kue-kue untuk Lebaran. Banyak banget jenisnya dengan bermacam harga. Yang biasa dijadikan kue suguhan adalah nastar, kastenger dan kue putri salju. Rata-rata tiap rumah menyuguhkan kue ini saat Lebaran.



Namun saya mungkin satu dari sedikit orang yang berbeda. Saya nggak menyuguhkan ketiga jenis kue itu. Melainkan kue yang terbuat dari coklat dan kacang-kacangan. Soalnya anak-anak saya menyukai kue yang terbuat dari coklat dan kacang.

Ada kalanya saya membeli kue-kue tersebut, namun kadang saya bikin sendiri kalau lagi nggak sibuk bekerja. Sebenernya lebih enak bikin kue sendiri, karena rasanya bisa sesuai dengan selera kita. Trus harganya bisa murah karena kita beli sendiri bahannya.

Bikin kue sendiri sebenernya nggak ribet kok. Saya selalu bikin kue yang resepnya simpel dan bahannya gampang dicari. Kue kering itu sebenernya nggak ribet buat dibikin. Paling yang kudu ditelateni adalah ketika mencetaknya. 



Untuk kue kering kacang, saya pakai selai kacang Skippy. Selai kacang Skippy tuh creamy dan manisnya pas dan ada asin gurihnya, udah gitu rasa kacangnya terasa banget. Anak saya suka mencolek selai kacang Skippy dan memakannya langsung.

Selai kacang Skippy biasa buat olesan roti, tapi selai ini juga enak dibikin kue kering. Selai kacang Skippy selain enak juga membuat proses pembuatan kue kering jadi lebih cepat. Nggak perlu menggiling kacang lagi kan dan karena selai kacang Skippy sudah ada rasanya, jadi bikin khas kue kering yang kita buat.

Kue kering Skippy Oles Karamel

100 gram selai kacang Skippy
100 ml minyak sayur
80 gr gula halus
1 sdm margarin
1/4 sdt garam
200 gram tepung terigu
1 sdm susu bubuk
Bahan toping "
50 gram gula pasir
kacang tanah, digoreng

Cara membuat :

1. Campur rata selai kacang Skippy, minyak sayur, gula halus dan margarin serta garam. Aduk di satu wadah menggunakan spatula. Jika sudah tercampur, sisihkan.
2. Campur tepung terigu dan susu bubuk. Ayak di atas campuran Skippy. Sambil diaduk agar tercampur.
3. Cetak adonan ke menggunakan cetakan kue. Jangan terlalu tebal agar matangnya merata ketika dipanggang.
4. Panggang di oven 150 derajat celcius hingga matang
5. Oleskan karamel di atas kue kering jika kue sudah dingin. Taburin kacang tanah yang sudah digoreng.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top