Jumat, 31 Mei 2019

Kencur, Rahasia Daya Tahan Anak Kuat dan Tak Cepat Lelah

Ketiga anak saya termasuk anak-anak yang aktif di sekolahnya. Mereka selalu ikut kegiatan ekstra kurikuler yang ada. Si sulung dan si tengah aktif ikut kegiatan pramuka dan karate. Si bungsu aktif ikut olahraga basket dan bola volley. Saya selalu mendukung anak-anak saya untuk aktif dan memberi air perasan kencur untuk kesehatan fisik mereka.

(dok.freepik.com)

Sebenarnya sejak awal mereka masuk sekolah, saya memang sarankan mereka untuk aktif ikut kegiatan yang ada di sekolahnya. Saya bebaskan mereka untuk memilih kegiatan yang ada. Untungnya tempat anak saya sekolah dulu punya beragam kegiatan ekstrakurikuler.



Ada beberapa manfaat jika kita membiarkan anak-anak kita untuk ikut kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya yaitu :
1. Anak mencoba hal baru, dengan mempelajari hal-hal baru ini anak jadi tahu kemampuan dan kelemahan dirinya.
2. Menambah kepercayaan diri, karena anak tampil di depan umum.
3. Belajar bertanggung jawab, karena anak mengemban tugas yang dipercayakan kepadanya.
4. Belajar taktik dan strategi karena kemenangan sulit didapat tanpa kerja keras.
5. Melatih kematangan psikologis anak misalnya tidak egois, karena anak akan bekerja sama dengan anak-anak lainnya.
6. Pikiran anak teralihkan dari kegiatan yang tidak bermanfaat seperti main tanpa tujuan sepulang sekolah.


(dok.freepik.com)

Aktif berkegiatan juga membuat anak saya tumbuh sehat karena terbiasa aktif bergerak. Namun saya selalu memantau kegiatan mereka dan mengingatkan mereka untuk membuat waktu prioritas. Kewajiban untuk belajar di sekolah harus tetap dilakukan meski mereka aktif berkegiatan.

Syukurlah selama ini aktivitas belajar nggak terganggu karena mereka bisa membagi waktu. Lumayan lah yaaa ketiga anak saya masuk tiga besar di kelasnya. Lalu si sulung dan si bungsu pernah mewakili sekolahnya untuk bertanding di tingkat daerah.

Selain mengingatkan mereka untuk membagi waktu, saya juga mempersiapkan fisik mereka agar tak lelah menjalani semua kegiatan yang mereka pilih. Kadang yaaa semangat untuk berlatih sih selalu ada, tapi saking semangatnya berlatih sampai lupa sama daya tahan fisik.


(dok.freepik.com)

Jadwal latihan mereka tuh dua kali seminggu. Si sulung dan si tengah latihan karate setiap Jumat sepulang sekolah dan hari Minggu. Untuk latihan pramuka, jadwalnya hari Sabtu pagi. Kemudian si bungsu latihan basket hari sabtu dan latihan volley hari kamis. Lumayan padat ya kan.

Sekali dua kali sih fisik mereka oke-oke aja namun setelah rutin latihan beberapa minggu pastinya mereka merasa lelah juga. Kelelahan terutama timbul ketika mereka berlatih keras untuk lomba. Latihan yang biasanya cuman dua jam ditambah menjadi 3 jam karena ikut lomba.

Anak yang tubuhnya lelah bisa menurunkan daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri. Ujung-ujungnya anak bisa sakit deh dan kalau sudah sakit sekolahnya bisa terganggu juga. Anak itu lelah kalau menunjukkan tanda-tanda badannya lemas dan loyo, malas mengerjakan sesuatu dan kurang ceria seperti biasanya. 


(dok.halodoc.com)

Untuk mendukung kekuatan fisiknya, saya berikan anak saya makanan bergizi yang mengandung protein dan mineral. Sayur dan buah harus ada setiap hari. Lalu susu juga setiap hari mereka minum. Saya bawakan buah untuk cemilan agar mereka tak jajan sembarangan. Buah lebih sehat kan.

Kemudian saya selalu ingatkan anak untuk minum air putih. Air putih wajib nih biar tubuh nggak dehidrasi karena banyak cairan tubuh keluar saat latihan. Makanya botol minum berisi air putih wajib dibawa oleh anak saya.

Selain itu, ada satu rempah-rempah yang sering saya berikan ke anak saya agar daya tahan tubuhnya kuat dan tak mudah lelah, yaitu kencur. Kencur biasa kita gunakan untuk memasak sayur kan. Rasa tanaman kencur yang khas bisa membuat sayuran jadi lebih enak rasanya. 

(dok.jawapos.com)

Kencur untuk Daya Tahan Anak dan Penghilang Lelah 

Manfaat kencur untuk kesehatan banyak sekali selain bikin sayur jadi enak. Kencur bisa menghangatkan tubuh anak, menambah nafsu makan anak, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kelelahan dan membersihkan darah kotor dan lain-lain. Khasiat kencur untuk batuk juga telah banyak dibuktikan. Banyak manfaatnya kan, makanya selalu sedia kencur ya.

Kencur punya beragam manfaat karena dalam kandungan kencur terdapat asam sinamat, asam metil kain dan penta dekan, asam anisat, alkohol, etil ester, bondol, mineral, sineol, pati, minyak atsiri, kamphene dan paraemurin. Saya aja rutin minum jamu beras kencur. Manfaat minum beras kencur adalah agar kesehatan saya terjaga. 


(dok.halodoc.com)

Untuk menguatkan daya tahan tubuh anak, berikan perasan kencur yang bisa dicampurkan pada minumannya. Caranya nih yaaa, kupas bersih kencur, 3 rimpang aja cukup, lalu parut. Rebus parutan kencur bersama air sampai mendidih. Kemudian saring. Berikan kepada anak selagi minuman hangat setelah dicampur dengan madu. Minuman ini akan meningkatkan imun anak.

Minuman ini juga bermanfaat untuk mengatasi rasa lelah. Saya sih rutin membuatkan minuman kencur ini ada anak seminggu 2 kali, Alhamdulillah tuh mereka nggak gampang lelah. So buat para ibu yang anaknya aktif berkegiatan, selalu dukung kegiatan mereka dan jaga fisik mereka dari kelelahan ya.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top