Rabu, 01 Mei 2019

Dari Mural ke Vespa, Kreatifnya Vespa Paint Art Jadi Pemenang Kompetisi Asli Jago XL Business Solutions

Kita memasuki era 4.0 di mana ide bisnis yang kreatif dan anti mainstream banyak dicari orang. Di era ini pula industri sepenuhnya tergantung pada penggunaan internet yang serba cepat. Internet for everything. 

(dok.vespapaintart)

Ruang luas di Kantorkuu Coworking Space yang berlokasi di Agro Plaza Kuningan Jakarta riuh dengan banyak anak muda. Mereka asyik mendengarkan paparan dari XL Business Solutions. Sembilan anak muda yang hadir punya prestasi luar biasa yaitu menjadi pemenang kompetisi #AsliJago yang diadakan oleh XL  Axiata melalui XL Business Solutions.


Saya datang ke acara Business Sharing itu pada 24 April 2019. Saya ingin tahu lebih jauh tentang kompetisi Asli Jago dan para pemenangnya. XL Business Solutions mengadakan kompetisi Asli Jago untuk mendukung UMKM Indonesia. Sebagai salah satu provider penyedia jaringan internet, XL merasa perlu terjun langsung memajukan industri kreatif di Indonesia.

Kompetisi dilakukan melalui instagram sejak tahun lalu dan diikuti oleh ratusan pebisnis muda. Kategori industri yang dilombakan ada 9 yaitu kuliner, foto dan video, travel, kesenian, e-commerce, fashion, teknologi, otomotif dan event organizer. Kategorinya sangat mewakili industri kreatif yang sedang berkembang ya. 



Penilaian meliputi banyak hal, salah satunya adalah sisi kreatif dan ide bisnis yang out of the box. Dari 9 kategori yang dilombakan, keluarlah 9 pemnang dengan ide paling kreatif yang masing-masing berhak atas hadiah sebesar 20 juta rupiah. Berikut adalah kesembilan pemenang tersebut :

1. Kategori kuliner : Sushi Kita (IG @sushi_kita), makanan Jepang yang dipadukan dengan makanan Indonesia.
2. Kategori foto dan video : Social kreatif (IG @socialkreatif), membantu para brand lokal meningkatkan branding di medsos dengan memberi layanan membuat foto dan video untuk brand tersebut.
3. Kategori fashion : Bits and Bobs (IG @bitsandbobs.id), usaha tas dan tote bag dengan desain kekinian.
4. Kategori e-commerce : Kunanta (IG @kunantaid), membuat personal care dengan bahan alami dan memasarkan secara online.
5. Kategori event organizer : Lala Market (IG @lalamarket.id), penyelenggara bazzar yang menjual barang-barang bekas yang menyasar kalangan anak muda.
6. Kategori travel : Pukucamper (IG @pukucamper), usaha menyewakan can untuk para wisatawan di Bali. Dengan menggunakan van khusus, para wisatawan bisa menjelajah alam Bali dan bisa berkemah di lokasi yang diinginkan.
7. Kategori kesenian : Gulaliku (IG @gulaliku), membuat produk dari kayu yang bernilai estetik tinggi.
8. Kategori otomotif : Vespa Paint Art (IG @vespapaintart), usaha mengecat ulang vespa tua dengan desain artistik hingga bernilai ekonomis tinggi.
9. Kategori teknologi : Pro HR (IG @prohr.id), membuat software program HR yang lebih modern dan menggantikan program HR manual. 



Vespa Paint Art, Bermula dari Hobi Membuat Mural
Adalah Aji Supratman dan Abdul Malik yang ada di balik Vespa Paint Art. Berawal dari kesukaannya membuat mural di tembok, dua anak muda ini melangkah lebih jauh dengan membuat art pada bodi Vespa. Mereka beralih karena menyadari bahwa membuat mural itu gambarnya tak abadi. Mural bisa dihapus oleh pemerintah karena dianggap merusak keindahan kota.

Vespa menjadi pilihan karena sebagai motor tua, Vespa dengan bodi lama tak dibuat lagi. As we know saat ini Vespa mengeluarkan motor baru dengan desain lebih modern. Padahal dulu Vespa disukai karena bodinya yang gendut seperti bebek. Bodi inilah yang menjadi daya tarik motor Vespa.


(dok.vespapaintart)

Berlokasi di Ciputat Tangerang Selatan, Vepa Paint Art berkembang dengan promosi dari mulut ke mulut pelanggan yang puas dan kedahsyatan Instagram. Konsumennya merambah ke area Jabodetabek. Vespa Paint Art sering mengikuti kegiatan offline seperti bakti sosial atau kompetisi Motor Contest.

Pengerjaan pengecatan di bodi Vespa dilakukan berdua saja, yang bahu membahu mengerjakan pesanan konsumen. Tak ada yang jadi bos dan tak ada yang suruh menyuruh, pesanan dikerjakan dengan rasa tanggung jawab. Kemenangan di kompetisi Asli Jago tak diprediksi sebelumnya, karena mereka bersikap optimis tanpa target menang mengingat saingan yang begitu banyaknya.

Vespa Pant Art bekerjasama dengan XL sejak November tahun lalu. XL membantu Vespa Paint Art mengembangkan bisnis dengan mendukung melalui jaringan internet dan komunikasi. Menang di kompetisi Asli Jago membuat Vespa Paint Art mendapat banyak insight dan pengalaman juga relasi untuk mengembangkan bisnis ke depannya. 



Hadiah yang didapat rencananya untuk membangun bengkelnya menjadi bertingkat. Lantai 1 untuk bengkel dan lantai 2 untuk tidur agar pengerjaan pengecatan Vespa lebih maksimal dan konsumen makin merasa puas.

Saya mengintip IG @vespapaintart dan merasa terkesima dengan karya mereka. Vespa tua yang bodinya penuh karat disulap menjadi mengkilap dengan gambar yang sungguh artistik. Kalau lihat hasil akhirnya, pasti nggak nyangka deh kalau Vepa tersebut tadinya lebih pantas menghuni gudang. Sungguh keren dan pantas menang.

XL Business Solutions Bantu Kembangkan Bisnis

XL Business Solutions adalah layanan XL yang membantu mengembangkan bisnis di bidang telekomunikasi. Ada bermacam layanan dalam XL Business Solutions diantaranya adalah Mobile Communication, Fixed Conectivity, Mobile Advertising, Cloud and Data Center serta Internet of Things IoT.




Ada paket XL Biz yang ditawarkan dan telah dilengkapi dengan Office 365 untuk membantu menjawab komunikasi bisnis tanpa batas sehingga kinerja UMKM dapat lebih produktif dan efisien. Ini beberapa harga layanan paket XL Biz tersebut :

- Rp 49 ribu untuk 5 GB
- Rp 99 ribu untuk 12 GB
- Rp 149 ribu untuk 20 GB
- Rp 249 ribu untuk 40 GB
- Rp 499 ribu untuk unlimited data

Buat para pebisnis yang tergantung pada jaringan internet tentu paket XL Biz ini sangat bermanfaat. Harga terjangkau apalagi jaringan XL tuh cepet banget. Saya suka banget nonton balapan MotoGP. Nggak ada yang bisa menghalangi saya nonton balapan kesukaan saya ini.

Kalau saya lagi ada di area yang tidak ada televisi, saya nonton lewat live streaming melalui jaringan XL. Saya pakai paket internet Xtra Combo 129 ribu (15 GB internet, 15 GB You tube seharian, 60 menit nelpon ke semua operator) jadi internetan bebas aja nggak terbatasi oleh kuota. So saya tetap dapat mengikuti keseluruhan seri balapan MotoGP di manapun saya berada karena jaringan internet XL setia menemani.


23 komentar :

  1. Vespanya jadi keren banget dikasih mural,

    BalasHapus
  2. Keren ya kak,, klo udah d mural gitu itu gk boleh dijalanin ya krn gk sesuai STNK, suka klo kreativitas nya positif aplg bisa jd pendapatan,, btw alu jg pakai internet xl

    BalasHapus
  3. Keren ya XL bisa menyasar para industri kreatif. Apalagi Vespa jadi sekeren itu. Salut

    BalasHapus
  4. Jadi pengen naik Vespa nya deh, tambah unik dikasih mural.

    BalasHapus
  5. kreatif banget idenya. aku suka vespa apa lagi dimural.

    BalasHapus
  6. Motor legend dikasih mural gitu mah atuh makin keren aja, ga malu buat diajak nongkrong.

    Oh iya, kebetulan juga mau ganti 1 simcard karena masalah jaringan, nah XL sepertinya pilihan yang bagus karena sehari-hari butuh manteng internetnya.

    BalasHapus
  7. Duh.. itu vespa print-nya keren sekali, Mbak Yayat.
    Dan kebetulan saya punya vespa warisan Bapak saya. Sebenar masih bagus, hanya karena lama tidak dipakai, mesinnya dingin dan susah distater.
    Kalau dibuat vespa print, pasti keceh ya hehehe.

    BalasHapus
  8. Vespa yang di-paint itu jadi unik banget ya, gak gampang dicuri.

    x
    XL makin kreatif ya menghargai para pelaku industri kreatif.

    BalasHapus
  9. Sebagai pemakai setia XL dari nomor pertama di tahun 2002 sampai kini saya enggan berpaling ke lain hati hihihi
    Dan baca ini jadi kepoin IG Vespa Paint Art...memang keren sangat!

    BalasHapus
  10. Aihh lucu bnget vespa dj paint art kyk gitu. Kdng kalau lihat orang pakai vespa kesannya keren dan klasik. Kebyang kalau ada dekorasi art paint kyk gini pasti makin kece.

    BalasHapus
  11. Jadi ingat vespa abang tua daku, yang kadang didandain kek gitu, terus ganti lagi haddeh dah

    BalasHapus
  12. Woww...keren bgt vespanya. Udh motor antik gambarnya juga antik. Semoga motor lain bisa dibikin mural kayak gtu juga

    BalasHapus
  13. Woww...vespanya keren bgt. Udh antik motornya, gambarnya juga antik. Semoga motor lain bisa dibikin mural kayak gitu deh

    BalasHapus
  14. Barang antik tambah unik ya kalo dikasih sentuhan seni mural, pas dengan gambarnya.

    BalasHapus
  15. Wah suamiku juga vespa lovers! Gemes nih, pasti dia liat vespa dijadikan kanvas mural. bagus ya

    BalasHapus
  16. Vespanya jadi super kereeen, hasil muralnya rapi dan nilai seninya sangat tinggi ya. Semakin banyak peluang usaha ya, tinggal kitanya aja mau nangkap dan memanfaatkan peluang itu, ide kreatif jangan dibiarkan lolos atau mengendap di kepala, hihi

    BalasHapus
  17. Itu vesoanya kok kece banget ya. Kalau dibawa ke jalanan pasti banyak yang suka lihatnya.

    BalasHapus
  18. keren juga ada paketan XL untuk bisnis umkm harganya juga terjangkau mbaa, ibuku dan adek juga pakai XL paketan combo, inetnya lancar banget tanpa loading

    BalasHapus
  19. Wah kreatif melukis2 vespa gtu mbak :D
    Oh jd ceritanya kmrn XL ngadain lomba dan si seniman mural vespa ini jadi salah satu pemenang ya, keceee. Moga bisnisnya makin berkembang :D

    BalasHapus
  20. vespa nya unik ya dan aku kok baru liat ada vespa di muralin kayak gini, makin kreatif ya anak bangsa! XL ini emg jaringannya wow deh, aku suka minta wifi k suami aku wkwk

    BalasHapus
  21. Wah suka lagim.sama org yg berjiwa seni tinggi...sesuatu jd unik sgn sentuhan seni tinggi ya..

    BalasHapus
  22. Asik jadi keren vespanya. Jadi teringat masa putih abu-abu. Dimana dulu sering pake vespa ke sekolah. Kreatif idenya.

    BalasHapus
  23. Wah tjakep banget desainnya mba, keren emang gerakan para anak kuda ini. Btw di Ciputat yah. Deket sama domisiliku pankapan mampir lah yaa

    BalasHapus

Back to Top