Selasa, 05 Februari 2019

Lima Tema Dekorasi Rumah yang Instagramable

Ternyata mendekor rumah dengan cantik seperti yang sering saya lihat di pinterest atau instagram itu tidak sulit asal kita tahu caranya. Setidaknya itu kesimpulan yang saya ambil setelah hadir di acara blogger gathering Komunitas ISB dan Indonesia Properti Expo 2019 yang berlangsung di JCC pada 3 Februari 2019. Ada mbak Adelya Vivin Kumidaninggar (IG @adelyavk) dan mbak Irma Alaydrus (IG @irmaalaydrus) yang menjadi narasumbernya. 

(dok.freepik.com)

Acara memang diadakan dalam rangka pameran Indonesia Properti Expo 2019 (IPEX 2019). Ini ajang tahunan yang bali ini berlangsung hingga 10 Februari 2019. Properti merupakan bisnis yang cukup berkembang di Indonesia. Orang membeli properti saat ini kebanyakan untuk investasi. Makanya setiap ada acara pameran properti, pengunjungnya pasti membludak. Seperti saat saya datang kemarin. 


Selagi berjalan menuju lokasi acara, saya melihat jejeran maket rumah di kanan dan kiri. Rumahnya cantik-cantik, menarik minat untuk membeli. Saat ini saya belum berniat membeli rumah, namun maket rumah yang cantik ini bisa jadi ide buat saya merenovasi rumah saya di Yogyakarta. Kalo tampilan luarnya udah dapet ide, tinggal interior dalam rumahnya nih yang masih dicari idenya, kebetulan lah ada acara "Rumah Dekor ala Instagram".

(dok.freepik.com)

Ada sebuah acara di channel televisi Waku Waku Japan, namanya Before & After. Acara ini tentang rumah-rumah yang diminta pemiliknya untuk direnovasi. Rumah-rumah di Jepang tuh kecil-kecil ya kan, tapi meski kecil namun bisa didesain dengan efisien. Saya takjub melihat sang arsitek merenovasi rumah kecil menjadi rumah yang cantik dan nyaman dengan segala fasilitasnya. Makanya saya favorit banget sama acara ini.

Mbak Adelya ternyata suka menonton acara Before & After juga dan kadang dapet ide mendekor rumah dari situ. Mbak Adelya, yang mendekor sendiri rumahnya, membagi tema dekorasi menjadi 4 bagian yaitu :
1. Minimalist : mengedepankan interior yang simple tanpa banyak perabot. Warna putih, hitam, dusty pink dan warna kayu menjadi pilihan tema minimalis.
2. Japanese : didominasi dengan warna unsur kayu seperti coklat atau coklat tua. Warna hitam jarang digunakan karena tema Jepang mengedepankan unsur sederhana dan bersih.
3. Boho : warna apapun bisa jadi pilihan di tema ini namun perhatikan pemilihan warna biar nggak terlalu ramai. Tanaman bisa jadi unsur untuk mempercantik interior di tema ini. Pilih tanaman yang bisa ditanam di dalam ruang dan ukurannya tidak terlalu besar.
4. Industrial : didominasi warna-warna hitam, kayu tua dan ada putih sebagai pemanis. Warna di tema industrial ini "laki banget".



Untuk semua tema, sah saja jika kita mau menaruh pernak pernik seperti bingkai foto atau lampu. Namun sebisa mungkin bentuknya senada misalnya kotak untuk frame. Bedakan ukurannya dengan kotak besar dan kecil. Lalu untuk lampu, sesuaikan juga warna lampunya. Pilih yang cahaya lampunya bisa mempercantik ruangan seperti soft white atau soft yellow.

Dari mbak Irma Alaydrus saya dapet satu tema dekorasi lagi nih namanya tema Scandinavian. Tema ini didominasi sama warna-warna cerah seperti biru, abu-abu atau putih. Scandinavian lebih terkesan modern sih jadi pemilihan perabotnya juga yang tampilannya lebih modern. Warna-warna Scandinavian memberi kesan rumah yang ceria. 




Mbak Irma Alaydrus tadinya adalah seorang food photographer namun sekarang ia merambah ke dunia home docoration. Masih ada hubungannya sih karena urusannya masih soal potret memotret. So mbak Irma memberi tips cara memotret objek supaya instagramable :
1. Pasang kamera sejajar dengan objek, jangan miring
2. Ambil beberapa gambar dengan angle yang berbeda supaya kita bisa memilih foto yang paling menarik
3. Gunakan natural lighting seperti cahaya matahari
4. Table decoration dalam beberapa variasi ukuran


(dok.freepik.com)


Kadang hasil foto tidak sempurna, itulah pentingnya aplikasi edit. Saat ini banyak aplikasi edit yang tersedia. Kita bisa memilih aplikasi yang cocok untuk kita gunakan. Saya sendiri menggunakan aplikasi Pics Art. Sementara aplikasi yang lain yang lazim digunakan adalah Snapsheed.

Gimana kalau kita punya anak kecil yang pasti suka mencorat coret dan memberantakan mainan? Mbak Irma menyarankan memberi anak area tersendiri untuk dirinya bermain. Memberi area khusus juga mengajarkan anak untuk disiplin. Tempatkan mainan di kotak-kotak besar dan letakkan di area bermainnya. Nah udah dapat ilmunya nih. Tinggal mempraktekannya saja. So.. siap mendekor rumah?



1 komentar :

  1. Mba, pulang dari sini saya terpikir buat desain rumah dengan konsep scandinavian :D

    BalasHapus

Back to Top