Rabu, 28 November 2018

Mobile Apps 9Lives dari Aswata Membuat Asuransi Jadi Mudah Dimiliki

Terkadang, kondisi jalan di Jakarta yang macet, membuat saya menggunakan motor untuk pergi kemana-mana. Naik motor lebih praktis sebenarnya. Bisa lebih cepat sampai tujuan ketimbang naik bis umum karena motor bisa selap-selip di jalan.


Namun ada bahaya mengancam kalau naik motor di jalan raya di Jakarta. Pengendara motor di sini gila-gilaan. Nggak memikirkan keselamatan gara-gara pengen cepat sampai tujuan. Bukan hanya keselamatan pengendara yang tak dipikirkan, bahkan keselamatan pejalan kaki juga diabaikan. Sering liat kan ya ada pengendara motor yang mengendarai motornya di trotoar.

Sudah tak terhitung saya mengalami kecelakaan ketika bermotor. Untungnya nggak sampai cedera parah. Luka-luka karena kecelakaan hanya meninggalkan bekas di kaki saya. Kecelakaan yang saya alami macam-macam. Ada yang diseruduk pengendara lain atau saya menyeruduk motor lain karena belok kanan dan kiri nggak pake sein.

Pernah juga saya jatuh berguling karena kelalaian seorang pengemudi truk tanah yang membiarkan tanahnya berceceran di sepanjang jalan. Saat itu hari hujan. Tanah liat yang basah menyebabkan jalanan jadi licin. Saya tak bisa mengontrol motor dan jatuh. Bukan saya aja yang jadi korban, banyak pengendara lain yang jatuh juga.



Kita memang sudah berusaha berhati-hati namun ada faktor lain yang menyebabkan kecelakaan terjadi. Ya untung kalo lukanya cuman lecet-lecet, tapi kalo sampe cedera parah kan berabe. Bukan hanya badan sakit tapi uang yang keluar buat berobat juga tidak sedikit. Itulah kenapa sebaiknya kita ikut asuransi, untuk melindungi kita dari hal-hal di luar rencana seperti ini.

Asuransi saat ini mudah untuk diikuti. Cara bayarnya gampang dan klaimnya juga mudah. Banyak asuransi yang bisa kita ikuti tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. Nggak harus datang ke kantor asuransi yang butuh waktu dan tenaga karena banyak asuransi yang sudah online, mengikuti perkembangan dunia digital yang maju pesat.

Salah satu asuransi yang "sangat digital" adalah Asuransi Wahana Tata (Aswata) yang bekerja sama dengan start up Insurtech Korea 9Lives mengembangkan asuransi based on mobile apps yang bernama 9Lives. Saya datang ke acara peluncurannya pada tanggal 26 November 2018 yang berlangsung di gedung Aswata di bilangan Kuningan Jakarta.  



9Lives Mobil Apps Asuransi yang Praktis

Aswata memperkenalkan konsep 9Lives karena anggapan bahwa asuransi tradisional itu mahal, kompleks dan tidak menarik. Pertumbuhan ekonomi saat ini cukup menggairahkan, jadi kebutuhan untuk berasuransi juga meningkat. Namun masyarakat masih terkendala dengan asuransi tradisional yang mahal dan rumit. 9Lives dibuat untuk mendobrak anggapan itu.

Aplikasi mobile 9Lives yang didukung Aswata menyediakan advance user interface untuk pembelian asuransi dengan informasi pribadi yang simple. Tersedia untuk jenis asuransi kecelakaan, asuransi ini tidak mengikat dalam waktu panjang, memungkinkan masyarakat membeli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, kapanpun diperlukan dan selama yang dibutuhkan.

Premi asuransinya juga terjangkau, mulai dari IDR 5.000 - IDR 88.000 pertahun. Tertanggung dapat melakukan pengajuan klaim secara terpisah dari BPJS. Contohnya, biaya IGD/UGD untuk kejadian kecelakaan memberikan pertanggungan fix IDR 500.000 per klaim yang dapat digunakan sampai dengan 2 kali per tahun dengan premirata-rata IDR 8.500.



Proses klaim dilakukan dengan cara upload dokumen yang diperlukan sehingga mengurangi panjangnya proses klaim asuransi. Penyelesaian klaim hanya berlangsung hingga 5 hari kerja. Proses cepat ini dimungkinkan karena proses internal untuk klaim mengalami peningkatan, seperti yang diutarakan oleh bapak Christian Wanandi, Presiden Direktur Aswata.

9Lives telah digunakan oleh Industry Leaders seperti Hwaseung Indonesia dan IPCR. Kedua perusahaan ini telah membeli 9Lives untuk digunakan oleh para pekerja pabrik dan karyawan perusahaan. Gregorius Djap Direktur Senior Operasional Hwaseung Indonesia mengatakan bahwa memberikan karyawan kesempatan untuk belajar asuransi untuk melindungi diri mereka secara financial adalah lebih dari sekedar manfaat dan merupakan bagian penting dari tanggung jawab sosial perusahaan.

Aswata dan 9Lives akan terus berinovasi mengembangkan produk-produk baru seperti asuransi perjalanan dan lain-lain. Nantinya produk-produk tersebut juga dapat dibeli dengan memilih manfaat yang diperlukan, nggak harus membeli paket produk yang rumit dan dapat dengan mudah didapatkan dengan mengunduh aplikasi 9Lives yang sementara ini tersedia di Playstore.

Pembayaran premi di 9Lives bisa dilakukan dengan mudah. Selain menggunakan ATM transfer, pembayaran juga bisa dilakukan melalui Gopay. Gopay? Yes.. karena Aswata telah bekerja sama dengan PT Gojek Indonesia untuk bisa membayar premi melalui Gopay. 



Saya tertarik membeli asuransi kecelakaan melalui mobile apps ini. Pertama saya login menggunakan email. Lalu masuk ke menu 9Lives, ada pilihan tanggungan. Kita bisa memilih tanggungan jika meninggal, jika saya cedera parah atau jika mendapatkan perawatan medis. Dari pilihan ini akan muncul harga premi dan maksimal tertanggungnya.

Saya memilih "Jika saya cedera parah" dan memilih jangka waktu asuransi selama 6 bulan. Harga preminya cuman IDR 15.000 dan nilai pertanggungannya IDR 20.000.000. Kita bisa memilih jangka waktu asuransi sesuka kita ya. Jangka waktunya terdiri dari 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.

Saya klik mulai dan akan muncul pertanggungan yang kita dapat. Klik selanjutnya akan muncul data-data yang harus kita isi. Datanya praktis kok, hanya nama lengkap sesuai KTP, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir. Lalu upload KTP kita.

Selanjutnya akan muncul pilihan jenis pembayaran. Bisa melalui Credit/Debit card, ATM Transfer dan Gopay. Saya klik ATM transfer. Ada 64 bank yang telah bekerjasama dengan 9Lives. Klik bayar sekarang, lalu muncul deh nomor virtual account dan kode bank yang dipakai Aswata (Bank Permata). Lalu bayar deh preminya, bisa melalui ATM atau mobile banking.

Asuransi yang kita beli akan muncul di menu "Asuransi" pada akun kita di 9Lives. Nah selesai deh prosesnya, gampang kan. Dengan membeli asuransi lewat 9Lives kita sudah mendapat pertanggungan. Ya saya nggak berharap akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, namun bersiap diri itu perlu... yakan.

2 komentar:

  1. Gampang banget ya sekarang kalau ingin memiliki asuransi, apalagi dengan premi yang sangat murah dan memudahkan kita juga untuk melakukan pembelian asuransi.

    BalasHapus
  2. Dengan premi 5000 mah terjangkau banget ya mba, jadi pilihan tepat yang pengen punya asuransi

    BalasHapus