Jumat, 30 November 2018

Jadi Entrepreneur Wanita yang Sukses Ala Futri Zulya

Punya tokoh wanita panutan? Kalo saya suka sama sepak terjang menteri perikanan kita, bu Susi Pudjiastuti. Bu Susi adalah perempuan yang tegas luar biasa. Namun bukan karena ketegasannya juga makanya saya menyukainya. Bu Susi Pudjiastuti adalah pengusaha wanita yang sukses. Beliau adalah pemilik perusahaan PT Asi Pudjiastuti Marine Product, sebuah perusahaan ekspor perikanan dan pemilik PT Asi Pudjiastuti Aviation, perusahaan penerbangan.


Produk Seafood dari Susi Brand, telah di ekspor ke wilayah Asia dan Amerika. Sementara Susi Air mendistribusikan produk Susi Brand ke daratan Singapura, Hongkong dan Jepang. Pesawat Cessna 208 Caravan membantu pemerintah mengirimkan makanan dan barang bantuan saat terjadi bencana Tsunami di Aceh pada 2004.

Ibu Susi Pudjiastuti adalah salah satu pengusaha wanita yang sukses yang ada di Indonesia, masih banyak banget pengusaha wanita lainnya. Perusahaan raksasa Blue Bird juga dikelola oleh seorang wanita di belakangnya. Ibu Noni Purnomo adalah presiden direktur di Blue Bird Group Holding yang membuat Blue Bird jadi perusahaan besar yang bukan hanya merambah bidang transportasi tapi juga properti, jasa konsultan, logistik dan lain-lain.

Wanita pengusaha punya tanggung jawab lebih besar bukan hanya dalam karir namun juga keluarga. Walau seorang wanita sibuk bekerja, ia tetap harus mengurus keluarga. Makanya, wanita yang menjadi pengusaha punya kesibukan yang berlipat dibandingkan pengusaha pria. Namun.. wanita biasanya lebih bisa multitasking. 



Futri Zulya adalah seorang wanita yang menjadi pengusaha di bidang kecantikan. Saya baru mengenalnya saat datang ke acara Woman Talk Inspiring Beauty with Futri Zulya pada 24 November 2018 lalu. Bernama lengkap Futri Zulya Safitri S.Mn, M.Bus, ia adalah putri ketua MPR Zulkifli Hasan dan istri dari Ahmad Mumtaz Rais, anaknya pak Amien Rais.

Tentu bukan semata-mata membawa nama besar orang tuanya, makanya mbak Futri Zulya menjadi pengusaha, melainkan karena ketertarikannya pada dunia usaha. Ia sukses merintis Batin Group (PT Batin Eka Perkasa dan PT Batin Medika Indonesia). Ia juga memiliki Z Glow Clinic, klik kecantikan yang punya beberapa cabang.

Wanita dan Peluang di era Revolusi Industri 4.0

Digital nggak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari saat ini. Dulu... saya akan bela-belain pulang ke rumah kalau dompet ketinggalan, namun sekarang, saya akan mengecek berkali-kali dan memastikan handphone saya terbawa kemanapun saya pergi. Ketergantungan saya pada gadget memang sangat tinggi.



Gadget buat saya adalah sarana saya untuk bekerja. Sebagai fulltime blogger yang mengandalkan pekerjaan dari informasi, gadget yang tersambung dengan internet selama 24 jam adalah keharusan. Cek whats app, upload sosmed, browse berita biar selalu update adalah kegiatan yang saya lakukan sehari-hari. Jadi hidup saya memang tergantung banget sama dunia digital.

Itu adalah efek dari Revolusi Industri 4.0 menurut mbak Futri Zulya. Revolusi Industri 4.0 adalah era di mana digitalisasi memasuki semua aspek kehidupan. Era ini ditandai dengan keberadaan kecerdasan buatan atau artificial intelligent. Rekayasa genetik, inovasi dan arus informasi dan perubahan sangat cepat terjadi.

Di era yang sangat akrab dengan internet ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Bener sih kalau ada iklan gadget atau provider yang bilang dunia dalam genggaman. Internet membuat semua aktivitas mulai dari transaksi keuangan, belanja, membeli makanan, mengirim barang dan lain-lain bisa dilakukan dengan sekali klik.



Jangan menyikapi era ini dengan negatif tapi lihatlah peluang yang ada, kata mbak Futri Zulya. Beliau benar, banyak peluang di era serba digital ini. Misalnya online shop. Mudahnya berbelanja secara online membuat orang lebih memilih belanja online ketimbang belanja ke mall.

Peluang juga ada di soal profesi. Dulu mana pernah kita mengenal profesi youtuber, influencer atau content creator. Namun sekarang orang bisa mendapatkan uang hanya dengan meng-upload fotonya di sosial media. Pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa perlu datang ke kantor dari pagi hingga petang.

Kemudahan yang ada di Revolusi Industri 4.0 ini selain fleksible di soal waktu, juga tak banyak modal yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah usaha. Untuk membuat sebuah online shop misalnya, tak perlu menunggu punya toko dulu. Jualan bisa dilakukan di rumah. Bisa nyambi mengurus rumah dan anak juga malah. 



Untuk mengambil peluang di era ini, mbak Futri Zulya menyarankan kita melakukan beberapa hal yaitu sigap mengambil peluang. Untuk hal ini kita memang harus selalu update dengan kondisi. Misalnya para wanita kan doyan banget tuh berbelanja barang-barang fashion. Cermati trend di dunia fashion dan jual deh barang fashion yang lagi jadi trend.

Lalu inovatif dan kreatif harus dilakukan juga, nggak cuma sembarang mengikuti trend. Di sini pentingnya menjadi follower atau inovator. Misalnya menjual barang fashion boleh aja, tapi ya jangan sama dengan yang ada di pasaran. Buatlah sesuatu yang berbeda. Perbedaan yang unik membuat konsumen melirik.

Mbak Futri Zulya juga bilang bahwa setiap orang punya kesempatan yang sama, yang membedakan adalah seberapa baiknya ia melihat peluang dan potensi apa yang ia miliki. Jeli melihat peluang dan memaksimalkan potensi adalah kunci. Lalu yang paling penting juga adalah menyiapkan mental.



Nah soal mental ini penting buat perempuan yang ingin jadi entrepreneur. Perempuan kan biasanya emosinya tinggi yak. Dikit-dikit bete, dikit-dikit sedih. Wajar ya.. karena perasaan perempuan itu halus. Tapi jangan sampe kondisi emosi mengganggu bisnis.

Perempuan yang memutuskan menjadi entrepreneur harus mempunyai mental yang tangguh dan punya jiwa leadership yang kuat. Mental yang tangguh itu penting untuk menghadapi segala kemungkinan. Misalnya kemungkinan rugi atau ditipu, bisa terjadi lho ini di dunia bisnis.

Jika hal-hal jelek ini terjadi, selesaikan masalahnya dan move on, buka lembaran baru. Pengusaha seperti mbak Futri Zulya atau bu Susi Pudjiastuti sekalipun nggak akan jadi pengusaha sukses kalo nggak bisa menyelesaikan segala masalah. Masalah menjadi pelajaran berharga yang bisa digunakan di masa depan.

Tips dari mbak Futri Zulya ini bisalah kita gunakan di kehidupan kita. Tips itu adalah berpikir terbuka, kerja keras dan pantang menyerah, realisasikan imajinasi, jangan terlalu ambisius dan punya ekspektasi tinggi, fokus, jalin relasi, optimis, berdoa, kerjakan yang kita sukai dan perhatikan penampilan.

Tips yang oke punya kan. Setelah dapet tips dan sharing dari mbak Futri Zulya pastinya udah nggak takut lagi memulai bisnis yekan. Mau bisnis apa nih?




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top