Jumat, 28 September 2018

Familia Urban, Hunian di Bekasi yang Nyaman untuk Anak

Dulu ketika saya pindah ke rumah saya yang sekarang, rumah di sekitar saya nggak sepadat saat ini. Saya yang saat itu masih kecil masih bisa bermain dengan nyaman. Masih ada tanah lapang di dekat rumah tempat teman-teman saya bermain bola.


Seiring berjalannya waktu, satu persatu rumah didirikan. Saya tinggal di lokasi  yang strategis memang. Dekat dengan segitiga emas Kuningan. Lokasi strategis ini menjadi incaran mereka yang mencari rumah tinggal. Akhirnya tak ada tanah lapang lagi di sekitar saya. Tanah lapang telah berubah menjadi rumah.

Sempitnya lahan membuat anak-anak tak bisa bermain dengan bebas seperti ketika saya kecil dulu. Mereka bermain di gang sempit dan terpaksa berhenti bermain sejenak jika ada orang yang lewat. Repotnya kalau ada acara seperti tujuhbelasan. Jalan setapak ditutup karena dipakai buat arena lomba. Cukup mengganggu orang yang wara wiri.

Anak-anak memang yang paling merasakan terjadinya kemajuan. Di satu sisi, padatnya rumah di lingkungan saya artinya lingkungan saya dianggap lokasi favorit untuk tinggal. Namun di sisi lain, kepadatan rumah menghilangkan kesukaan anak untuk bermain. Ditambah lagi dengan gadget yang sungguh mudah didapat, anak-anak beralih bermain gadget yang nggak perlu aktivitas fisik dan lahan yang luas.



Padahal bermain adalah hak anak. Ada efeknya pada pertumbuhan anak jika anak jarang bermain. Untuk tau lebih jauh mengenai pengaruh lingkungan pada perkembangan anak, saya datang ke acara blogger gathering bersama Familia Urban milik Timah Properti dan Bloggercrony Community di JCC pada 22 September 2018.

Pengaruh bermain di luar rumah pada perkembangan anak

Mbak Reynitta Poerwito, Bach. Of Psych M Psi, psikolog klinis dari Eka Hospital BSD menjadi narasumber siang itu bersama mbak Zata Ligouw yang saya kenal baik. Sebelum mbak Reynitta memberi penjelasan, mbak Zata Ligouw memberi testimoni tentang bagaimana anak-anaknya bermain.

Kenapa anak perlu berman di luar rumah? Karena ini sebabnya :
1. Meningkatkan motivasi dalam belajar
2. Membangun rasa percaya diri terutama dalam bersosialisasi
3. Melatih sensor motorik
4. Belajar secara aktif
5. Menyehatkan fisik dan membentuk pola pikir yang kreatif

Bermain di luar ruangan berpengaruh juga pada tingkat stress anak. Pada anak yang sehat, hormon stress meningkat di pagi hari dan akan menurun secara bertahap di siang dan malam hari. Lingkungan yang buruk, seperti kondisi sumpek, tak ada ruang terbuka hijau, meningkatkan stress pada anak sepanjang hari.

Kadang orang tua nggak aware ya kalau anak stress. Anak bisa minim stress jika orang tua memberikan ini :
1. Berikan waktu tidur yang cukup pada anak
2. Menjadi role model yang baik
3. Biasakan untuk mengkomunikasikan perasaan
4. Mendukung kebutuhan mentalnya, seimbangkan dengan ekspektasi
5. Luangkan waktu untuk berolahraga bersama
6. Berikan perhatian yang tidak terbagi




Pola asuh memang berperan penting pada perkembangan anak. Pola asuh yang baik membuat anak tumbuh sehat. Masalahnya.. lingkungan yang tak sehat juga memberikan tekanan bukan cuma pada anak, tapi juga pada orang tua. Akhirnya orang tua tak fokus memberi pengasuhan yang baik dan memberi pengasuhan yang salah pada anak.

Pola asuh salah yang sering terlihat adalah dengan memberikan gadget pada anak sejak usia dini. Di masa anak-anak mestinya berinteraksi dengan temannya melalui kegiatan fisik, ia malah sibuk dengan dunia digital yang belum waktunya ia terima. Di lingkungan saya lumrah jika anak-anak berkumpul tapi mereka main game gadgetnya masing-masing. Kumpul tapi tak main bersama.

The American Academy of Pediatrics menyebut permainan jasmani di lingkungan terbuka bermanfaat bagi kesehatan mental anak. Sementara University of Illinois mengatakan bahwa kegiatan outdoor selama 30 menit dapat membantu anak dengan gangguan perhatian dan hiperaktivitas menjadi lebih berkonsentrasi di sekolah dan lebih tenang di rumah. Tapi gimana mau main di outdoor kalau lahannya nggak ada?

Familia Urban, back to the lovely house
Familia Urban adalah perubahan milik Timah Properti yang dibangun di wilayah Timur Jakarta. Lokasinya tak jauh dari gerbang tol Bekasi Timur dan luasnya 176 hektar. Familia Urban nggak ingin sekedar menjadi tempat berteduh namun Familia Urban ingin orang yang tinggal di sini mendapatkan sebuah rumah yang sesungguhnya. Sesuai dengan taglinenya yaitu Back to The Lovely House. 



Dibangun dengan konsep Green Spaces dan Walkable Neighbourhood, Familia Urba punya fasilitas ruang terbuka hijau  yang memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai penghijauan untuk mendapat kualitas udara yang baik dan sarana aktivitas fisik bagi anak dan orang tua serta sarana sosialisasi dengan para tetangga.

Konsep Walkable Neighbourhood diwakili banyaknya pedestrian dan brandgang yang membuat penghuni Familia Urban dapat melakukan banyak aktivitas berjalan kaki. Ada danau buatan yang akan dibangun supaya penghuni nggak perlu jauh-jauh untuk piknik. Danau ini akan dilengkapi dengan restoran makanan. Bener-bener tempat buat piknik.

Familia Urban dibangun dengan mengedepankan kenyamanan bagi para penghuninya. Dari luas lahan, 28% nya adalah untuk kawasan residensial. Selebihnya untuk CDB 11 persen, Ruko 5 persen, Fasum Fasos 3 persen, Greenery 11 persen, Pond 9 persen, Main Boulevard 11 persen dan jalan kawasan 22 persen.

Kawasan landed house ini dikembangkan oleh PT Timah Karya Persada Properti (Timah Properti) yang merupakan anak perusahaan dari PT Timah (persero) Tbk. Lahannya milik PT Timah (Persero) Tbk jadi kawasan ini punya status tanah yang sangat clear.

Harga rumah di Familia Urban cukup ramah di kantong yaitu 460 jutaan. Lokasinya strategis karena bisa diakses dari empat akses tol yaitu Jati Asih, Bekasi Barat, Bekasi Timur dan Tambun. Tanggan 22-30 September 2018 Timah Properti sedang mengikuti pameran properti bernama Indonesia Property Expo, berlangsung di JCC Jakarta.

Jika ingin mendapat informasi lebih jelas mengenai Familia Urban bisa datang ke Hall B 39-40 Jakarta Convention Centre Jakarta atau menghubungi :
Marketing Gallery Familia Urban
Jl Mandor Demong Kel Mustikasari Kec Mustikajaya
Kota Bekasi
Hotline 081317771171
Facebook : @officialfamiliaurban
Twitter : @familia_urban
Instagram : @familia_urban_official

Tidak ada komentar:

Posting Komentar