Senin, 03 September 2018

Cara Aman Beli Smartphone Lewat Toko Online

Saya bukan seorang yang gampang gonta-ganti handphone. Biasanya sebuah handphone saya pakai sampai salah satu di antara kami (saya dan handphone) menyerah. Maksudnya.. saya yang bosan sama si handphone atau handphone nya sudah rusak. Biasanya sih saya yang banyak mengalah. Saya ganti handphone karena saya bosan. Maklum.. rata-rata sebuah handphone saya pakai selama 4 tahun. 


Handphone milik saya sekarang sudah saya pakai selama 3 tahun. Tanda-tanda kebosanan sudah mulai tampak. Niatnya saya, saya akan ganti handphone dalam waktu dekat. Masih ngumpulin uangnya sih dan masih pilih-pilih mau beli handphone yang bagaimana saya nantinya.


Ketika membeli handphone, saya tak pernah membeli dari orang pribadi. Saya membeli melalui toko khusus handphone atau membeli melalui online. Buat saya .. dua cara pembelian ini paling aman. Kalau saya membeli dari orang pribadi, kan takutnya kena tipu ya.

Seperti kejadian seorang teman saya. Ketika membeli handphone dari seseorang, ketika dicek sih handphone nya bagus nggak ada masalah. Ternyata begitu sampai rumah dan digunakan selama beberapa jam, si handphone ngadat. Teman saya langsung kontak si penjual handphone namun si penjual tak mau bertanggung jawab karena saat ia serahkan, handphone berfungsi baik. Rugilah teman saya itu.



Membeli handphone dari toko online lebih mudah sebenernya. Asal toko online tersebut adalah toko online yang resmi dan bukan toko online sembarangan. Membeli dari toko online punya beberapa keunggulan, salah satunya soal efisiensi waktu. Handphone dikirim ke rumah tanpa kita perlu mendatangi tokonya secara langsung. Waktu nggak terbuang gara-gara kena macet di jalan.

Ada beberapa tahapan yang saya lakukan sebelum memutuskan membeli sebuah handphone melalui toko online yaitu  :

1. Cek harga dan spesifikasi lalu bandingkan

Sebelum membeli handphone biasanya saya cek dulu harga dan spesiasi handphone incaran saya. Misal saya punya budget sekian, lalu saya cek handphone mana yang sesuai dengan budget tersebut lalu saya bandingkan dengan handphone merek lain yang harganya setara. 



Supaya nggak bolak balik klik beberapa toko online, saya langsung klik aja iprice.co.id. Kenapa iprice? Karena iprice akan memunculkan harga handphone yang kita mau berdasarkan harga-harga di beberapa toko online. Misal kita mau beli Samsung Galaxy S8. Searching aja di iprice. Nanti muncul deh beberapa harga dari toko-toko online terkemuka. Tinggal kita klik mana toko handphone online yang paling murah.

2. Cek garansi

Garansi penting banget buat melindungi handphone kita. Setelah tau mana harga handphone termurah, cek deh garansi handphone incaran kita. Lebih baik memilih garansi dari produsen dan bukan garansi toko. Garansi dari toko adalah menjamin barang kita datang sesuai yang kita pesan. Kalau barang tersebut cacat maka toko akan menggantinya.

Sementara garansi dari produsen menjamin handphone yang kita gunakan dari kerusakan selama jangka waktu tertentu.. misalnya setahun. Kalau dalam jangka waktu setahun setelah pembelian, handphone kita rusak maka produsen akan memperbaiki kerusakan itu dengan tanpa dikenakan biaya (syarat ketentuan berlaku). 



3. Cek pembayaran

Beberapa toko online ada mensyaratkan pembayaran melalui pihak ketiga atau rekening bersama. Nah kalau pembayaran harus dilakukan melalui rekening bersama, cek ke penjual, apakah pernah mengalami masalah dengan rekening bersama tersebut. Saya sih lebih suka pembayaran dilakukan melalui rekening toko yang bersangkutan. Lebih aman.

4. Cek pengiriman

Beberapa toko online punya bermacam jenis pengiriman. Misal melalui JNE, Pos atau ojek online. Jenis pengiriman berpengaruh pada lamanya barang pesanan sampai ke tangan kita dan berpengaruh pada biaya pengiriman. Untuk pengiriman melalui ojek online, biasanya dilakukan hanya untuk area yang dekat saja.

Nah ini beberapa tips dari saya. Temen-temen tentu punya tips yang lain. Share yuk.

1 komentar:

  1. Cara aman beli smartphone ,Lebih banyak tanya sama orang yang ngerti handphone baru deh ke toko online, biasanya yang resmi dari pabrik.

    Atau saat event tanya langsung sama petugas, handphone yang cocok buat mpo dan budget Mpo

    BalasHapus