Minggu, 12 Agustus 2018

tokohinspiratif.id Untuk Mereka yang Menginspirasi

Dalam hidup kadang kita butuh seseorang untuk menjadi panutan. Panutan itu bisa siapa aja. Bisa dari lingkungan orang terdekat atau public figure yang tak kita kenal secara dekat. Ia yang menjadi panutan, adalah orang yang membuat orang di sekitarnya terinspirasi.


Tak mengenal tokoh inspiratif? Gampang. Acara-acara televisi banyak yang menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat yang inspiratif. Untuk ini saya bersyukur karena televisi tak melulu mengangkat acara hiburan saja. Meski prosentasenya sedikit, namun untunglah acara yang bermanfaat masih ada.

Mengingat perlunya masyarakat tahu tentang kiprah seseorang, sekumpulan individu dan organisasi membuat website tokohinspiratif.id. Website ini dibuat agar masyarakat peduli dengan mereka yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk bangsa. Mereka yang berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan. 

(dok.deny oey)

Melalui website ini diharapkan semakin banyak orang-orang yang ambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik dan menularkan semangat tersebut agar lebih banyak lagi orang terinspirasi untuk menjadi inspirasi. Menyebarkan kebaikan lebih baik daripada menyebarkan keburukan.

Saya hadir pada peluncuran website tokohinspiratif.id di hotel Morrisey Jakarta pada 9 Agustus 2018 bersama teman-teman blogger dari Komunitas ISB. Para undangan telah hadir di Restoran Ocha & Bella, tempat berlangsungnya acara, ketika saya datang siang itu. Sekilas saya lihat pak Imam Prasodjo, sosiolog terkenal di Indonesia.

Ada 11 kategori dalam website tokohinspiratif.id. Tokoh-tokoh yang terpilih untuk mengisi website ini adalah mereka yang punya latar belakang berbeda namun punya minat dan semangat menyala-nyala mengajak semua orang dari berbagai kalangan, usia dan latar belakang untuk berbuat baik. Karena satu perbuatan baik dari satu penduduk Indonesia punya pengaruh sangat besar untuk kemajuan bangsa. 


Melalui website ini, setiap orang berhak untuk mengusulkan dan ambil bagian dalam menjadi inspirasi bagi bangsa. Pengen tau siapa aja yang terpilih menjadi tokoh inspiratif di tokohinspiratif.id? Ini dia para tokohnya :

1. Tokoh Inspiratif Kategori Difabel : Annisa Rahmania, Penggiat Young Voice Indonesia "Tuli, Berprestasi, Mendunia"
2. Tokoh Inspiratif Kategori Akademisi : Prof.Dr.Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi UI "Tak Gentar Melawan korupsi"
3. Tokoh Inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik : Nur Hidayati, Direktur Eksekutif Nasional WALHI "Suara Lantang Pejuang Lingkungan"
4. Tokoh Inspratif Kategori Demokrasi : Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) "Srikandi Pemilu dan Demokrasi"
5. Tokoh Inspiratif Kategori Kesehatan : Dokter Gamal Albinsaid "Mendunia Dengan Visi Kemanusiaan"
6. Tokoh Inspiratif Kategori Guru : Retno Listyarti M.Si, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia "Tak Gentar Membela yang Benar"
7. Tokoh Inspiratif Kategori Komunitas : Syaifuddin Zuhri, Pendiri Komunitas Merah Putih Batu Malang "Suluh di Lereng Penderman"
8. Tokoh Inspiratif Kategori Masyarakat Adat : Afrida Erna Ngato, Kepala Sugu Pagu Halmahera Utara "Srikandi dari Suku Pagu"
9. Tokoh Inspiratif Kategori Seniman : Glenn Fredly "Cinta, Kejujuran dan Totalitas"
10. Tokoh Inspiratif Kategori Aparatur Pemerintah : Dr. Ratna Dewi Petalolo SH MH (Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan) "Bergerak Membangun Peradaban Demokrasi"
11. Tokoh Inspiratif Kategori Nelayan : Muhammad Riza Adha Damanik ST Msi PHD 'Diplomat' Nelayan Nusantara
12. Tokoh inspiratif Kategori Aktifis Organisasi Nonpolitik : Merah Johansyah Ismail, Koordinatir Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) "Gelora Perjuangan Aktivis Jatam"



Masyarakat bisa mengajukan orang untuk menjadi tokoh inspiratif. Namun orang-orang yang patut menjadi tokoh inspiratif adalah mereka yang punya passion di bidangnya, kapasitas ilmu, punya integritas dan jujur dalam pengabdian, punya inovasi yang out of the box atau anti mainstream dan memiliki semangat untuk memberi serta berbagi.

14 komentar:

  1. Mereka benar2 tanpa pamrih berjuang, masih banyak di luaran sana yang belum terekspos, dengan adanya web ini, akan membantu proses keterhubungan mereka dengan stakeholder

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena yang mereka perjuangkan butuh biaya ya teh..

      Hapus
  2. banyak sosok yang belum saya kenal mba tapi bersyukur ada web ini jadi saya bisa tau siapa aja tokoh-tokoh inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga baru tau... kecuali Glenn Fredly sih... untung ada web ini

      Hapus
  3. Semoga kita bisa menjadi bagian dari pengisi konten inspiratif tersebut.

    BalasHapus
  4. Saya paling bersemangat ketika mendengar pidato bung merah.
    Semoga makib banyak generasi milenial yang menjadi inspirasi..

    BalasHapus
  5. Aku salut sama tokoh inspiratif Bapak Merah Johansyah Ismail, dia orangnya berapa mengungkapkan suatu kejadian kepada masyarakat dengan suara lantangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semangat banget beliau bikin yang denger jadi ikutan semangat

      Hapus
  6. Semoga kita bisa menjadi paling sedikit inspirasi bagi lingkungan sekitar kita sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa menyebarkan kebaikan ke lingkungan sekitar ya

      Hapus
  7. Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia.

    BalasHapus
  8. Makin mudah ya kalo mau nyari inspirasi dari tokoh inspiratif, udah ada wadahnya...

    BalasHapus