Jumat, 09 Februari 2018

Cerdas Berinvestasi, Generasi Milenial Melirik LRT City



Pada acara Kompas Forum 100 CEO, Presiden Jokowi yang hadir membuka acara itu mengatakan bahwa generasi milenial kalo punya uang selalu digunakan untuk jalan-jalan berbeda dengan generasi sebelumnya yang menabung uangnya untuk kehidupan mendatang misalnya untuk biaya melanjutkan pendidikan atau berinvestasi. Apa benar begitu?


Sebelum “menuduh” generasi milenial berperilaku seperti itu, saya mau share info nih soal gimana-gimana nya generasi milenial berdasarkan sharing dari pak David Cornelis Mokalu, seorang konsultan keuangan saat acara Blogger Gathering dengan LRT City di JCC Hall Jakarta pada 5 Februari 2018. 

Apa dan bagaimana generasi milenial

Pak Davis Mokalu menyebut generasi milenial saat ini ada di dunia “Disco”  yaitu dunia yang berhubungan dengan Disrupting (technology, start up), Invading (asing), Shifting (pola dan perilaku belanja), Changing (perubahan mayor) dan Obscuring (tren ke depan masih blur). 
Untuk hobi 31 % generasi milenial suka melakukannya cumaaa sekedar buat foto dan fun aja.

Tingkat optimisme dan kebahagiaan generasi milenial itu 97% optmisme ke masa depan, 90% tingkat kebahagiaan dan 76% optimisme ke pemerintah. Jadi kondisi generasi milenial itu berbahagia dan penuh optimisme sebenarnya. Kebahagiaan para milenial itu sendiri berasal dari kesehatan (40%), Kerabat/keluarga (27%), Karier (7%), Keuangan (7%) dan kesuksesan (5%).

 
Generasi milenial cukup tau tentang keuangan namun belum melek untuk berinvestasi. Produk keuangan yang digandrungi para milenial adalah tabungan, deposito, kartu kredit dan kredit hunian. Kesadaran para milenial akan transaksi non tunai cukup tinggi. Makanya para milenial akrab dengan kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik. 

Milenial lebih banyak mencari informasi dari televisi (54%) dan dari medsos (36%, sisanya mencari info dari radio dan koran. Medsos yang dimiliki oleh milenial adalah facebook, whats app, BBM dan instagram. Saya heran kenapa twitter nggak termasuk yang disukai oleh para milenial. Menurut pak David, perilaku ekonomi kaum milenial itu irasional dan elastis. 

Gimana daya beli kaum milenial terutama untuk perumahan? Kita tau kan ya harga rumah selalu naik. Harga tanah di Jakarta naik 26% per tahun sementara harga rumah naik 5% per tahun. Milenial sebagian besar bekerja sebagai karyawan dan rata-rata gajinya adalah 6 juta per bulan. Pada tahun 2016 hitung-hitungannya nih kaum milenial harus mencicil rumah maksimal 1,8 juta per bulan kalo harga rumahnya 300 juta. 


Sementara hitung-hitungan pada 2021, rata-rata gaji milenial diprediksi 12 juta per bulan. Dengan harga rumah 750 juta dan dikurangi uang muka 30%, kaum milenial masih harus mencicil sebesar 4,3 juta per bulan. Cukup besar. Milenial saat ini belum memiliki properti disebabkan karena melambungnya harga properti, besarnya uang muka, tingginya bunga kredit properti, tidak memenuhi syarat ambil kredit, bukan termasuk MBR dan penghasilan tidak mencukupi. 

Karena itu milenial saat ini masih tinggal di rumah orang tua di kota satelit. Selebihnya tinggal di kost, rumah petak, room sharing, apartemen, rusun dan ruko. Meski ini nggak murah juga. Di daerah saya tinggal sekamar kost termurah disewa seharga 700 ribu sebulan, sementara untuk rumah petak kisarannya sejutaan sebulan. Rata-rata pemilik rumah atau kost menarik sewa 6 bulan di depan. 


Tapi kaum milenial nggak usah sedih. Kaum milenial masih bisa kok memiliki properti dengan cara :

  • Menikah (gabungan aset dan penghasilan)
  • Kerja di perusahaan pemberi fasilitas hunian 
  • Kerja di perusahaan pemberi fasilitas kredit
  • Berhutang (cicilan maksimal 30% penghasilan, utamakan hutang yang produktif)
  • Berinvestasi reksa dana atau saham

Ngomongin soal saham, saham properti itu naik terus lho. Kalo dihitung per 5 tahun dari  tahun 2012-2017 saham properti naik 10% per tahun. Kalo dihitung per 10 tahun saham properti naik 10% per tahun sementara kalo dhitung per 20 tahun saham properti nak 29% pertahun. Jadi rata-rata kenaikan saham properti adalah 10-29% per tahun. Lumayan banget kan. 


Investasi di LRT City adalah pilihan cerdas

Anggapan bahwa generasi milenial belum berpikir buat investasi sebenarnya nggak sepenuhnya benar. Sebagian sudah sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan. Salah satunya Keenan Pearce. Pasti pada tau Keenan Pearce kan ya.. mas ganteng ini adalah selebriti yang punya banyak fans. Ia menjadi salah satu nara sumber di acara blogger gathering kemarin. 

Keenan Pearce punya membeli apartemen awalnya sih buat hunian semasa ia kuliah. Namun setelah tau harganya terus merangkak naik ia melihat apartemen bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Maka selanjutnya ia beli apartemen lagi namun tujuannya disewakan. Sampai saat ini harga apartemen memang tak pernah turun.


Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan sebelum Keenan Pearce membeli sebuah apartemen. Lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, kemudahan pembayaran dan fasilitas cicilan adalah beberapa faktor diantaranya. Sebagai orang yang bekerja di Jakarta, Keenan tentu memilih apartemen yang bisa dijangkau dengan mudah dan pilihan transportasinya banyak. Transportasi itu penting sih mengingat jarak dan kemacetan bisa membuat segala urusan kerja jadi terhambat. 

Apakah LRT City itu? Setya Adji Pramana adalah Project Manager Eastern Green, salah satu project LRT City di Bekasi. Pak Setya menjelaskan mengenai kelebihan LRT City. LRT City adalah kawasan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) yang dihubungkan oleh transportasi massal LRT (Light Rail Transit). LRT City dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Kawasan ini mengusung 8 prinsip yaitu : 


Connect : jaringan jalur pejalan kaki dan pesepeda terjalin dengan baik, menghasilkan akses yang lebih pendek dan terhubung secara langsung sehingga meningkatkan akses terhadap barang, jasa dan transportasi publik.

Compact : penataan ulang kota yang membantu terciptanya kondisi di mana setiap penduduk dapat tinggal berdekatan dengan tempat bekerja, sekolah, pusat jasa dan tujuan lainnya sehingga menghasilkan pengurangan waktu perjalanan dan emisi gas buang.

Public transport : transportasi publik dengan frekuensi tinggi, cepat dan andal, dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor pribadi. 

Mix : terciptanya variasi fungsi guna lahan dan bangunan

Shift : pendapatan tarif parkir yang sesuai serta pengurangan lahan untuk parkir sebagai bentuk insentif bagi pejalan kaki, pesepeda dan pengguna transportasi publik yang lain. 

Walk : area berjalan terlindung dengan adanya pepohonan agar kegiatan berjalan tetap nyaman sekalipun di siang hari

Densify : adanya fungsi guna lahan pemukiman dan komersial pada wilayah di sekitar stasiun dan memastikan bahwa semua penduduk memiliki akses terhadap transportasi publik tersebut.

Cycle : desain jalan menjamin keamanan bagi pesepeda dengan menciptakan jalur khusus bersepeda yang saling terhubung dengan adanya elemen peneduh yang halus dan tersedianya parkir sepeda.


Dengan 8 prinsip ini kawasan LRT City akan menjadi lokasi yang bukan hanya nyaman dihuni tapi juga menjanjikan sebagai investasi. Siapa sih yang nggak mau tinggal di hunian yang nyaman ya kan? PT Adhi Karya (Persero) Tbk sendiri sedang mengembangkan beberapa kawasan LRT City yaitu : 

  • LRT City Sentul – Royal Sentul Park
  • LRT City Bekasi – Eastern Green
  • LRT City Jaticempaka – Gate Way Park
  • LRT City Ciracas – Urban Signature
  • Cisauk Point – member of LRT City (Tangerang)
  • Oase Park – member of LRT City (Ciputat – Tangsel) 

LRT City dibangun untuk memenuhi kebutuhan kaum milenial yang maunya serba cepat dan nggak bisa jauh dari digital makanya di LRT City akan dipasang jaringan internet yang super cepat. Fasilitasnya juga mendukung kehidupan kaum milenial yang mau serba fun. Kalo liat desain LRT City saya pengen bener tinggal di sana.

LRT City hadir lho di Indonesia Property Expo yang sedang berlangsung di JCC Senayan Hall A mulai tanggal 3 sampai 11 Februari 2018. Bisa liat-liat maket dan desain LRT City di sana. Kalau mau beli apartemen boleh banget lho.. ada hadiah langsung yang sangat menarik dan hadiah utama berupa mobil. Jalan-jalan ke Eropa dan Umroh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar