Jumat, 16 Februari 2018

3 Cara yang Dilakukan Penyuka Ungu untuk Mengusir Bad Mood



Kebayang nggak jika warna di dunia ini hanya hitam dan putih? Pasti membosankan kan. Bersyukur Tuhan menciptakan dunia yang penuh dengan warna. Dari semua warna yang ada di dunia ini, mana yang jadi warna kesukaanmu? Lalu lihat deh kepribadian kamu, warna kesukaan terkadang sesuai dengan kepribadian masing-masing orang.


Warna kesukaan seseorang memang sering dihubungkan dengan kepribadiannya. Misalnya seseorang yang prbadinya sungguh ceria, tebak aja warna kesukaannya. Biasanya pink.. karena pink adalah warna yang ceria. Beberapa teman saya yang punya kepribadian seperti ini saya tebak dengan benar warna kesukaannya .. yaitu pink.

Lalu teman yang semangatnya selalu menggebu, selalu penuh gairah.. semangat terus gitu. Saya tebak dengan benar juga warna kesukaannya.. yaitu merah. Merah identik dengan pribadi yang selalu bersemangat dan senang jadi pusat perhatian. Kalau saya.. suka warna ungu. Saya juga suka warna pink, biru muda dan coklat… namun kesukaan saya pada warna ungu lebih besar dari warna lainnya. 

Saking senangnya dengan warna ungu, sampai barang pribadi saya didominasi warna ungu. Ungu itu warna yang unik dan misterius. Jika ada sebuah barang dengan beberapa warna, mata saya akan otomatis tertuju pada warna ungu dan jika sudah melihat si ungu, saya susah berpindah ke warna lain. 


Suatu hari, saya ingin membeli kaos polos warna coklat muda karena ada teman memberi oleh-oleh pashmina sekembalinya ia dari Turki. Pashmina itu didominasi motif warna coklat tua, kalo dipadu padankan dengan kaos polos coklat muda pasti keren. Lalu datanglah saya ke toko langganan. Kaos polos coklat muda tersedia di sana.. tapi di sebelahnya ada kaos warna ungu. Bisa ketebak kan.. kaos apa yang akhirnya saya beli? Yes.. ungu. Padahal saya sudah punya 2 buah kaos polos warna ungu.

Iseng-iseng saya cek lewat www.knowyourcolor.id apa benar warna yang sesuai dengan kepribadian saya adalah ungu? Apa bener ungu itu warna yang “gue banget”? Cek di website ini gampang kok, kamu tinggal masukkan alamat email lalu jawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Lalu di halaman paling akhir akan muncul warna yang sesuai dengan jawaban kamu. Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada di web ini, saya langsung klik halaman terakhir… and you know warna apa yang muncul? Ungu!

Bagaimana kepribadian si penggemar ungu? Berdasarkan website ini, seorang penyuka warna ungu itu suka hal-hal berbau spiritual, humanis dan peduli pada orang sekitar. Punya perhatian pada tumbuhan dan binatang. Trus karena warna ungu itu unik maka karakter si penyuka ungu bisa berubah secara drastis. Penyuka ungu juga moody-an orangnya dan terkadang misterius, suka menutup diri padahal sebenarnya ramah. Benarkah saya seperti itu?


Sebagian besar apa yang dikatakan oleh website ini benar adanya. Di situasi ketika saya dikelilingi oleh orang-orang yang tidak saya kenal dan di lokasi yang tidak pernah saya datangi sebelumnya, saya memilih untuk menjaga jarak dengan orang-orang tersebut. Ini cukup merugikan jika saya misalnya sedang ada di sebuah event di mana saya datang sebagai undangan. Orang akan menganggap saya sombong dan tak mau bergaul. Padahal sikap tersebut membuat saya merasa aman.

Untuk karakter yang berubah drastis.. ini benar juga. Misalnya gini, saya bisa marah besar pada seseorang karena dia salah melakukan sesuatu namun jika orang tersebut langsung menyadari kesalahannya dan minta maaf saat itu juga, saya langsung adem, nggak marah sama dia lagi. Perubahan ini bisa berlangsung hanya dalam waktu beberapa menit… fiuhhh.

Trus… benar bahwa saya suka moody-an.. mood-mood an dalam melakukan sesuatu. Kalau suasana hati lagi senang, kondisi sekitar nyaman, saya happy mengerjakan apapun juga. Tapi jika hati saya tiba-tiba tak senang, saya akan malas melakukan apapun. Ini merepotkan terutama jika menyangkut pekerjaan. Saya adalah seorang blogger yang pekerjaannya nggak boleh tergantung dengan mood. Kan gawat kalau tulisan sedang deadline tapi mood lagi jelek banget. 


Untuk menjaga mood tetap baik, saya punya beberapa cara yang setidaknya cukup mengusir mood jelek saya hingga saya bisa mengerjakan pekerjaan saya dengan lancar. Ini nih tiga hal yang saya lakukan biar bad mood menghilang :

Pakai benda kesayangan dengan warna kesayangan

Sehari-hari saya nggak bisa lepas dari laptop.. ya karena lewat laptop inilah saya bekerja. Laptop saya ukurannya kecil saja karena agar saya tak sulit membawanya kemana-mana. Kalau saya pergi seharian saya memang sering membawa laptop. Jadi kalau ada waktu luang setelah datang ke sebuah event, saya langsung buka laptop dan bekerja. 

Laptop saya jenis netbook karena saya tak butuh program macam-macam dan harganya pun murah. Saya beli netbook ini 5 tahun yang lalu dan sampai sekarang nggak pernah ngambek. Dengan netbook ini saya sudah menjalani perjalanan panjang menjadi seorang blogger. Tau nggak apa warna netbook saya? Yes.. ungu. Bad mood datang? Taruh aja laptop ini di meja. Memandang warna ungunya hati jadi senang, 

Memakai baju dengan warna ungu juga saya lakukan ketika bad mood. Misalnya saya harus pergi ke sebuah acara tapi hujan dan males banget mau jalan.. mager gitu. Saya cari baju warna ungu dan pakai deh.. wah jadi semangat lagi saya. Akhirnya jalan juga walau hujan deras. 


Belanja

Kata orang belanja itu bikin stress.. eittt belanja yang gimana dulu. Kalau saya justru belanja bisa membangkitkan mood. Supaya belanja nggak bikin stress karena pengeluaran jadi membengkak maka belanja kudu terencana. Pikirkan apakah barang yang akan kita beli itu penting buat kita. Kalau ada diskon, hitung apakah harga setelah barang tersebut didiskon beneran jadi murah. Beberapa kali saya hitung sih harga setelah diskon masih mahal juga, jadi diskon belum menjamin harga barang jadi murah.

Saya nggak malu menghitung harga barang setelah di diskon pada saat saya melihat barang tersebut. Itulah fungsinya kalkulator yang selalu saya bawa terutama jika saya niat buat berbelanja. Jika ada barang di diskon besar, misalnya 70 persen, saya langsung hitung dengan kalkulator untuk tau berapa harga setelah didiskon, kalau masih mahal harganya ya saya nggak jadi beli, apalagi kalau barang tersebut nggak terlalu saya butuhkan.

Dulunya saya cukup menggunakan handphone untuk menghitung, tiap handphone kan ada kalkulatornya. Tapi sejak Casio mengeluarkan produk colorful calculator yang warna warni saya jadi lebih suka membawa kalkulator. Kalkulator juga nggak ribet buat menghitung barang yang banyak. 

Casio My Style adalah kalkulator produk terbaru dari Casio yang kekinian banget. Warnanya macam-macam. Ada pink, biru, hijau, merah dan lain-lain. Yang saya sukanya lagi ada warna ungu di jajaran warna Casio My Style… yeaayyy. Tapi selain warnanya, saya suka fisik kalkulatornya yang tipis dan ringan. Nggak ngeberatin tas kalo dibawa kemana-mana.

Bahkan kalo saya bawa tas kecil yang muat dompet dan hape doang, kalkulator ini masih bisa masuk karena ramping. Colorful calculator dari Casio bukan hanya mendukung warna sebagai kepribadian tapi juga mendukung fashion. Ber OOTD dengan kalkulator ungu mah bikin unik. Pengen punya colorful calculator juga? Segera deh mampir ke Matahari Mall dan beli kalkulator dengan warna kesukaan kamu. Jangan lupa cantumkan promo code CASIOBLOGXL90J21 supaya kamu dapet harga spesial.

Mewarnai

Mewarnai Cuma buat anak-anak? Salah banget. Mewarnai itu bisa dilakukan oleh siapapun.. orang dewasa sekalipun. Sekarang banyak dijual buku mewarnai buat orang dewasa. Gambarnya lucu-lucu dan gambar ini bisa diwarnai dengan warna sesuka kita. Mewarnai bisa melepas bad mood saya. Mengisi bidang kosong dengan spidol beraneka warna bikin saya jadi happy.

Mewarnai memang membuat pikiran tenang dan dan kembali jernih. Ini terjadi karena saat mewarnai, kita menikmati prosesnya. Mewarnai juga melatih motorik dan otak jadi lebih fokus. Jika pikiran tenang, hati senang maka semangat bangkit lagi. Dalam mewarnai, saya tak berpikir tentang keserasian warna. Makin tabrak warna malah saya makin suka. 

Nah ini beberapa cara yang saya lakukan agar mood tetap terjaga. Kalau kamu.. apa yang kamu lakukan?

5 komentar:

  1. Aku jugak penggemar warna ungu mbaaak...
    Tapi kalo baju lebih suka item, soalnya biar kelihatan langsing hahaha.

    Tapi kalkulator ungu itu emang unyu sekaliii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah emang mbak nya kurang langsing apah... iya suka banget ada warna ungunya

      Hapus
  2. Kalkulatornya aja kece mbaaa, bisa warna-warni gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa kalkulator kekinian ini... warna warni dan tipis juga jadi enteng

      Hapus
  3. Mbak Yayat, warna kita sama berdasarkan knowyourcolor.id. Hihi. Walaupun sebenarnya saya pencinta warna hijau. Wah ternyata mewarnai bisa bikin mood balik lagi ya? Mau nyobain aaaahh...

    BalasHapus