Senin, 08 Januari 2018

Tempat Wisata Edukasi dan Sejarah di Bukittinggi



Liburan dengan keluarga ingin ke tempat seperti apa? Tempat wisata pilihan, selain tempatnya menyenangkan tentu harus ada nilai-nilai edukasi yang dapat diambil. Nah.. Bukittinggi yang terkenal dengan kuliner pedas ala Minang ternyata menyimpan banyak destinasi wisata edukasi/sejarah yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Di mana sajakah tempatnya? Cek nih yaaaaa…

(sumber : ksmtour.com)

 1. Wisata Peninggalan Masa Penjajahan 

a. Fort de Kock

Dulunya Bukittinggi menjadi Ibu Kota Negara Pemerintahan Darurat Repubik Indonesia lho sehingga banyak peristiwa bersejarah yang membekas di sini. Salah satu peninggalan masa pendudukan Belanda di Indonesia adalah Fort de Kock. Nama “Fort de Kock” diambil dari Komandan Baron Hendrik Merkus de Kock yang menjabat saat itu. 

Benteng ini menjadi titik pertahanan tentara Belanda dari perlawanan masyarakat Minangkabau sejak Perang Paderi. Selain menjadi saksi sejarah kedudukan Belanda yang menguasai sebagian besar bukit di sekitar Bukit Jirek, benteng ini sekaligus menjadi tempat awal berkembangnya Kota Bukittinggi. Istimewanya, sebagian besar bangunan benteng masih bertahan dari abad 18 hingga saat ini. 

b. Lobang Jepang 

Lobang Jepang menjadi destinasi ke-2 napak tilas sejarah Indonesia. Terowongan ini digunakan sebagai benteng pertahanan tentara Jepang tahun 1942. Di dalamnya ada ruang pengintaian, penyergapan dan ruang penjara yang diubah oleh pemerintah menjadi lokasi wisata sejak 1984.

Lokasi lobang Jepang berada di Jalan Panorama namun akses masuknya bisa dari Taman Panorama, Kebun Binatang Bukittinggi, Ngarai Sianok dan samping Istana Bung Hatta. Dimensi Terowongan ini 1400 x 2 m dan berkelok dengan fondasi yang sangat kokoh. Jangan khawatir.. terowongan ini sudah dihiasi lampu berwarna warni sehingga tak temaram.


 2. Museum

a. Museum Zoologi

Ada lebih dari 6 museum yang bisa dikunjungi selama berwisata ke Bukittinggi, salah satunya adalah Museum Zoologi yang berada di kawasan Kebun Binatang Bukittinggi. Baru 7 tahun berdiri, museum ini menyimpanrplika lebih dari 2000 fauna seperti Harimau Sumatra, Kangguru Tanah, Harimau Dahan dan Orang Utan. Harga tiketnya juga sangat murah kok… cuma 2000 rupiah.

b. Tri Daya Eka Dharma

Museum kedua yang patut disinggahi yaitu Tri Daya Eka Dharma. Di sini keluarga Anda bisa melihat ratusan jenis senjata zaman perang. Penamaannya sendiri dimaknai tiga unsur kekuatan satu pengabdian, yangsesuai dengan filosofi Minang dan menjadi jembatan penyemangat bagi generasi saat ini akan nilai juang para pahlawan.

Di bagian depan museum, Anda dapat mengabadikan foto di sebuah pesawat terbang buatan Amerika yang pada 1958 digunakan untuk menghentikan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia. Museum ini dapat dikunjungi mulai pukul 08.00-16.00 dan tanpa biaya masuk lho alias gratis. 

 3. Taman Rekreasi

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan memiliki koleksi hewan terlengkap di Pulau Sumatera. Sejak 80 tahun lalu beroperasi, kebun binatang ini menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Pembangunan terus dilakukan dengan membuat Rumah Adat Baanjuang yang sangat besar dengan atap Gajah Maharam pada tahun 1935. Di dalamnya, keluarga Anda bisa mengenal lebih dalam kebudayaan Minang melalui perhiasan, alat kesenian dan koleksi peninggalan nenek moyang yang dipajang. 

Harga tiket masuk Kebun Binatang Bukittinggi yaitu sepuluh ribu rupiah untuk dewasa dan delapan ribu rupiah untuk anak-anak. Arahkan saja kendaraan Anda ke Jalan Cinduo Mato Benteng pasar Atas. Kebun Binatang buka dari pukul 08.00 pagi sampai jam 18.00 sore.  

Bepergian bersama keluarga ke tempat wisata edukasi di Bukittinggi, Anda pasti perlu mencari hotel murah di Bukittinggi. Kabar baiknya, Anda dapat menemukan penginapan yang nyaman untuk seluruh keluarga dengan Airy Rooms. 

Fasilitas standar yang setidaknya dimiliki hotel Airy mencakup air minum dan WiFi gratis, AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, shower air hangat dan tempat tidur bersih. Sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia, Anda dapat melakukan booking melalui aplikasi Android/iOS dan website. Pembayarannya pun mudah, dapat dilakukan melalui transfer, kartu kredit dan bahkan bisa melakukan pembayaran di Indomaret. 

Mudah dan praktis bukan? Jadi kapan Anda berangkat ke Bukittinggi?

1 komentar:

  1. Menarik sekali lokasinya. Moga moga bisa mengunjungi. Terima kasih sharingnya mba.

    BalasHapus