Minggu, 17 Desember 2017

Emotion Work dan Mental Work Agar Ibu Bisa Jadi "Best Mom Ever"



Ibu punya peranan penting dalam rumah tangga. Mengurus anak, memasak, membereskan rumah adalah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Ibu akan sibuka sejak bangun tidur hingga tidur lagi. Saking sibuknya seorang ibu hingga ia kadang tak mempunyai waktu untuk diri sendiri. Kesibukan itu makin berlipat jika sang ibu juga berprofesi sebagai pekerja kantoran.


Saya hadir di acara Fonterra Brands pada tanggal 12 Desember 2017 yang membicarakan soal kampanye Fonterra bertajuk “Best Mom Ever”. Kampanye ini bertujuan mengapresiasi para ibu yang selalu memastikan nutrisi keluarga dan menjadikan mereka ibu terbaik, Best Mom Ever. Seorang ibu yang selalu menjaga dirinya sendiri dan keluarga agar tetap sehat, aktif dan produktif juga adalah Best Mom Ever. 

Roslina Verauli, seorang psikolog yang hadir di acara itu mengatakan bahwa seorang ibu punya tugas 2-3 kali lebih banyak dibandingkan seorang ayah. Selain tugas mengasuh dan mengurus rumah, sebenarnya seorang ibu punya tugas lainnya yaitu Emotion Work atau pusat emosi. Banyak ibu yang tidak menyadari akan tugas ini. Memang apa sih Emotion Work itu?


Emotion work adalah peran ibu yang membuat keluarga mempunyai emosi yang baik. Saya punya tetangga yang setiap hari berantem terus. Anak dan orang tuanya marah-marah tiap hari. Kenapa bisa seperti ini? Karena fungsi ibu yang seharusnya bisa meredam emosi anak tidak terlaksana. Ibu malah mengikuti emosi negatif keluarganya. Memahami pikiran dan perasaan anggota keluarga dan meredam emosi negatif adalah Emotion Work. Ibu yang bahagia akan membuat keluarganya bahagia. 

Tugas seorang ibu lainnya adalah Mental Work. Mental Work adalah kemampuan ibu mendelegasikan tugas-tugas rumah tangga dan concern kepada kesehatan dan gizi keluarga. Semua urusan rumah tangga dan pengasuhan anak sebenernya tak harus sepenuhnya dipegang oleh seorang ibu sendiri. Ada suami yang bisa diajak berkolaborasi mengurus rumah tangga dan anak. 

 
Ada kalanya seorang ibu tidak dalam kondisi stamina yang maksimal, seorang ibu bisa sakit juga. Nah pada kondisi seperti ini suami hendaknya bisa berperan membantu urusan rumah tangga dan urusan anak. Ibu yang berbahagia juga tidak bisa muncul dengan sendirinya, ada faktor dukungan dari suami dan anak juga. Dukungan suami dan anak serta mengertinya ibu pada fungsi mental work dan emotion work akan mebawa sebuah keluarga menjadi keluarga yang bahagia. 

Me Time adalah salah satu cara seorang ibu untuk menyegarkan dirinya. Ibu boleh boleh aja kok me time, namun sebelumnya, delegasikan dulu tugas-tugas keluarga pada suami. Misal ibu mau me time ke salon dan spa selama 6 jam, nah berikan tugas terperinci kepada suami dan anak. Misal ingatkan anak untuk makan pada jam sekian atau ingatkan suami untuk mengantar anak les pada jam sekian. Jika sudah mendelegasikan tugas maka me time nya ibu akan nyaman. 


Di acara kemarin, Rohini Behl selaku Technical Marketing Advisor Fonterra Brands Indonesia mengatakan bahwa ibu memiliki tanggung jawab memberikan nutrisi yang baik pada keluarga. Sebagai penyedia nutrisi susu terpercaya, brand-brand Fonterra telah menjadi bagian dari jutaan konsumen terutama kaum ibu. Fonterra Brands memahami bahwa ibu selalu mencari pilihan terbaik ketika harus menyediakan nutrisi bagi keluarganya, kata bu Rohini Behl.

Fonterra Brands punya produk yang berkualitas dan terpercaya yaitu Anchor, Boneeto, Anmum dan Anlene. Kita sudah sering melihat ya produk-produk ini. Anak saya sering minum susu Boneeto sementara saya sendiri sering minum Anlene. Anchor Boneeto punya A-Force Formula yang menyediakan kombinasi unik dari kalsium, protein, multivitamin B, zinc dan magnesium. Vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan anak. 


Sementara Anlene dengan MoveMax mengandung kalsium, kolagen dan protein yang meningkatkan kinerja tulang, sendi dan otot agar dapat bergerak sebebas mungkin. Mineral ini terutama dibutuhkan oleh ibu yang berusia lanjut. Untuk ibu hamil, ada Anmum dengan Nuelipid yang jadi rekan terpercaya bagi ibu dan calon ibu untuk memenuhi kebutuhan menjaga kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayi. 

Dalam rangka kampanye Best Mom Ever, Fonterra Brands memberikan hadiah mug cantik yang dibuat dalam 4 desain. Mug ini dapat diperoleh dengan pembelian Anmum Materna dan Lacta 400 gram (rasa coklat). Anlene Gold 650 gram (rasa coklat, vanila dan original) dan Anchor Boneeto 700 gram (rasa coklat). Hadiah mug adalah hadiah istimewa dari Fonterra Brands agar masyarakat dapat lebih kreatif dalam mengungkapkan apresiasi mereka kepada ibu sebagaimana apresiasi terhadap diri sendiri bagi mereka yang juga seorang ibu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar