Kamis, 25 Mei 2017

Hunian Nyaman dan Ramah Lingkungan di Familia Urban




Makin padatnya penduduk, makin tinggi permintaan akan hunian yang nyaman.  Ini membuat para pengembang berlomba-lomba membangun hunian. Di satu sisi banyaknya perumahan yang dibangun oleh pengembang membuat masyarakat punya banyak pilihan. Namun di sisi lain, jika tidak teliti, bukan hunian nyaman yang kita dapat, tapi rumah dengan permasalahan yang berkepanjangan.


Kota Bekasi adalah kota yang berkembang pesat. Pabrik-pabrik banyak didirikan di Bekasi. Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta membuat Bekasi mulai dilirik untuk dijadikan tempat tinggal karena harga rumah di Jakarta membumbung sangat tinggi. Lahan di Jakarta yang sempit kurang memungkinkan untuk dibangun landed house.. rumah tapak yang biasa kita tempati itu. Mau nggak mau ya dibikinnya rumah model apartemen.

Bekasi masih punya lahan cukup luas. Jadi membangun rumah model landed house masih sangat mungkin. Kelebihan landed house itu adalah ada cukup ruang bagi anak-anak buat bermain. Seneng kan ya kalo kita liat anak-anak kita bermain di pekarangan rumah. Aman karena kita bisa melihat mereka bermain. Kita juga bisa menanam tanaman yang kita suka di pekarangan, hal yang sulit dilakukan jika kita tinggal di apartemen.

Familia Urban, apakah itu?

Familia Urban adalah kawasan hunian di Kota Bekasi. Kawasan seluas 176 hektar ini berlokasi tak jauh dari gerbang tol Bekasi Timur. Familia Urban akan membangun rumah yang tak hanya sebagai tempat berteduh, namun sebagai sarana interaksi anak dengan alam, karena kawasan ini didesain ramah lingkungan.


Rumah yang akan dibangun modelnya landed house jadi interaksi antara penghuni rumah yang satu dengan yang lain akan berlangsung baik. Seperti yang kita alami di rumah kita, karena jarak antar tetangga berdekatan jadi kalau ada apa-apa minta tolongnya gampang. Bahkan di rumah saya, kalau ada perlu dengan tetangga tinggal buka pintu aja, saking dekatnya jarak satu rumah dengan yang lain.

Saya datang ke Familia Urban bersama teman-teman dari BloggerCrony Community pada tanggal 18 Mei lalu. Ada pak Chrishandono Heswadhi, Manager Realty Familia Urban dan pak Andris Sayoga Sales manager Familia Urban yang menjelaskan tentang apa dan bagaimana perumahan Familia Urban. Saya melihat di bagian depan galery marketing tempat kami berkumpul siang itu, ada plang nama Timah Properti.

Ternyata ya Familia Urban memang dikembangkan oleh PT Timah Karya Persada Properti (Timah Properti). Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari PT Timah (Persero) Tbk. Familia Urban sendiri berdiri di atas tanah milik Timah Properti. Karena kepemilikan lahannya jelas maka sudah tentu tak ada masalah tentang sengketa lahan.


Konsep hunian ini adalah hunian hijau. Artinya hunian rumah di Familia Urban akan sangat memperhatikan keserasian hunian dengan alam. Familia Urban memulainya dengan melakukan gerakan penghijauan 1000 pohon Trembesi untuk Bekasi. Kenapa pohon trembesi? Trembesi dipilih karena pohon ini menyerap air. Daunnya yang lebat membuat lingkungan sekitarnya menjadi sejuk dan pohon ini nggak susah untuk ditanam.

1000 trembesi ditanam secara bertahap berbarengan dengan dibangunnya rumah-rumah di Familia Urban. Pohon trembesi terutama ditanam di sisi jalan jadi saat trembesi tumbuh tinggi dan daunnya rindang maka kawasan Familia Urban akan menjadi sejuk. Kan adem gitu ya kalau kita masuk ke sebuah kawasan yang penuh dengan pohon rindang. Pengennya gelar tiker aja di bawah pohon.

Konsep hunian hijau juga diaplikasikan pada desain rumah yang mempunyai taman di tiap rumah. Taman ini nanti boleh ditanami dengan tanaman apapun terserah si pemilik rumah namun tidak boleh mengalihkan fungsi taman. Maksudnya kita nggak boleh mendirikan bangunan di atas taman.


Selain berkonsep hunian hijau, Familia Urban juga punya konsep sebagai hunian ramah anak. Tak ada kabel-kabel listrik bergelantungan di Familia Urban. Semua kabel-kabel dibangun di bawah tanah. Jadi kalau anak-anak main layangan atau main lari-larian akan aman-aman aja tuh.. nggak keserimpet kabel yang bisa membahayakan jiwa mereka. Sampai sedetail itu Familia Urban memikirkan keselamatan dan kenyamanan anak-anak bermain.

Keamanan adalah faktor terpenting dari sebuah hunian. Di Familia Urban aman nggak tuh? Aman dong.. karena ada CCTV dan security 24 jam di tiap cluster. Gerbang keluar masuk di tiap cluster hanya satu jadi keluar dan masuk lewat gerbang yang sama. Ini memudahkan pak security mengawasi setiap orang yang keluar masuk perumahan.

Familia Urban akan menjadi kawasan kota mandiri di Bekasi. Layaknya kota mandiri maka semua fasilitas akan dibangun di sini, misal fasilitas mesjid dan sekolah. Nantinya juga ada shuttle bus yang akan menjadi transportasi para penghuninya. Namun bis ini tidak akan masuk ke kawasan cluster supaya kawasan cluster tetap aman. 



Berapa harga rumahnya?

Familia Urban terbagi dalam 3 tipe cluster dan semuanya dibangun dalam 2 tingkat. Tipe pertama adalah cluster Gayatri. Gayatri adalah rumah dengan harga termurah di Familia Urban yaitu 380 jutaan. Rumah di cluster Gayatri bisa kita miliki dengan cicilan sebesar 3.500.000 per bulan. Cluster Gayatri hampir seluruhnya sudah laku dibeli pembeli dan hanya tersisa beberapa buah rumah saja.

Tipe kedua adalah cluster Ganesha yang harganya mulai dari 460 jutaan. Cicilannya adalah 4.200.000 per bulan selama 15 tahun. Tipe terakhir adalah cluster Dharmawangsa seharga 678 jutaan dan cicilannya adalah 6.200.000 per bulan selama 15 tahun. Cicilan ini berbunga murah dan DP adalah 10% dari harga rumah dan bisa dicicil 3 kali. Nah.. udah murah bisa dicicil pula.

Harga rumah-rumah ini sudah pasti akan naik nantinya karena yang namanya harga rumah pasti naik dan tidak pernah turun. Makanya.. kalau mau beli rumah dengan harga murah belilah saat rumah itu dijual dengan harga perdana. Familia Urban bisa menjual rumah dengan harga semurah ini karena lahannya sudah dimiliki oleh PT Timah selama 20 tahun. Jadi ya harga rumahnya mengikuti harga lahan.

Tertarik untuk membeli rumah di familia Urban? Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

PT Timah Karya Persada Properti
Wisma Timah, Komplek Timah no. 21
Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan
Telp : 021 – 8306844

Marketing Gallery Familia Urban
Jl Mandor Demong, Kel Mustikasari
Kec. Mustikajaya Kota Bekasi
Telp. 081317771171
Facebook  : @familiaurbanbekasi
Twitter  : @familia_urban
IG  : @familia urban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar