Sabtu, 21 Januari 2017

Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mengatasinya



Kecantikan bermula dari kulit yang sehat. Untuk kita yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, menjaga kulit agar tetap sehat butuh usaha tersendiri karena banyaknya asap kendaraan yang berpotensi bikin kulit tidak sehat. Udah gitu.. debu berterbangan dan cuaca panas juga. Kita harus melindungi kulit dengan lotion sebelum keluar rumah. Kalo problema saya sekarang ini memang soal kulit. Kulit saya cenderung kering, jadi kalau keluar rumah harus pakai body lotion dan begitu balik ke rumah harus buru-buru dibersihkan, terutama untuk kulit wajah. 


Problema kulit saya yang lain adalah penuaan. Umur yang bertambah membuat di beberapa bagian wajah tumbuh keriput. Terutama di bagian mata. Wajar sih ya karena saya kan udah kepala empat. Tapi tetep nggak rela aja gitu kalo ada keriput di sana sini. Pengennya keriput nongol kalo udah kepala 6. Keriput bisa sedikit ditutupi dengan make up. Tapi memakai make up tebal demi menutupi keriput bikin kulit nggak sehat juga.

Saya beruntung bisa tau lebih jauh soal efek penuaan pada kesehatan kulit saat menghadiri Jeunesse Media and Blogger Gathering bersama teman-teman blogger dari Kumpulan Emak Blogger di hotel Pullman Jakarta pada 10 Januari 2017 lalu. Di acara ini ada Dokter spesialis kulit, kelamin dan kecantikan Dokter Kardiana Purnama Dewi. Menurut bu dokter, kulit yang mengalami penuaan itu bukan hanya disebabkan oleh usia yang menua lho. Tapi bisa disebabkan oleh matahari. Sebab lainnya adalah gaya hidup yang buruk dan merokok. Perokok pasif bisa membuat kulit menjadi keriput.


Sebab lainnya adalah kondisi cuaca yang kurang baik. Cuaca di Jakarta ini kadang panasnya cetar tapi kadang hujan disertai angin. Polusi  dan stress juga menjadi penyebab penuaan. Banyak ya sebab-sebabnya. Makanya jangan stress ya. Dengan tidak stress minimal kita udah menghindari satu penyebab penuaan. 

Terus tanda-tanda penuaan itu apa aja? Tanda-tandanya nih yaaaa adalah kulit menjadi kering dan kasar. Kulit menjadi kendur karena kurangnya elastisitas lalu timbul kerutan-kerutan. Coba cek dibagian mata, kerutan halus paling cepat timbul di bagian mata. Kulit yang mengalami penuaan juga menjadi lebih tipis dan lebih rapuh, lebih gampang timbul memar kalo jatuh.

Tapi jangan khawatir, ada kok yang bisa kita lakukan untuk memperlambat efek penuaan pada kulit. Yaitu makan dengan gizi seimbang. Makan sehat itu penting untuk membuat kulit sehat dari dalam. Perbanyak air putih juga ya dan olahraga teratur. Minimal olahraga 30 menit tiap hari. Kalau saya juga olahraga tiap pagi.. dengan cara mondar-mandir di rumah. Emak sibuk kalo pagi kan menyiapkan bekal buat anak sekolah. 


Penting juga buat kita menggunakan tabir surya di pagi dan siang hari, apalagi kalau kita mau pergi ke luar rumah. Jangan lupa segera bersihkan wajah jika kita sudah sampai rumah. Bersihkan dengan cara yang baik dan benar hingga semua kotoran yang menempel di kulit wajah terangkat dengan sempurna. Bisa juga kita gunakan krim perawatan wajah yang sesuai dengan kebutuhan  kulit kita. Masalah krim perawatan wajah ini susah-susah gampang milihnya. Karena ada kan ya kulit yang sensitif yang nggak bisa pakai krim perawatan wajah sembarangan.

Jeunesse IA adalah sebuah produk perawatan wajah dari Amerika. Diproduksi oleh Jeunesse Global yang berpusat di Orlando, Florida USA. Jeunesse punya rangkaian perawatan keremajaan wajah yang bernama Luminesce. Luminesce adalah produk perawatan kulit anti penuaan dini. Dengan menggunakan Luminesce, kerutan di wajah berkurang, mengembalikan vitalitas dan kecerahan kulit wajah. Kulit juga tampak lebih muda, halus dan lembut. 


Di acara kemarin saya mencoba produk Luminesce yang namanya Luminesce Youth Restoring Cleanser dan Luminesce Ultimate Lifting Masque. Saya dan para teman blogger mencobanya di kulit tangan. Pertama tangan dibersihkan dengan Luminesce Youth Restoring Cleanser, ini adalah sabun pembersih wajah. Digunakan untuk mengangkat kotoran dan membersihkan sel kulit mati.

Setelah itu saya menggunakan Luminesce Ultimate Lifting Mosque. Produk ini adalah masker bening (peeling) yang bisa diangkat setelah kering. Setelah dioles ke wajah tunggu sekitar 20 menit atau hingga kering dan baru dikelupas ya. Gunanya adalah mengangkat kulit mati, mengencangkan kulit, membersihkan kulit dan mencerahkan wajah. Beneran ada bedanya lho. Penampakan kulit tangan setelah diberi Luminesce Ultimate Lifting Mosque lebih cerah dan beda dengan tangan lainnya.  


Kulit yang mengalami penuaan juga bisa diatasi dengan menggunakan produk korektif. Produk korektif aman ya karena bersifat sementara dan nggak tahan lama jadi nggak menimbulkan efek samping. Untuk kulit sensitif bisa menggunakan produk korektif, tapi kudu pilih-pilih juga produknya. Produk korektif ini dipakai sebelum memakai make up. Jadi kulit keriput akan samar dan wajah terlihat sempurna.

Jeunesse juga punya produk korektif yang namanya Jeunesse Instantly Ageless. Sesuai dengan namanya, produk ini membuat kita tampak lebih muda hanya dalam 2 menit. Produk ini kecil bener, seukuran kapsul, tapi cair. Cara makainya gampang. Oleskan Jeunesse Instantly Ageless tipis-tipis pada bagian wajah yang berkerut, tepuk-tepuk menggunakan jari tangan, lalu diamkan 2-3 menit. Jeunesse IA menyamarkan kerutan, flek hitam dan kantung mata. Bagus-bagus ya produk Jeunesse Global.

5 komentar:

  1. matahari emang jahat buat kulit, terutama kulit mata yang tipis. berapa nih mb harganya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini produk nggak dijual d toko mbak.. jadi beli ke kantornya langsung..

      Hapus
  2. produknya asli dibuat di amerika ya mak? Pasti kualitasnya bagus deh. Sempet baca testimoni yang pakai produk Jeunesse. Terbukti banget buat atasi masalah pada wajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sempet make yang ultimate lifting mosque itu dan langsung keliatan hasilnya

      Hapus
  3. gak heran mba yayat awet muda... tapi kayaknya karena sering ketemu bule deh hahaha

    BalasHapus