Kamis, 09 Juni 2016

Marquez Happy Salaman lagi dengan Rossi

Minggu kemarin berlangsung seri MotoGP Catalunya. Ada peristiwa menyedihkan terjadi di sini yaitu tewasnya Luis Salom saat melakukan sesi free practice kedua di Moto2 Catalunya. Sebelum dilangsungkan race Moto3 di Catalunya, ada one minute silent untuk menghormati Luis Salom dan keluarganya. Pasca kematian Luis Salom, keluarga Luis Salom memang meminta balapan tetap dilanjutkan.

Saat podium Moto3, Moto2 dan MotoGP pun dilakukan tribute to Luis Salom. Para pemenang mengenakan kaos hitam bertuliskan Always in My Heart, sebelumnya bendera 39, nomor motor Luis Salom juga dibawa berputar mengitari trek saat Victory lap. Para rider ini memang kompak ya dan punya rasa empati yang sangat tinggi. Luis Salom must be happy.

Tragedi Luis Salom teryata berpengaruh juga pada hubungan Valentino Rossi dan Marc Marquez. Hubungan keduanya panas sejak Sepang Clash tahun kemarin. Nggak ada tegur sapa di antar keduanya. Salam-salaman aja juga nggak. Kalau dua-duanya berdiri di podium, dua-duanya tetep jaim nggak mau saling memberi selamat. Menyedihkan sekaligus lucu sih. Menyedihkan karena dunia balapan tau bagaimana seorang Marquez mengidolakan Vale dan Vale pun beberapa kali memuji Marquez. Sampai-sampai Vale mengundang Marquez buat balapan bareng di ranch pribadinya. Jorge Lorenzo aja nggak pernah diundang lho. Lucu karena liat kedua pembalap yang marahan ini seperti jomblo yang ditinggal mantan.. nggak bisa move on hihihih.

Nah.. ketika di parc femme Catalunya sehabis balapan, tiba-tiba terjadi peristiwa bersejarah. Akang Valentino Rossi dan Marc Marquez salaman pemirsah. Akang Vale menang di seri Catalunya kemarin dan Marquez meraih podium dua. Nggak cuma salaman, tapi keduanya juga tegoran sambil sama-sama senyum. Tegor-tegoran ini berlanjut ke podium. Keduanya ngobrol kecil sebelum penyerahan piala. Lalu saat penyerahaan piala keduanya saling bertepuk tangan memberi penghargaan. Sebuah momen yang manis. Sudah pasti peristiwaini jadi perhatian para penggila balapan. Apakah dua rider ini sudah baikan? Apakah gara-gara menjelang puasa makanya keduanya salaman?

Ketika Presscon setelah podium, Vale ditanya mengenai salaman ini, Vale mengatakan bahwa setelah minggu yang berat karena kehilangan Luis Salom maka hal lain jadi nggak penting lagi. Salaman (sebagai tanda kembalinya hubungan baik) adalah hal yang benar untuk dilakukan. Balapan adalah olahraga yang hebat, ini adalah passion kami tapi sekaligus olahraga yang berbahaya, jadi menurut saya itu perilaku normal dan perasaan normal aja kalo pembalap lain membantu, kata akang Vale.

Trus bagaimana komentar Marquez? Marquez bilang, Minggu ini sungguh berat dan menyedihkan bagi dunia MotoGP tapi di hari minggu saya merasakan lagi suasana MotoGP yang penuh kekeluargaan ketika kami bersama-sama di grid untuk one minute silent yang kami dedikasikan buat Luis Salom. Di Grandstand setiap orang memberi dukungan pada para rider karena kami balapan dengan penuh resiko. Yang terpenting buat saya adalah salaman lagi dengan Valentino Rossi, saya senang karenanya, kata Marquez. Ketika ditanya apakah momen di race ini membawa peningkatan buat hubungan keduanya, Vale bilang “saya sih iyes”... dan Marquez bilang “saya okay” sambil menepuk pundak Vale dan semua yang hadir di presscon itu bertepuk tangan. Horeeee...

Jika hubungan Vale dan Marquez sudah baik lagi, nggak begitu dengan hubungan Vale dan Lorenzo. Vale dan Lorenzo juga udah lama nggak tegor-tegoran. Hubungan panas keduanya malah sudah terlihat sejak seri Qatar tahun lalu. Ketika ditanya apakah hubungan Vale dan Lorenzo akan membaik juga, Vale bilang bahwa situasi dengan Lorenzo berbeda dengan situasi dengan Marquez. Sejak awal musim Vale memang nggak mau terlalu berhubungan dengan Lorenzo, nggak mau berbicara dengan Lorenzo walau sekedar menyapa “hai”. Karena sejak Vale gabung lagi dengan Yamaha, selalu Vale yang mendatangi Jorge, menyapanya dan menanyakan kabar. Nah tahun ini Vale nunggu Lorenzo melakukan hal yang sama, mendatanginya dan menyapanya. Tapi itu nggak terjadi. Jadi yaaa... masih diem-dieman itu Vale dan Lorenzo sampe lebaran kuda. 

Sumber : MotoGP.com, dimuat juga di Kompasiana  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar