Kamis, 14 Juni 2018

Minyak Telon Halal dan Minyak Kayu Putih Halal agar Anak Senang Dipijat

Ibu-ibu yang punya anak pasti akrab dengan minyak telon dan minyak kayu putih. Dua jenis minyak ini paling sering digunakan oleh para ibu untuk menghangatkan tubuh anak-anaknya. Anak kecil rentan masuk angin, maka jangan biarkan anak kedinginan terutama setelah mandi, saat cuaca dingin atau sedang menempuh perjalanan jauh di mana anak terpapar oleh angin. Saya pun begitu. Minyak yang saya gunakan adalah Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal. 


Lebaran ini pada mudik nggak bu? Kalo saya sih udah pasti mudik bersama keluarga. Sebelum mudik, saya selalu siapkan perlengkapan yang akan saya bawa. Biasanya saya bikin daftar supaya nggak ada yang terlewat. Kalo ada barang penting yang mau dibawa tapi ternyata lupa, ini cukup bikin repot. Nggak mungkin kan balik ke Jakarta untuk ambil barang tersebut. Yang ada kudu beli deh.. keluar duit lagi deh.

Rabu, 13 Juni 2018

Resep Nasi Kepal Chicken Nugget So Good Ngumpet

Nggak terasa Ramadhan hampir berakhir. Jelang hari-hari berakhirnya bulan puasa, mulai terasa nggak sih kejenuhan dalam melakukan sahur dan berbuka? Beberapa ibu-ibu mungkin ada yang mengalaminya, seperti juga saya. Anak-anak nih mulai bosen dengan masakan yang saya hidangkan dan saya juga mulai mati gaya deh menyiapkan menu terutama buat sahur.


Tapi saya nggak mau lah hal ini menjadi kendala keluarga saya menunaikan ibadah puasa. Saya harus cari cara menghidangkan menu yang bikin anak-anak saya semangat untuk sahur. Kerjaannya ibu-ibu emang begini kan.

Senin, 04 Juni 2018

Nyamannya Menginap di Hotel Batiqa Cirebon

Cirebon... kota yang biasa saya lewati kalau saya mudik ke kampung saya di Yogyakarta. Yang namanya lewat, ya tak pernah singgah lama di sini. Makanya ketika saya punya kesempatan untuk mengunjungi Cirebon pada 26 Mei 2018 lalu saya sungguh gembira. Meski waktu saya di kota ini hanya 2 hari 1 malam tapi lumayan lah ya.


Apa yang terbersit waktu mendengar kata Cirebon? Kalo saya : nasi jamblang. Yap nasi jamblang emang kuliner khas kota Cirebon. Nasi Jamblang adalah nasi dingin yang dibungkus daun jati dan dihidangkan bersama lauk pendamping seperti telur semur, tahu tempe bacem dan lauk lainnya. Nasinya terasa khas karena aroma daun jati.

Jumat, 01 Juni 2018

Rokok itu sama Bahayanya dengan Narkoba

Entah sudah berapa kali saya bertemu anak ini ketika ia sedang membeli rokok di warung dekat rumah saya. Anak ini sekelas dengan anak sulung saya ketika sekolah dasar. Lulus SD, anak saya dan dirinya beda sekolah. Saya kenal baik dengan orang tuanya karena rumahnya dekat dengan rumah saya makanya hampir setiap hari kami bertemu.


Saat ini ia duduk di sekolah menengah atas, sementara anak sulung saya sudah duluan lulus. Iya bisa seperti itu karena anak ini pernah tidak naik kelas di SMA nya. Saya maklum sekali kenapa ia tak naik kelas. Ia bergaul dengan anak-anak yang salah, yang lebih mengajaknya buat hura-hura ketimbang belajar. Dari pergaulan ini ia mengenal rokok. Ia rutin membeli rokok sebelum berangkat sekolah. Bayangin.. merokok sambil berangkat sekolah.

Sabtu, 26 Mei 2018

Hai Anak Muda, Bangkit dan Berdayalah Untuk Indonesia

William Utomo mungkin tak menyangka bahwa IDN Media yang didirikannya dengan susah payah akan dikunjungi oleh 80 juta pembaca sampai kini. Namun buat saya, keberhasilan itu wajar diraih oleh William Utomo yang memang punya pemikiran kreatif dan nggak pantang menyerah atas usahanya. Saya mendengar sharing William Utomo ini di acara diskusi terbuka bertema Anak Muda Bangkit dan Berdaya Untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh BUMN dan Bank Mandiri serta Telkom Indonesia.


William Utomo, CEO IDN Media yang berlatar belakang jurnalis ini bilang bahwa orang Indonesia itu paling cepat beradaptasi dengan platform baru. Ia mencontohkan Line yang baru masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu namun kini orang lebih membaca berita lewat Line Today. Banyaknya platform yang ada nggak bisa digunakan dengan cara yang sama. Kita kudu kenali berbagai platform agar bisa menggunakannya dengan tepat.

Kamis, 17 Mei 2018

All New Ertiga dan Fitur-fiturnya yang Keren

Idul Fitri adalah momen paling pas untuk bersilaturahmi. Juga untuk saya yang menjadwalkan pulang kampung setiap Idul Fitri demi menengok bapak di kampung saya di Jogja. Berkumpul bersama anak cucu adalah momen yang paling ditunggu oleh orang tua yang tinggal berjauhan dengan anaknya dan momen yang paling ditunggu juga oleh sang anak.


Dengan jumlah keluarga lima orang, agak sulit bagi saya mudik menggunakan kereta api. Saya selalu nggak kebagian tiketnya. Sewa mobil adalah pilihan terbaik. Maka saya jadwalkan juga untuk menyewa mobil guna keperluan mudik lebaran. Karena mudik jarak jauh maka saya pilih dong mobil yang nyaman dan tentu irit bahan bakar.

Rabu, 16 Mei 2018

Tak Takut Makan Bakso karena ada Bakso Bonanza

Bakso. Mendengar kata ini kita pasto langsung membayangkan olahan daging dibikin bulat lalu disajikan dengan mie dan kuah kaldu yang panas... sedap. Bakso memang makanan yang begitu familiar. Hampir semua orang suka bakso dan para ibu pintar telah mengolah bakso menjadi aneka macam makanan bukan hanya sebagai pendamping mie. 


Bakso sendiri asalnya dari negeri China yang asal katanya adalah Bak yang artinya daging gilng. Bakso memang dibuat dari olahan daging yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka sebagai perekatnya. Di Indonesia yang mayoritasnya muslim, olahan bakso dibuat dari daging sapi dan sekarang ini banyak juga yang dibuat dari ikan atau ayam.