Aston Priority Simatupang Ajari Pentingnya Tanam Pohon Sejak Dini

Cuaca mendung menemani langkah saya dan teman-teman blogger serta staff marketing Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center memasuki SDN Kebagusan 01. Ada sekumpulan anak-anak yang sedang berolah raga di halaman sekolah, ditemani dengan 2 orang guru olahraga yang memegang kertas di tangannya. 


Suara teriakan anak-anak bersautan dengan suara guru yang menyuruh anak-anak untuk berolahraga. Anak-anak ini malah lari ke sana ke mari. Beberapa anak-anak melihat ke arah kami dengan pandangan ingin tahu.

Saya memandang sekeliling. Gedung sekolah SD Kebagusan 01 ini bagus sekali. Gedungnya baru dan bertingkat. Sepintas tak seperti sekolah SD negeri yang saya kenal. Malah lebih mirip sekolah menengah atas.

Saya dan teman-teman blogger datang atas undangan Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center yang punya program CSR untuk memberikan sumbangan berupa 25 bibit pohon ke SD Kebagusan 01. Pemberian bibit pohon ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon yang jatuh pada bulan Januari 2019.


Peduli Lingkungan Sejak Dini

Hari itu, 21 Januari 2019, menjadi hari yang seru bagi siswa-siswi SD Kebagusan 01. Terlihat dari antusiasnya para siswa dan siswi ini keluar dari kelas masing-masing menuju lapangan tempat acara berlangsung. Bapak dan ibu Guru sampai harus mengingatkan mereka untuk berhati-hati menuruni tangga.

Kemudian mereka duduk di terpal yang terhampar di lapangan. Suara mereka bersahutan. Pengeras suara yang digunakan oleh staff marketing Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center sampai kalah keras. Ketika bapak Kepala Sekolah meminta anak-anak untuk duduk tenang barulah riuhnya suara anak-anak ini berkurang. 



Mengenalkan pentingnya tanam pohon sejak dini, adalah tujuan Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center datang ke sekolah ini. Seperti yang diucapkan oleh bapak S. Aulia Masjhoerdin, General Managernya. Beliau mengatakan bahwa program penghijauan lingkungan adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjaga lingkungan.

"Harapan dari program ini adalah agar dapat memberikan sumbangsih bagi kelestarian lingkungan dan menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak untuk mengerti pentingnya pohon buat kita," kata bapak Aulia Masjhoerdin. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Sejatinya kesadaran akan lingkungan hidup diajarkan pada mereka agar mereka bisa ikut menjaga bumi kita.



Selain membuat mereka lebih peduli lingkungan, mengajarkan cinta lingkungan sejak dini membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Anak juga jadi pribadi yang penyayang, punya empati dan tidak egois.

Namun mengajarkan kepedulian lingkungan pada anak-anak harus dengan cara yang menyenangkan. Maka Aston Priority Simatupang & Conference Center mengundang Kak Maulana, seorang pendongeng, untuk mendongeng di depan anak-anak. Ceritanya tentu saja tentang peduli lingkungan.



Kak Maulana bercerita dengan cara yang lucu sekali. Ia tak hanya bicara, namun juga memperagakan ceritanya dalam gerakan diikuti suara dan mimik muka yang lucu. Kak Maulana membuat anak-anak yang berpindah ke selasar sekolah karena hujan turun, maju lagi ke lapangan, tak peduli rintik hujan membasahi rambutnya. Mereka tertawa dengan kerasnya.

Selesai Kak Maulana bercerita, sebagian anak-anak masuk ke kelas lagi kecuali anak-anak kelas 3. Mereka berbaris rapi, ada apakah? Ternyata anak-anak kelas 3 ini akan diajak untuk menanam pohon pemberian Aston Priority Simatupan &Conference Center di taman sekolahnya. 



25 pohon yang diberikan adalah pohon Tabibuya, Ketapang, Bungur dan Kencana. Pohon-pohon ini memang bukan jenis pohon berbunga yang biasa jadi penghias taman melainkan jenis pohon yang bisa tumbuh tinggi dan besar. Saya membayangkan, rimbun daun pohon-pohonnya akan meneduhkan sekolah SD Kebagusan 01.

Tentu anak-anak ini tak menanam kesemua pohonnya, melainkan 5 pohon saja sebagai simbolis. Saya tersenyum menyaksikan kegembiraan anak-anak ini menanam pohon. Mereka tak peduli sepatunya kotor karena tanah basah bekas hujan. Melihatnya saja sudah menyenangkan.

Saya tegur seorang siswa laki-laki yang menepuk-nepuk tanah yang menutupi akar pohon yang baru ditanamnya. "Pernah tanam pohon nggak?" tanya saya. "Pernah.. pohon cabe, saya bantu mama memindahkan tanaman cabe di pot di rumah," katanya. Temannya menyambar, "saya juga pernah, bantu ayah menanam pohon di pot teras rumah, tapi saya nggak tau nama pohonnya", katanya polos.



"Tak apa dek nggak tau nama pohonnya, yang penting tau ya pentingnya tanam pohon", ujar saya. Dijawab anak-anak ini dengan kompak, "Tahu donggggg". Seru memang kalau ngobrol dengan anak-anak. Senyum mereka melepas kami pergi, kembali ke hotel untuk makan siang.

Aston Priority Simatupang & Conference Center

Hotel ini beroperasi sejak Mei 2015. Memiliki 277 kamar dengan tipe Deluxe hingga Governor Suite. Semua kamarnya dilengkapi dengan TV berbasis internet. Lalu yang canggihnya lagi, pendingin udara punya sensor gerak. Jadi kalau tak ada pergerakan di dalam kamar maka suhu udara naik (panas) dan jika ada pergerakan di kamar maka suhu udara turun (dingin).

Settingan begini bikin listrik jadi hemat. Karena kadang kalo lagi tidur gitu nggak perlu AC yang terlalu dingin kan. Saya aja kalo lagi tidur di hotel pasti saya gedein AC nya sampe mentok biar kamar nggak terlalu dingin. Sensor gerak gini membantu banget.

Hotel ini punya 15 ruang rapat dan ballroom yang mampu menampung 700 orang. Punya pusat kebugaran dan kolam renang dan spa. Restoran utamanya adalah Canary Coffee Shop yang punya menu tradisional dan internasional. Rasanya.. enak banget.

Yang suka makanan Jepang bisa ke Momiji Restaurant yang menyediakan menu Jepang dari pembuka sampe penutup. Restoran Jepang ini adalah untuk melayani warga negara Jepang yang banyak berkantor di sekitar hotel. Hotel ini memang berlokasi di lokasi bisnis.

Mau staycation di sini? Silakan segera reservasi di Aston Priority Simatupang dan Conference Center :
Jl. Let. Jend. T.B Simatupang Kav 9 Kebagusan Selatan Jakarta 12520
Telp : +62 817 946 0145, +62 21 7883 8777, +62 21 7883 9777
Email  :  simatupangmm@AstonHotelsInternational.com
Website  :  Simatupang.AstonHotelsInternational.com





Tidak ada komentar