Minggu, 10 Juni 2018

Tips Mudik Sehat dan Aman agar Tiba dengan Selamat

Lebaran identik dengan mudik. Untuk orang-orang yang tinggal di perantauan seperti kota Jakarta, pulang ke kampung halaman saat Lebaran adalah sebuah keharusan. Idul Fitri momen buat bersilaturahmi, menyambung lagi tali yang terputus karena jarak. 


Mudik itu butuh persiapan karena biasanya kalo mudik, apa yang akan kita alami? Perjalanan lamaaaa banget karena macet. Saya aja kalo mudik ke Jogja nih makan waktu 22 jam lebih perjalanan padahal normalnya cuman 15 jam an aja. Malah pernah saya mengalami macet parah dan baru sampe Jakarta setelah  menjalani perjalanan darat selama 36 jam. Luar biasa.

Capek pasti. Makanya kudu ada persiapan sebelum berangkat dan harus kita ketahui yang harus dilakukan saat menjalani mudik. Karena mudik itu saya lakukan tiap tahun maka saya antusias datang ke acara Ngabuburit Sehat Bersama Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita F. Moeloek SpM (K) di terminal bis Kampung Rambutan pada 5 Juni 2018. 


Pada acara itu bu Nila Moeloek banyak berpesan agar mudik dilakukan dengan sehat agar aman dan selamat. Di acara yang dihadiri oleh blogger, media, beberapa komunitas otomotif dan pelaku transportasi di terminal Kampung Rambutan, bu Nila Moeloek berkesempatan melakukan komunikasi juga dengan para pemudik yang tentu saja disambut antusias. Kapan lagi ngobrol dengan bu Menteri kan.

Sesungguhnya mudik sehat, aman dan selamat itu memang bukan hanya dilakukan oleh para pemudik namun juga para pengemudi semua alat transportasi. Jangan sampai yaaaa.. sopir ngantuk dan berpotensi terjadi kecelakaan. Saya biasa mudik menggunakan mobil. Sejak berangkat pasti saya wanti-wanti ke pak sopir supaya segera istirahat kalau ngantuk atau lelah. 



Di sepanjang perjalanan banyak kok tempat buat beristirahat dari yang kecil sampai yang besar. Para produsen otomotif, dinas terkait, pihak swasta, pemerintah daerah sampai brand-brand top bahu membahu menyediakan tempat beristirahat. Produsen otomotif malah sering memberikan layanan untuk cek kendaraan juga.



Secara detail, bu Menkes Nila Moeloek memberikan 15 tips mudik sehat, aman dan selamat yang kesemuanya ditujukan untuk pemudik, pengemudi dan masyarakat umum. Ini yaaaa tips dari bu Menkes Nila Moeloek :

1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik
2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan
3. Tidak minum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan ngantuk sebelum dan selama mengemudi
4. Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam
5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk
6. Disiplin dan patuh pada rambu lalu lintas
7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan dan cuaca buruk
8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak
9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara
10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal
11. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan
12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat
13. Buanglah sampah pada tempatnya
14 Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia
15. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat 



Lalu bu Menkes Nila Moeloek juga menyampaikan pesan untuk para pemudik yang sudah sampai di kampung halaman dengan selamat. Ini yaaa pesan-pesannya :

1. Membatasi konsumsi gula, garam dan lemak
2. Tetap berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya
3. Pastikan sayur dan buah tetap ada di dalam hidangan lebaran
4. Tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari

Dengan melakukan tips dan pesan sehat dari bu Menkes Nila Moeloek semoga kita bisa menjalani mudik dengan sehat, aman dan selamat sehingga perjalanan mudik menjadi lancar dan silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman bisa terjalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar