Kamis, 14 Juni 2018

Minyak Telon Halal dan Minyak Kayu Putih Halal agar Anak Senang Dipijat

Ibu-ibu yang punya anak pasti akrab dengan minyak telon dan minyak kayu putih. Dua jenis minyak ini paling sering digunakan oleh para ibu untuk menghangatkan tubuh anak-anaknya. Anak kecil rentan masuk angin, maka jangan biarkan anak kedinginan terutama setelah mandi, saat cuaca dingin atau sedang menempuh perjalanan jauh di mana anak terpapar oleh angin. Saya pun begitu. Minyak yang saya gunakan adalah Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal. 


Lebaran ini pada mudik nggak bu? Kalo saya sih udah pasti mudik bersama keluarga. Sebelum mudik, saya selalu siapkan perlengkapan yang akan saya bawa. Biasanya saya bikin daftar supaya nggak ada yang terlewat. Kalo ada barang penting yang mau dibawa tapi ternyata lupa, ini cukup bikin repot. Nggak mungkin kan balik ke Jakarta untuk ambil barang tersebut. Yang ada kudu beli deh.. keluar duit lagi deh.

Saya buat list perlengkapan saya pribadi yang harus dibawa, lalu list perlengkapan pak suami kemudian list perlengkapan anak-anak. Kemudian saya bikin list lagi barang untuk saudara-saudara saya di kampung misalnya kue lebaran atau baju Koko baru untuk ayah saya. List nya banyak ya, tapi ini lebih baik daripada ada yang ketinggalan.


Obat-obatan tentu termasuk dalam list dong. Obat-obatan ini penting untuk perjalanan panjang. Menempuh waktu belasan jam membuat daya tahan tubuh bisa menurun. Jakarta Jogja normalnya sih 16 jam dtempuh menggunakan mobil di saat normal tapi kalau saat mudik, waktu tempuh bisa sampai 20 jam karena ketambahan macet. 16 jam dalam mobil yang AC nya nyala terus bisa bikin sakit.

Orang dewasa aja bisa mengalami pusing kepala dan masuk angin menjalani perjalanan selama itu apalagi anak-anak. Karena itu obat sakit kepala, minyak angin, minyak kayu putih dan minyak telon termasuk dalam daftar obat yang akan saya bawa. Saya nggak mau deh anak-anak saya sakit saat menjalani mudik. Harusnya mudik nyaman dengan anak eh malah anak sakit. 



Anak-anak saya suka banget diolesi minyak kayu putih atau minyak telon kalo perutnya kembung karena angin karena minyak kayu putih berfungsi sebagai obat kembung anak. Mereka suka juga dipijat menggunakan minyak kayu putih ketika badannya pegal karena kelamaan duduk di mobil selama perjalanan mudik. Biasanya saya lakukan pijat tangan dan pijat punggung saat beristirahat di rest area.

Tapi mereka punya syarat untuk minyak kayu putih atau minyak telonnya yaitu bau minyaknya jangan menyengat. Saya sih pake Minyak Kayu Putih Halal dan Minyak Telon Halal dari Baby HUKI. Baby HUKI tuh brand yang akrab dengan produk botol bayi, sekarang ada minyak kayu putih dan minyak telonnya juga lho. Minyak telon ini minyak telon murah, halal pula dan baunya harum menyegarkankan.



Pada acara Mums Blogger Gathering "Lebih Hangat dan Nyaman dengan yang Halal" bersama Baby HUKI dan BloggerCrony Community di Ashley Hotel Jakarta pada 9 Juni kemarin, pengetahuan saya bertambah dengan belajar pijat bayi ala baby HUKI yang menggunakan minyak kayu putih dan minyak telon halal dari HUKI.

Pelajaran manfaat pijat diberikan oleh dr Amendi Nasution SpKFR (K), Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari dan praktek pijatnya dilakukan oleh mbak Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari. 



Salah satu pelayanan unggulan di Brawijaya Hospital Antasari adalah Baby Massage atau Pijat Bayi yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional. Pijat Bayi berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil melalui stimulasi sentuhan yang dapat merangsang semua sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otak, membentuk kecerdasan dan perkembangan fungsi pada si kecil sesuai tahapan usianya.

Menurut dr Amendi Nasution, manfaat pijat bayi di antaranya adalah :

1. Membantu perkembangan mental, sosial dan fisik
2. Bayi lebih rileks
3. Membuat ikatan/bonding dengan orang tua
4. Membantu sistem pencernaan, respirasi dan sirkulasi menjadi lebih lancar
5. Membuat tidur lebih berkualitas
6. Membuat rasa percaya diri dalam mengasuh bayi
7. Meningkatkan komunikasi orang tua dan bayi
8. Meredakan stress orang tua



Cara pijat bayi yang benar

Pijat itu nggak sembarangan ya, ada cara-cara benar yang harus kita lakukan supaya anak jadi nyaman setelah dipijat. Berikut cara yang benar dalam memijat bayi dan bisa diterapkan untuk anak-anak juga lho. Pertama tuangkan 2-3 tetes minyak kayu putih atau minyak telon baby HUKI ke tangan ibu lalu ratakan dan lakukan gerakan di bawah ini. Teteskan minyak seebelum memulai gerakan baru yaaa :

Bagian dada :
Love Motion : mengikuti gerakan seperti hati dimulai dari ulu hati mengarah ke bahu atas lalu turun lagi ke ulu hati. Lakukan sebanyak 3 kali.
Cross : dari bawah ke atas bahu kemudian bersilangan di sisi lainnya. Lakukan sebanyak 3 kali.

Bagian perut :
I love you : gerakan pijat membentuk huruf I, L dan U. Dimulai dari bagian kiri bayi. Lakukan sebanyak 3 kali. Ulangi untuk bagian sebelah kanan bayi.
Walking finger : lakukan tap di bagian perut dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan bayi ke bagian kiri perut bayi.



Bagian lengan tangan :
Milking/memerah : gerakan seperti memerah. Mulai dari bagian atas ke bagian bawah kemudian naik ke atas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali.
Rolling/memutar : lakukan gerakan memutar dengan 2 tangan bunda dari pangkal lengan sampai pergelangan tangan.
Finger shake : gerakan memijat jari-jari bayi satu persatu

Bagian tungkai kaki :
Milking/memerah : gerakan seperti memerah dimulai dari atas ke arah pergelangan kaki kemudian naik lagi ke arah pangkal paha
Squeezing/memeras : gerakan memutar dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke pergelangan kaki.
Finger shake : gerakan memijat jari satu persatu dari pangkal jari ke ujung jari

Bagian punggung :
Love motion : gerakan membentuk hati dimulai dari bagian tengah punggung ke arah bahu kemudian kembali ke arah tengah punggung
Gerakan spiral : dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong bayi
Menggaruk  : dari bawah leher turun sepanjang punggung, pinggang sampai ke arah bokong.



Berdasar pelajaran dari mbak Arina, saya praktekin dong ke Arya. Anak ini seneng banget main sepeda. Nggak ada hari tanpa main sepeda. Saking seringnya main sepeda ia suka nggak merasa kalo badannya pegel dan perutnya kembung karena terpapar angin di kala kondisi perutnya kosong. Main sepeda emang bikin lupa makan deh.

Ia senang banget dipijit terutama di bagian punggung dan tangan. Dua bagian tubuh ini kan yang paling pegel kalo main sepeda. Dia anteng aja dioles pakai minyak kayu putih halal HUKI. Hangat rasanya.. katanya. Gerakan love motion, spiral dan menggaruk bikin punggung yang rasanya kaku kembali jadi lemas.

Lengan tangan dan kaki paling bekerja keras kalo naik sepeda. Maka saya pijit tangan dengan gerakaan memerah dan memutar. Otor-otot lengan tangan yang pegal jadi normal lagi deh. Lanjut ke bagian kaki yang buat mengayuh nih. Gerakannya sama seperti pada lengan tangan. Otot-otot kaki normal lagi. Arya bisa naik sepeda lagi dengan gembira.



Minyak telon halal HUKI dan minyak kayu putih halal HUKI

Minyak telon dan minyak kayu putih itu banyak tapi apa sih keunggulan minyak telon halal dan minyak kayu putih halal HUKI? Seperti yang dikatakan oleh Ibu Risa Trisanti Marketing Manager Baby HUKI, minyak telon dan minyak kayu putih HUKI itu halal, ada serifikat MUI nya. Nah ini keunggulan pertama secara kehalalan sebuah produk bikin kita makin tenang memberikannya pada anak.

Kemudian rasanya hangat, tidak panas. Kulit anak itu sensitif lho jadi kalau mengoleskan sesuatu ke kulit anak kita harus mencobanya dulu. Saya buktikan dong ucapan bu Risa. Saya buka dan oles ke kulit eh iya bener lho hangat. So aman buat kulit anak. Nggak bikin kulit anak melepuh kepanasan.

Mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon HUKI ke perut bisa mengatasi kembung karena minyak ini mengandung zat aktif bernama Sineol.  Zat ini juga bikin kulit terhindar dari gigitan serangga. So saya oleskan juga di kulit anak pada malam hari. 



Minyak ini berkualitas karena dibuat oleh perusahaan farmasi yang terbukti kredibilitasnya. HUKI sudah lama membuat dan menjual produk-produk bayi. Ibu-ibu yang punya bayi pasti akrab kan sama botol bayi Baby HUKI.

Bau minyak telon dan minyak kayu putih halal HUKI segar dan tidak menyengat. Nah ini keunggulan selanjutnya. Hidung anak sensitif dengan bau maka mencium bau yang menyengat pasti bikin anak eneg. Terutama kalo anak lagi pusing dan capek, disodori minyak yang baunya menyengat yang ada kepalanya malah tambah pusing.

Minyak telon dan minyak kayu putih halal HUKI cepat meresap ke kulit dan tidak menyebabkan kulit jadi licin. Saya buktikan ketika sedang mengoles tangan Arya dengan minyak kayu putih karena tangannya kepentok stang sepeda. Minyaknya cepat meresap ke kulit.

Kemasan minyak telon dan minyak kayu putih halal HUKI sungguh praktis dibawa kemana-mana. Nggak makan tempat di dalam tas. Botolnya ramping dan warna kemasannya khas. Minyak telon dan minyak kayu putih halal HUKI mudah didapatkan di apotik dan toko obat terdekat. Di minimarket juga banyak yang jual tuh. Jangan lupa selalu membawanya jika menempuh perjalanan bersama anak ya.

Facebook @BabyHukiOfficial
Instagram @BabyHukiOfficial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar