Sabtu, 28 April 2018

Modernnya Krisdayanti dan Femininnya Viena Mutia dalam VM by Viena KD

Fashion di tanah air memang berkembang pesat. Selalu ada trend fashion yang baru di kalangan masyarakat. Berkembangnya pasar fashion di tanah air membuat bisnis fashion dilirik banyak pihak. Mulai dari pebisnis personal yang mendirikan usaha di rumah sampai bisnis skala besar. Dari mulai orang biasa yang baru belajar soal dunia fashion sampai kalangan publik figur. 


Siapa yang tidak mengenai seorang Krisdayanti? Diva paling ngetop di Indonesia ini kiprah di dunia menyanyinya tak tertandingi. Meski banyak diva baru di dunia hiburan Indonesia namun nama Krisdayanti tak pernah meredup. Ia masih menjadi legenda hidup di dunia hiburan di tanah air.

Di masa jayanya ketika ia masih bersuamikan Anang Hermansyah dan membuat album bersama, albumnya selalu laku keras. Bahkan salah satu albumnya menjadi album yang diputar di pernikahan saya dulu. Dulu jaman saya menikah, bukan jamannya organ tunggal ya jadi lagu-lagunya ya diputar dari album pilihan mempelainya.

Sekarang Krisdayanti jarang menyanyi di layar kaca. Ia sibuk mengelola berbagai macam bisnis dan juga mengurus rumah tangga. Suatu hari saya menerima undangan sebuah komunitas untuk hadir di Indonesia Fashion Week yang berlangsung di JCC Jakarta beberapa waktu lalu. Ada satu brand fashion baru yang membuat saya tersentak, brand bernama VM by Viena KD. KD?



Ketika dua sosok kuat melebur jadi satu

Yes.. ternyata Krisdayanti membuat brand fashion sendiri berkolaborasi dengan Viena Mutia yang adalah seorang perancang. Nama brand nya adalah VM by Viena KD. VM singkatan dari Very Me yang artinya "gue banget". Sebuah kata yang mencerminkan personal branding yang kuat.

Krisdayanti dan Viena Mutia sendiri memang sosok yang punya personal branding yang kuat. Krisdayanti, sepintas sudah saya ceritakan di atas. Ia diva, sosialita, ibu 4 anak, yang punya karir gemilang. Meski kerap tersandung masalah tapi seorang KD adalah seorang wanita yang tegar nan perkasa. Tak ada sesuatu yang bisa membuat ia hancur.. soal perceraian sekalipun.

Lalu siapa Viena Mutia? Viena Mutia adalah seorang perancang busana yang terjun ke dunia mode dengan cara belajar secara otodidak. Kesukaannya pada baju-baju bagus membuat ia memutuskan terjun langsung ke dunia fashion dan langsung belajar sambil praktek. Ia tak malu untuk bertanya pada yang sudah ahli dan terus belajar di berbagai kesempatan.



Ketika melihat keduanya secara langsung dalam press conference seusai fashion show di Indonesia Fashion Week, saya melihat bahwa dua sosok ini sebenarnya punya tipikal yang berbeda. KD adalah sosok energik dan dinamis sementara Viena Mutia adalah sosok lembut yang feminin. Nah kalo berkolaborasi, gimana penampakan baju produksi VM by Viena KD?

Meski terlihat berbeda namun sebenarnya sosok KD dan Viena Mutia adalah sama-sama sosok yang fashionable, cerminan wanita modern yang tentu saja cantik. Ketika dua hal berbeda memutuskan melebur jadi satu, maka sejatinya yang dicari dalam penyatuan ini adalah persamaan dan bukan perbedaan. Namun VM by KD justru menyatukan perbedaan. 



Elegan, modern, feminin namun glamor

Baju menunjukkan karakter pemakainya. Saya dan teman saya mempunyai karakter yang berbeda. Ketka saya memilih memakai baju yang praktis dan kasual maka itu menunjukan bahwa saya adalah orang yang ingin serba praktis. Saya maklumi teman saya yang lebih suka memakai baju yang "cewek banget" macam rok bunga-bunga dan blouse pink karena ia memang punya karakter wanita yang feminin.

Dalam baju VM by Viena KD, karakter yang ingin ditunjukkan adalah karakter wanita Indonesia yang modern dan feminin namun tetap dinamis dan elegan. Dalam sepotong baju rancangan Viena Mutia, terlihat atraktifnya seorang KD namun dibalut ke-femininan seorang Viena Mutia. Setidaknya itu yang saya lihat di booth VM by Viena KD yang ada di Indonesia Fashion Week.

Di booth ini memang menjadi arena pajang baju-baju VM by Viena KD. Baju-bajunya terdiri dari celana panjang, rok bawahan, blouse, outer dan gaun panjang. Baju ini bisa dipakai di beberapa kesempatan. Mau kasual tapi elegan? Saya akan pilih celana panjang dan jaket pendek dengan corak kuning emas yang berkali-kali saya pegang. Bagus banget.



KD yang glamor, tercermin dalam gaun panjang off shoulder dengan payet yang cocok dipakai ke pesta. Wanita yang memakai baju ini akan terlihat seksi karena gaun ini pas badan. Bukan baju yang cocok untuk saya karena badan saya kurus ceking begini hihihi.

Saya pikir, baju-baju yang dipajang di booth VM by Viena KD adalah memang baju cerminan sebuah VM, tapi ternyata tidak. Saya tercengang ketika melihat fashion show VM by Viena KD bertema Deep Ice yang beda banget dengan baju yang ada di booth itu.

Tema Deep Ice diambil karena Viena Mutia terpesona dengan salju yang ia temui ketika jalan-jalan keluar negeri. Es yang putih diaplikasikan dalam warna koleksi VM yang diambil dari cerminan salju yaitu putih, silver dan keabuan. Tampilan femininnya terlihat dari model gaun yang menjuntai menyentuh lantai dengan hiasan renda dan payet dan kilauan kristal Swarovski.

Menjual nama Krisdayanti dalam sebuah brand tentu harus mencerminkan kualitas brand yang setinggi seorang Krisdayanti. Maka menurut saya Viena Mutia sudah berhasil membuat baju yang "Krisdayanti banget" yaitu glamornya dapet, elegannya dapet, tapi femininnya Viena Mutia juga dapet. Lengkap deh.



Masa depan VM by Viena KD

Taelah gaya bener ya saya ngomongin masa depan sebuah brand. Bukan meramal lho ini tapi sekedar mnulis tentang bayangan dunia fashion di Indonesia ke depannya. Dunia fashion adalah dunia yang berputar sangat cepat. Hari ini muncul desain baru, besok desain itu sudah bisa kita dapatkan di toko online. Dengan demikian seorang perancang harus terus menghasilkan desain-desain baru yang kreatif.

Namun untukVM by Viena KD menurut saya "rada aman" karena pangsa pasar VM adalah kalangan menengah ke atas yang butuh sebuah baju untuk meng-aktualisasikan diri dan bukan sekedar mengikuti trend. Itulah kenapa Viena Mutia fokus pada pembuatan gaun berdasarkan pesanan dan bukan jenis ready to wear. Ready to wearnya ada sih tapi sedikit.

Pada jenis gaun berdasar pesanan atau couture akan meminimalisir copy paste. Karena yang namanya pesanan ya kan tergantung orang yang memesan maunya bikin baju kayak gimana. Which is artinya ia akan membuat baju yang sesuai dengan seleranya dan bukan hanya karena selera pasar.

Berapa harga baju couture made in VM by Viena KD? Sebuah gaun yang dipajang saat pres conference beberapa waktu yang lalu, harganya adalah 30 juta rupiah. Mahal? Buat sebagian dari kita harga itu memang mahal. Tapi memperhatikan begitu detailnya baju itu dibuat, begitu cantiknya gaun tersebut dengan taburan kristal swarovski yang blink-blink ketika disorot cahaya lampu maka "mahal" bukan apa-apa dibandingkan dengan penampilan sempurna yang "gue banget". 


VM VIENA by KD
Picadilly Building 
Kemang selatan no 99 
Jakarta selatan – Indonesia
Website: http://viena.id/ 
Instagram: @vienaofficial 
Facebook: Viena
Email: cs@viena.id

3 komentar:

  1. Rancangan Viena yang krisdayanti banget. Mereka berdua ternyata cocok berkolaborasi ya

    BalasHapus
  2. Segmentasi yang berbeda untuk kalangan kelas atas, pasti ada ornamen baju bling bling walau potongan simple.

    BalasHapus
  3. Keren banget rancangan dari Mbak Viena. Detail aplikasi dan payetnya itu bikin wah banget baju-bajunya.

    BalasHapus