Kamis, 22 Maret 2018

Agar Rumah Kecil Tetap Nyaman Dihuni



Beberapa bulan yang lalu saya selesai merenovasi dapur. Maklum lah rumah yang saya tempati adalah rumah peninggalan orang tua, jadi sekalinya renov ya makan banyak biaya. Rencananya saya mau renov rumah ini per bagian biar biaya yang keluar nggak sekaligus besar jumlahnya. Selesai renov dapur, saya mau renov kamar anak-anak. 


Perkara renovasi meski terkesan sederhana sebenernya nggak sederhana juga, terlebih untuk saya yang awam bahan bangunan. Untung ada tetangga yang berprofesi sebagai tukang. Saya serahkan pengerjaan renovasi dapur saya kepadanya. Karena emang lagi rencana buat renov lagi, maka saya datang ke acara talkshow di booth Mortar Utama yang sedang pameran di acara Mega Build yang berlangsung di JCC pada tanggal 15 Maret 2018 lalu.

Mega Build adalah ajang pameran para produsen bahan bangunan yang nama-namanya sudah kita kenal. Selain Mortar Utama, ada Nippon Paint produsen cat terkemuka dan masih banyak lagi lainnya. Suasana JCC ramai sekali siang itu, banyak orang-orang yang datang ke pameran ini.

 
Pak Ferdi adalah seorang arsitektur muda. Ia didaulat untuk memberikan sharing seputar bagaimana Rumah Zaman Now semestinya dibangun. Wah saya sangat tertarik buat mendengarnya. Saya ingin lah rumah zaman old yang saya tempati menjadi tipe rumah zaman now. 

Rumah zaman now itu ukurannya kecil-kecil karena terkendala lahan. As we know lahan perumahan makin berkurang. Sehingga orang tak lagi memperluas rumah dengan cara menyamping, melainkan ke atas. Rumah dengan ukuran 4 x 7 aja bisa lengkap fasilitasnya asal dibangun secara bertingkat. Menurut pak Ferdi Apriadi dari Ayya Architec, rumah zaman now adalah rumah dengan spesifikasi sebagai berikut :

1. Ukuran lahan yang kecil namun bisa dimaksimalkan untuk menjadi hunian yang nyaman. 
2. Bangun rumah secara bertingkat agar kondisi rumah yang kecil tidak menjadi sumpek.
3. Atur masing-masing lantai dengan fasilitas dan kegunaan berbeda misal lantai 1 untuk ruang tamu, lantai 2 untuk dapur dan kamar mandi, lantai 3 untuk kamar tidur.
4. Jangan bangun tembok pembatas di ruangan, karena ini bisa membuat ruangan jadi lebih sempit.
5. Atur pencahayaan, biarkan cahaya alami matahari memasuki ruangan, ini bermanfaat untuk penerangan alami.
6. Atur ventilasi udara, ruangan kecil harus mempunyai ventilasi udara yang cukup supaya ruangan tidak menjadi sumpek.
7. Jangan taruh banyak barang di ruangan, pakai perabot minimalis dan multiguna.
8. Manfaatkan ruang-ruang tak terpakai misal ruang bawah tangga bisa menjadi ruang penyimpanan.
9. Agar ruangan terkesan luas bisa diakali dengan memasang kaca besar di ruangan.
10. Rumah yang kecil tidak memungkinkan ada taman tapi ini bisa diakali dengan cara menaruh tanaman indoor di dalam ruangan.
11. Pakai bahan bangunan yang berkualitas agar rumah menjadi awet.

              
Mortar Utama untuk bahan bangunan yang berkualitas

Mortar Utama diproduksi oleh Mortar Utama Weber yaitu bahan bangunan siap pakai yang berkualitas dan ramah lingkungan. Soal produk Mortar Utama, kemarin dijelaskan oleh bapak Joni selaku General Manager Product Management PT Cipta Mortar utama. 

Emang seberapa penting sih pemilihan bahan bangunan untuk rumah? Ya penting banget lah. Salah memilih bahan bangunan berpotensi biaya buat perawatan rumah jadi besar. Apalagi kalo itu menyangkut keramik alias lantai rumah kita. Rumah udah ditata menarik dan rapi tapi lantai keramiknya acak-acakan ya bikin rumah terkesan berantakan. 


Salah satu faktor yang membuat lantai keramik jadi rapi adalah dengan pemasangan nat. Apa tuh nat? Liat deh lanta keramik rumahnya buibuk, di antara satu keramik dengan keramik yang lain kan ada jarak kecil tuh. Dii jarak keramik yang kecil itu diisi bahan warna putih, nah warna putih itu namanya nat. Nat ini membuat keramik menjadi rata antara satu dan lainnya. Jadi nyambung gitu.

Nat ini bisa tergerus oleh banyak sebab misalnya pas kita nyikat keramik kamar mandi, nat akan tergerus dan jika ini berlangsung lama, nat akan pecah. Terus di kasus saya waktu merenovasi dapur. Keramik dekat kompor termasuk bagian yang saya ganti karena keramik ini terpapar panas kompor, nat bisa jadi pecah karena paparan panas ini.


Mortar Utama di hari saya datang kemarin, melaunching produk nat baru yaitu MU-408 dengan varian MU-408 PowerBathroom, MU-408 ColourOutdoor, MU-408 ColorPool, MU-408 Color Kitchen dan MU-408 Colorfill. Nat produksi MU ini membuat keramik jadi mudah dibersihkan dan nat aman walau bolak balik tergerus. 

Mortar Utama juga memproduksi acian untuk tembok dengan kode MU-270 SkimBright. Acian putih ini menghindarkan tembok dari retak rambut dan membuat cat lebih meresap, pada akhirnya penggunaan cat menjadi lebih hemat. Nah yang mau renov rumah atau mau membangun rumah baru gunakan produk MU yang bermutu. 


33 komentar:

  1. Terimakasih info produknya.
    Semoga bermanfaat buat banyak pembaca.

    Salam kenal,kak.

    BalasHapus
  2. Infonya sangat bermanfaat mbak kebetulan aku lagi ingin merenovasi rumah

    BalasHapus
  3. Wah, aku baru dengar ada semen MU ini. Thanks for sharing mba :D

    BalasHapus
  4. Semen baru ini ya mbak? Apakah ada semen untuk anti bocornya?

    BalasHapus
  5. Emang deh Mortar Utama juaranya buat isian nat dan acian keramik

    BalasHapus
  6. Jadi nambah ilmu lagi nih soal bahan bangunan
    makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  7. Tips menata rumah mungilnya bisa dicontek nih mba, secara aku jg gak terlalu suka rumah yg luas banget, cape bersihin nya,, hhee
    Hrus pilih jg bahan bangunan yg awet, biar gk cpet renov lagi.

    BalasHapus
  8. Bermanfaat nih infonya. Jadi tahu nat. Sebelumnya Nat King Cole. Zaman now, biar rumah terkesan guede memang harus ditingkat. Doakan aja eyke bisa ngerenop rumah sekarang biar bisa sama nat

    BalasHapus
  9. asik lumayan nih utk persiapan buat rumah aku nanti hihi

    BalasHapus
  10. Makasih tipsnya mbak Yayat, kebetulan rumahku termasuk rumah mungil sekali nih. Nanti langsung dicobain tipsnya.

    BalasHapus
  11. Tips rumah mungilnya bermanfaat loooh... suati hari saya pgn bangun rumah mungil bertingkat yg nyamaaaan

    BalasHapus
  12. Makasih sahring infonya, termasuk soal spesifikasi rumah dan bahan bangunan yang bermutu. saya pun berencana merenovasi rumah lagi.

    BalasHapus
  13. Keren nih bisa mengurangi terjadinya resiko retak rambut. Gak enak bgt dilihat nya emang kalo tembok rumah banyak retak rambutnya.

    BalasHapus
  14. info bermanfaat nih, mbak Yayat, jadi tau istilah2 di dunia bangunan

    BalasHapus
  15. Namanya renovasi, biasanya merembet benerin ini itu. :)
    Smoga lancar mbak

    BalasHapus
  16. makasi mba yayat. jadi punya bayangan kalau mau renov rumah.

    BalasHapus
  17. Jadi awet ya keramik pakao Mortar Utama. Jadi nggak mudah retak.

    BalasHapus
  18. Tipe rumah jaman now udah susah yg melebar ya, diganti meninggi
    N MB yayat beruntung dung PNY rumah jaman old dikemas jaman now

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah, kemarin renovasi rumah, abang tua daku beli MU yang hijau. Hasilnya mantap , ketika dinding di cat.

    BalasHapus
  20. aku pake MU buat nat keramik di rumah baru lohhh.. :D

    BalasHapus
  21. Wah rumahku juga mungil dan sekarang mulai terasa sumpek, kayaknya perlu penataan yang lebih cerdik dan banyak ventilasi.

    BalasHapus
  22. Boleh juga nih MU nya. Pingin perbaikin keramik yang mulai bolong2.

    BalasHapus
  23. bermanfaat sekali ini infonya, terima kasih Mbak

    BalasHapus
  24. Makasih infonya Mba, lumayan kalau suatu saat membangun rumah bersamanya #ehhh

    BalasHapus
  25. Boleh nih buat persiapan rumah impian di masa depan..

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu juga ada produk inii, btw noted banget nih buat renov rumah mungilku yang belah belah kena gempa..

    BalasHapus
  27. Mortar utama, baru denger mba yayat, dari reviewnya noted buat revisi rumah heheh

    BalasHapus
  28. boleh juga nih buat refrensi kalau mau bikin rumah :D

    BalasHapus
  29. sebuah referensi ya mba... aku coba aah nanti

    BalasHapus
  30. Terima kasih info dan referensinya mbak. Jujur saya juga awam banget tentang dunia bahan2 bangunan, dan mortar sangat asing ditelinga saya. Tapi dengan artikel ini jadi lebih banyak tahu lagi berikut mutu dan kegunaannya. Nice sharing, mbak.

    BalasHapus
  31. jadi banyak pilihan semen untuk renovasi rumah :)

    BalasHapus
  32. Kalau untuk harga, gimana mba? So far, aku belum pernah pakai karena keluarga dan lingkungan di sekitarku kebanyakan makenya yang saknya warna cokelat :p

    BalasHapus