Minggu, 11 Maret 2018

Agar Bayi Nyaman Ketika Diajak Bepergian



Kehadiran bayi di dalam keluarga tentu disambut dengan hangat. Karena itu saya suka tersenyum sendiri melihat teman-teman yang baru melahirkan bayinya, begitu bahagia ketika menggendong bayinya. Saya mengerti kebahagiaan mereka dan ikut berbahagia juga. Seorang teman bercerita pada saya, orang tuanya begitu bahagia mendapatkan seorang cucu. Bayi perempuan akhirnya lahir dengan selamat dan dalam kondisi sehat. 


Sang kakek dan nenek ingin sekali bertemu dengan sang cucu apa daya kondisi keduanya tidak memungkinkan karena sudah terlalu tua untuk pergi jauh. Sang kakek dan sang nenek tinggal di Jogja, sementara sang cucu bersama mama papanya tinggal di Jakarta. Keinginan sang kakek dan nenek untuk bertemu cucunya harus ditunda hingga sang cucu kondisinya kuat untuk perjalanan jauh.

Memang tak sembarangan bisa membawa bayi untuk melakukan perjalanan yang jauh terlebih menggunakan kendaraan umum. Menurut medis, batas aman seorang bayi melakukan perjalanan jarak jauh adalah saat usianya minimal 6 minggu. Namun usia ini tidak menjadi patokan penting. Orang tua harus melihat kondisi bayi juga, jika kondisi bayi masih lemah lebih baik orang tua mengurungkan niatnya membawa sang bayi bepergian. 

Persiapan detail juga harus dilakukan ketika membawa bayi bepergian. Pikirkan lama waktu tempuh dan kendaraan apa yang akan digunakan. Kalo menurut saya sih naik mobil pribadi lebih nyaman namun kalau orang tua bayi tidak mempunyai mobil pribadi maka pesawat terbang atau kereta api merupakan pilihan terbaik. Jika sudah memutuskan mau naik apa, maka orang tua bayi bisa segera membeli tiketnya.

Penting untuk membuat bayi nyaman di kondisi apapun. Bayi nyaman akan membuat orang tua jadi nyaman dan tenang juga. Kan kita nggak mau bayi jadi rewel akibat merasa tidak nyaman di perjalanan kan bu. Pakaikan pakaian yang nyaman untuk bayi. Gunakan pakaian terbuat dari bahan kaos yang menyerap keringat dan tidak panas. 


Selalu sediakan 1-2 potong pakaian ganti yang tempatnya terpisah dari koper. Ini bermanfaat jika pakaian bayi perlu diganti dengan segera dan ibu nggak perlu membuka-buka koper. Bawa tas kecil yang berisi pakaian bayi, popok, botol susu, air panas, susu dan tissu basah. Taruh tas kecil ini di tempat yang mudah dijangkau.

Ada beberapa faktor di perjalanan yang bisa membuat bayi tidak nyaman, misalnya karena gerah, dehidrasi atau sering buang air kecil namun sang ibu telat mengganti popok. Untuk menghindari gerah, tempatkan bayi di tempat yang tidak terpapar matahari. Jika menggunakan mobil, setel AC di suhu rendah.

Untuk menghindari dehidrasi selalu siapkan air panas, susu dan botol bersih. Lebih baik bawa 2 botol susu ya bu, supaya bayi tak menunggu kita mencuci botol susu kotor dulu. Untuk bayi yang sudah minum susu formula, tempatkan susu di kotak praktis dan bersih dan taruh di tas tersendiri bersama perlengkapan lainnya. Persediaan susu yang masih dalam kaleng bisa ditempatkan di dalam koper. 

Jika bayi sudah minum susu formula, jangan pernah pergi tanpa membawa susu formula ya bu. Jika stok susu habis, langsung beli aja di Tokopedia. Tokopedia menjual banyak sekali jenis susu, salah satunya susu Pediasure untuk anak usia 1-10 tahun. Susu Pediasure Complete dilengkapi dengan Mikro Nutrisi (12 mineral dan 7 vitamin) dan Makro Nutrisi (protein, lemak, karbohidrat) untuk pertumbuhan.


Popok juga harus dipersiapkan di tempat tersendiri jika melakukan perjalanan. Bayi tak bisa bilang jika ia ingin buang air. Maka pakaikan popok yang bahannya nyaman untuk kulit bayi dan aman tidak menimbulkan ruam pada kulit bayi. Selalu cek kondisi popok, jika berat berarti popok telah penuh dan segera ganti. 

Pakaikan ukuran popok yang pas pada bayi, tidak kekecilan dan tidak kebesaran. Kalau ada bekas karet popok di pinggang dan paha bayi ini tandanya popok sudah kekecilan dan segera ganti dengan ukuran yang lebih besar. Pilih popok dengan bahan yang lembut misalnya merek Popok Pampers. Popok Pampers terbuat dari bahan yang sangat lembut dengan bagian dalam soft cotton dan bagian luar seperti kapas. Popok ini juga berpori jadi terdapat sirkulasi dan kulit bayi tetap kering. 

Jika persiapan-persiapan di atas sudah dilakukan, selama jalan-jalan untuk para mama papa baru dan bayinya.


Sumber gambar : freepik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar