Rabu, 28 Februari 2018

Memadu 3 Sambal Nusantara dengan Menu Bergaya Jepang di Hokben



Sebagai negara yang punya bermacam kuliner, sambal merupakan pendamping hidangan yang hampir selalu ada dalam ragam masakan Indonesia. Secara kebanyakan masyarakat Indonesia ada penyuka pedas. Saya termasuk yang suka benget makanan pedas. Kalo nggak pedas nggak puas makan gitu. Sambal banyak macamnya dan karena berasal dari macam-macam daerah maka rasanya khas juga.

Hoka Suka 2

Buibuk pasti suka bikin sambal sendiri di rumah kan? Sambal apa aja hayo. Kalo saya suka bikin sambal bawang atau sambal terasi. Sambal tomat juga suka bikin. Kalo lagi nemu kecombrang di pasar, maka saya bikin deh sambal kecombrang. Sambal kecombrang merupakan sambal favorit karena rasa dan aromanya khas. Sayangnya kecombrang nggak selalu ada di pasar dekat rumah saya. 

Di restoran yang menyediakan menu rumahan selalu tersedia sambal. Bahkan ada lho restoran yang menyediakan sampai 20 jenis sambal. Puas deh milih sambalnya. Cuman kalo di restoran berjenis fast food, apa tersedia sambal? Paling-paling saos sambal ya kan. Eittssss… jangan salah. Hokben menyediakan menu dengan sambal khas Indonesia sebagai pendamping. 

Hoka Suka 1
Sambal di menu Hokben Hoka Suka 

Hokben adalah restoran bergaya Jepang yang memadukan menunya dengan sambal Indonesia. Nama menunya adalah Paket Hoka Suka. Terdiri dari 3 menu dan 3 macam sambal yaitu sambal hijau, sambal matah dan sambal bawang. Ketiga jenis sambal ini bukan dipilih sembarangan. Penasaran sama jenis menu dengan sambal ini maka saya datang di acara Hokben Blogger Gathering pada 22 Februari 2018 di Hokben Kartika Chandra Jakarta.

Menurut pak Jasata, Brand Activation Division Head Hokben, ketiga sambal ini dipilih berdasarkan hasil survey yang dilakukan tahun lalu. Dari banyak jenis sambal, 3 sambal inilah yang menjadi favorit para pengunjung. Lalu menu untuk 3 jenis sambal ini juga merupakan menu favorit para pengunjung. Jadi 3 menu paket Hoka Suka merupakan yang paling disukai oleh konsumen. Apa aja isi dalam paket menunya sih? Ini ya isinya :

Paket Hoka Suka 1  : Yahitori Grilled, kering kentang, acar, nasi dan sambal. Harga paket ini adalah IDR 49.000 (sesudah pajak)

Paket Hoka Suka 2   : Ebi furai, kering kentang, acar, nasi dan sambal. Harga paket ini adalah Rp. 58.000 (sesudah pajak)

Paket Hoka Suka 3  : Chicken Katsu, kering kentang, acar, nasi dan sambal. Harga paketnya adalah Rp. 49.000 (sesudah pajak)

Hoka Suka 3
Nah bisa diliat ya.. yang Indonesia banget bukan hanya sambalnya tapi juga tambahan kering kentang dan acarnya. Kenapa dipilih kering kentang dan acar? Kata pak Jasata karena ini yang disukai oleh para pelanggan juga. Saya cukup surprise lho nemu kering kentang di Hokben hehehhe. Oh iya.. sambal yang terdiri dari 3 jenis itu bisa dipilih salah satunya untuk menu paket Hoka Suka yang kita beli. Mau paket Hoka Suka 1 plus sambal matah boleh, mau pakai sambal hijau juga boleh. Sebelum dipilih, ini rasa 3 jenis sambal menurut lidah saya :

Sambal hijau   : Terbuat dari cabe ijo besar dan rawit sedikit makanya rasanya nggak pedas namun cenderung segar. Cocok untuk anak-anak atau orang yang tidak terlalu suka makanan pedas. Sambal ini berasal dari Sumatera Barat.

Sambal bawang  : Terbuat dari cabai merah, bawang dan lain-lain. Lebih pedas dibandingkan dengan sambal hijau namun kalo masih di bawah standar kepedasan saya. Rasa bawangnya cukup terasa. Sambal ini berasal dari daerah Jawa. 

Sambal matah  : Sambal ini aslinya berasal dari Bali. Dari 3 jenis sambal Hokben, sambal ini jadi favorit saya, rasanya crunchy karena bahan-bahannya tidak digiling halus. Lebih pedas dari sambal bawang. Namun buat bukan penyuka pedas, masih aman lah makan sambal ini. Nggak bikin muka merah padam karena kepedasan gitu. 

Tiga macam Sambal Hokben
Trus gimana rasa makanan Jepang berpadu dengan sambal? Saya agak pesimis tadinya tapi begitu dicoba ternyata cocok aja tuh. Saya makan sambal matah dengan Chicken Katsu di paket Hoka Suka 3 ternyata rasanya pas di lidah. Saya coba lagi dengan sambal hijau eh pas juga. Saya makan lagi dengan sambal bawang ehh enak juga. Jadi maapkeun kepesimisan saya ya Hokben.

Sayangnya menu Hoka Suka dengan sambal ini adalah menu seasonal alias musiman. Pak Jasata bilang menu ini hanya dijual untuk 3-4 bulan ke depan lalu ditarik dan kemudian diganti dengan menu lain lagi. Ini agar menu Hokben selalu berganti dan nggak bikin bosan konsumennya. Ide bagus sih, tapi saya akan kehilangan paduan menu yang unik ini dong. Sedih… hiks. 

Hoka Suka 2

Sambal dibuat dari bahan pilihan dan dengan cara yang distandarkan oleh Hokben makanya rasa dan kualitasnya di jamin deh. Untuk rasa sambalnya saya cukup puas namun saya punya catatan khusus untuk kemasannya. Kemasan plastik sambal agak susah dibuka ya, apalagi sambalnya kan berminyak jadi cukup bikin belepotan di tangan. Kalau di taruh di kemasan plastik model klip gitu lebih enak. 

Kemudian untuk acarnya menurut saya agak kematangan ya. Jika proses masaknya jangan terlalu lama, pasti rasanya ketimun dan wortelnya lebih renyah, lebih nikmat jadinya. Untuk kering kentangnya saya puas karena renyah banget dan untuk Yahitori Grilled, Ebi Furai atau Chicken Katsu nya saya puas karena enak banget.

Selain menu paket Hoka Suka, sambal juga bisa dipesan untuk pembelian Chicken Katsu dan Soup Shrimp Dumpling lho. Saya penasaran dengan rasa Soup Shrimp Dumpling plus sambal. Moga sempat mencobanya di lain kesempatan. Oh iya, kita berkesempatan dapat tiket Java Jazz gratis lho asal tau caranya. Nih ya caranya di e-flyer ini nih :


Tentang Hokben

Hokben, dulunya bernama Hoka Hoka Bento, adalah restoran bergaya Jepang yang berdiri di Indonesia sejak 18 April 1985. Meski bergaya Jepang namun Hokben udah punya sertifikat Halal lho yang diberikan oleh MUI pada tahun 2008. Lalu dilanjutkan lagi dengan pemberian Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari MUI pada 2017. Hokben sudah tersebar di Jawa dan Bali. 

Nama Hokben resmi diperkenalkan tahun 2013 walaupun penyebutan Hokben sudah familiar di telinga para konsumennya sejak bertahun sebelumnya. Logo Hokben gampang dikenali yaitu ada gambar sepasang anak-anak laki-laki dan perempuan namanya Taro dan Hanako. 

Hoka Suka 3

Acara kemarin dilangsungkan di Hokben cabang Kartika Chandra. Ini Hokben yang selalu ramai pengunjung apalagi saat jam makan siang. Tempatnya luas ada smoking area dan indoornya juga. Punya kapasitas 128 kursi, Hokben Kartika Chandra gampang di akses secara berada di lokasi yang strategis yaitu di Jl. Gatot Subroto.

Buat yang nggak bisa jauh dari internet, Hokben Kartika Chandra juga dilengkapi dengan wifi, jadi tenang lah yaw bisa upload menu Hokben ke sosal media. Tersedia parkiran yang luas dan juga mushola. Bawa anak-anak makan di sini enak deh cuman kalo mager bisa tuh beli paket Hokbennya lewat delivery.. just call Hokben delivery di 1-500-505. Jangan lupa kirimin paket Hoka Suka nya ke saya ya (ngarep). 

Tiga menu Hoka Suka

9 komentar:

  1. Mantap jiwa. Surga benerrr ya bs makan di hokben tanpa saus lagi. Jujur, drpd saus mending sambal deh. Smoga sambal selalu ada di hokben. Hidup HokBen. Merdeka 😁

    BalasHapus
  2. Balik lagi yuuk ke HokBen, belum puas nyocolin sambelnya dipadu menu Hoka Suka HokBen.

    BalasHapus
  3. Pokoke sambal kita sambal Indonesia dah! Keren inovasi Hokben!

    BalasHapus
  4. mantap makan sambal di Hokben pake menu ala Jepang, makanan Indonesia jadi lebih kekinian :)

    BalasHapus
  5. Sambelnya banyaaaak pilihan. AKu suka sambel matah..banget :). Salam kenal yaaa mba

    BalasHapus
  6. Kok mba Yayat gaaa ajak akuuu. Aku butuh makan banyak sambel supaya cepet kontraksi *loh hahahhahaa

    BalasHapus
  7. jarang loh resto ala luar mengeluarkan menu sambal, inovasi HokBen mang bagus biar ciri khas Indonesia tetap ada

    BalasHapus
  8. Shrimp dumpling Soup plus sambal Bawang...Enak itu...harus coba mbak ...

    BalasHapus
  9. Mesti buru-buru coba ya,menu seasonal ini supaya sempet nyicipin lebih lama kering kentang dan acar. Inovasi yang boleh juga dari Hokben. Setuju kalau acarnya pun rada kematangan.

    BalasHapus