Rabu, 14 Februari 2018

Bricklive, Petualangan Interaktif Lego yang Edukatif



Dunia anak-anak itu menyenangkan. Dunia baginya penuh warna warni dan menantang untuk ditelusuri. Pada anak-anak balita rasa keingintahuan pada sesuatu itu sangat besar. Kadang mainan sederhana bisa membuat anak-anak anteng karena ia ingin tahu apa dan bagaimana mainan itu. Rasa keingintahuan nantinya akan berhubungan dengan kecerdasan. Maka orang tua seyogyanya menstimulasi rasa keingin tahuan anak dan  tidak menghalanginya dalam menelusuri sebuah obyek. 

(dok.birminghammail.co.uk)

Pada tanggal 8 Februari 2018 saya menghadiri Konferensi Lego BrickLive di PIK Avenue Jakarta. Ada Ratih Ibrahim MM Psikolog yang berbicara soal kecerdasan pada anak. Sejatinya kecerdasan itu tidak tunggal melainkan majemuk kata bu Ratih. Setiap anak diberkati dengan berbagai kecerdasan yang lengkap dan perlu dikembangkan melalui stimulasi yang tepat dengan usia perkembangannya, katanya lagi.

Stimulasi itu apa sih? Stimulasi adalah pemberian rangsangan dari lingkungan yang memancing respon tertentu. Stimulasi itu penting karena mengoptimalkan proses tumbuh kembang pada anak, membantu anak siap memasuki tahap perkembangan selanjutnya, membantu anak memasuki tahap perkembangan selanjutnya dan membantu anak memiliki self esteem yang baik. Penting kan tuh jadinya. Namun meski begitu, stimulasi harus diberikan sesuai dengan tahap usia anak. 

Tahu nggak bu ada berapa macam kecerdasan pada anak? Banyak macemnya, tapi kalo diambil garis besarnya ada 3 macam kecerdasan utama. Bahas satu-satu yak. Yang pertama adalah kecerdasan kognitif, kecerdasan ini berhubungan dengan konsep dasar mengenai bentuk, warna dan jumlah. Berhubungan juga dengan imajinasi kreatif dan logika membangun konsep dan strategi. Kecerdasan kognitif juga meliputi problem solving dan daya komunikasi.

 
Yang kedua adalah kecerdasan Psikomotor. Kecerdasan ini meliputi koordinasi mata dan motorik, ketrampilan motorik halus dan ketrampilan motorik kasar. Yang ketiga adalah Kecerdasan Psikososial. Kecerdasan ini meliputi belajar sambil bermain, berinteraksi dengan anak lain, self esteem dan sharing ideas. Nah cara stimulasi apa yang paling menyenangkan buat anak? Dengan bermain bu.

Bricklive, petualangan interaktif Lego

Tau Lego bu? Saat anak-anak saya masih kecil mereka suka sekali bermain Lego. Lego itu permainan menyenangkan yang sangat membangun imaginasi anak. Kotak-kotak disusun lalu membentuk sesuatu itu amazing banget liatnya. Saya aja masih suka takjub melihat pesawat atau kapal laut yang dibuat dari susunan Lego. Keren deh. Dengan menyusun Lego, anak-anak membangun imajinasinya sendiri.

Nah demi menyediakan sarana permainan anak yang edukatif, Sorak gemilang Entertainment (SGE) dan PIK Avenue mempersembahkan Bricklive Jakarta, yaitu ajang permainan interaktif Lego yang baru kali ini diadakan di Indonesia. Sebelumnya Bricklive diadakan di Jepang, Inggris dan negara lainnya. Pak Denny Sumali, Direktur SGE mengatakan bahwa SGE memiliki komitmen untuk mempersembahkan kegiatan berkualitas dan edukatif bagi keluarga Indonesia.

 
Lego adalah sarana anak untuk bermain terutama dengan teman sebayanya. Maka anak belajar berkomunikasi, belajar mengeksplorasi dan mengembangkan seluruh aspek kecerdasannya. Warna Lego yang bermacam-macam juga membantu anak mengembangkan kemampuannya mengenali warna. Sesuai dengan penjelasan dari bu Ratih di awal tulisan saya ini. 

Bricklive diadakan di PIK Avenue karena PIK Avenue mempunyai area yang luas sekali. PIK Avenue juga mal yang lengkap isinya. Mulai dari tempat belanja, hiburan sampai tempat makan tersedia di sana. Saat saya ke sana, saya sempat mengeksplore suasana PIK Avenue dan memang luas sekali dengan banyak sekali gerai-gerai. Tempat ngopinya aja ada 4. Ada FLIX cinema pula, sebuah cinema terkini dengan teknologi terbaru.

Bricklive akan diselenggarakan pada tanggal 7-17 Juni 2018. Tiketnya bisa dibeli di Tokopedia. Pada event ini SGE memang bekerja sama dengan Tokopedia untuk penjualan tiketnya. Ibu Melissa Siska Juminto Managing Drector Tokopedia mengatakan bahwa Tokopedia memiliki semangat untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat sejak usia dini. Permainan Lego membangun kreativitas anak dan membantu orang tua dalam mengedukasi anak. 


Bricklive terdiri dari 16 area permainan yang disesuaikan dengan usia anak.. Ada Brick Pool dan Duplo Pool. Ada Race Tracks yatu balapan menggunakan mobil dari Lego. Ada Brick Wall, Lego Cities, Lego Architecture dan lain-lain. Untuk para penggemar Star Wars ada area Lego khusus Star Wars juga lho. Seru ya.

Tiket bisa dibeli di Tokopedia.com, outlet Lego atau PIK Avenue. Harga tiket untuk VIP adalah Rp. 275.000 per orang dan harga reguler adalah Rp. 175.000 per orang. Setiap pembelian tiket VIP melalui Tokopedia akan mendapatkan 1 Lego Figurin dan dapet diskon 10%.

Tokopedia punya paket juga nih buat pembelian tiket Bricklive yaitu Family package yang berisi bundling 4 tiket terdiri dari 2 tiket anak dan 2 tiket dewasa seharga Rp. 550.000. Lebih murah kan. Ada promo khusu lho kalau beli tiket Bricklive pada bulan Maret dan Mei – Juni. Lalu setiap pembelian melalui Lego Official Store di Tokopedia bisa mendapatkan 1 tiket reguler untuk Bricklive (syarat ketentuan berlaku). 

Promo khusus juga diberikan bagi Loyalty Membership SedayuOne yakni discount sebesar Rp. 75.000 (bagi customer yang membeli tiket periode Febuary - Maret 2018), discount sebesar Rp. 38.000 (bagi customer yang membeli tiket periode April - Mei 2018) dan discount 10% (bagi customer yang membeli tiket bulan Juni 2018). Promo ini berlaku untuk pembelian di Ticketing Counter PIK Avenue mulai akhir Febuari 2018. Promo ini juga berlaku bagi customer Flix Cinema yang telah bertranskasi senilai min. Rp. 100.000 untuk produk makanan dan minuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar