Minggu, 10 Desember 2017

Vania, Sang Virtual Assistant Aswata



Jaman ini adalah jaman digital so setiap orang mau tak mau harus mengikuti era jaman digital. Orang-orang yang hidup di jaman digital nggak pernah lepas dari internet. Internet digunakan untuk semua sendi kehidupan. Berapa lama waktu Anda buat internetan setiap hari? Kalo saya.. saya nggak internetan itu cuman saat tidur. Internet di hape saya nyambung selama 24 jam. Hilang sinyal dikit aja bisa bikin saya was-was. 


Saya gunakan internet untuk Whats app an, untuk browsing dan untuk melakukan pekerjaan saya yang memang membutuhkan internet.. yaitu blogging. Transaksi perbankan juga saya lakukan dengan internet. Pentingnya internet membuat semua brand dan corporate membuat perubahan dalam pelayanannya. Karena demi lancarnya pelayanan pada nasabah, mereka memang harus bergerak cepat secepat internet.

PT Asuransi Wahana Tata atau lebih dikenal dengan nama Aswata adalah perusahaan asuransi umum swasta nasional yang berdiri sejak 53 tahun yang lalu. Saat ini Aswata menjadi perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia dengan didukung 1200 karyawan di lebih 70 kantor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan lamanya Aswata berdiri maka Aswata telah mempunyai banyak sekali nasabah.



Mengurus nasabah di era ini tentu berbeda dengan masa lalu yang serba konvensional. Maka menyadari hal ini Aswata membuat Vania yaitu Virtual Assistant Aswata yang peluncurannya dilakukan pada 8 Desember 2017 kemarin di kantor Aswata di bilangan HR Rasuna Said Kuningan Jakarta. Vania merupakan layanan Aswata berbasis chat artificial intellegence. 

Vania digambarkan sebagai sosok gadis yang cerdas, lincah serta sosok mata menawan. Vania menyediakan bantuan untuk Emergency Roadside Assistance (ERA) yang membantu kita kalo kita butuh derek mobil, pertanyaan seputar klaim dan polis, informasi seputar jaringan kantor Aswata dan juga info-info kekinian seperti info soal lalu lintas dan meramalkan arti nama. Karena berbasis internet maka layanan ini beroperasi selama 24 jam.



Vania diuncurkan Aswata juga untuk tujuan menyasar generasi milenial yang tergantung pada gadget dan internet dan mau semuanya serba cepat. Seperti yang dikatakan oleh pak Christian W. Wanandi direktur utama Aswata bahwa Vania menjawab kebutuhan masyarakat digital dan akan membuat urusan bertransaksi dengan Aswata menjadi lebih mudah dan solusi didapatkan dengan cepat.

Kenalan sama Vania Yuk

Sebelum kita dapat memanfaatkan layanan Vania, kita kudu berteman dengan neng Vania dulu dong. Vania bisa di add lewat line @aswata, facebook messenger Asuransi Wahana Tata dan telegram @aswata_bot. Pasti pada punya 3 layanan chat ini kan? Setelah di add kita bisa langsung chat dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar smartphone kita. 

 
Eh kenapa Vania berbasis chat dan bukan aplikasi? Karena sistem chat menjadi lebih personal. Tanya jawab bisa berlangsung lebih jelas dengan menggunakan chat dan terekam juga di history. Namun ke depannya Aswata juga akan membangun aplikasi untuk orang-orang yang lebih suka menggunakan aplikasi. Layanan chat juga akan dikembangkan ke via Whats App. 

Bapak Rainier Kurniawan selaku Dept Head Information and Technology Aswata kemarin mendemokan cara menggunakan layanan Vania kepada semua yang hadir. Proses pembelian polis di Vania prosesnya cepet banget dan mudah karena cuma mengisi data diri dan mengupload KTP kita. Polis juga cepet jadinya karena dibuat dalam bentuk elektrronik yang nggak perlu dikirim ke rumah.


Uniknya lagi, kalau kita lagi butuh derek mobil. Mungkin mobil kita tiba-tiba mogok dan butuh derek mobil segera nah bisa langsung chat ke Vania. Lokasi tempat mobil kita mogok bisa diberikan ke Vania dengan cara share location. Lalu kondisi mobil yang mogok oleh Vania akan disambungkan ke petugas derek dan sang petugas derek langsung meluncur ke lokasi mobil kita yang mogok. Cara kerjanya mirip sistem ojek online.. asyik kan. 

Nah yang mau nyoba layanan Vania, Aswata lagi bagi-bagi kado akhir tahun nih. Vania akan membagikan polis asuransi kecelakaan diri secara gratis dan berlaku untuk jaminan meninggal dunia akibat kecelakaan atau cacat tetap akibat kecelakaan. Total manfaatnya adalah 10 juta rupiah… wwoooowww besar banget ya. Periode asuransi ini berlangsung sejak tanggal 13 Desember 2017 sampai tanggal 6 Januari 2018. 

Caranya daftar aja ke produk asuransi kecelakaan trus masukin kode voucher HOLIDAYAMAN pada bagian PA. Hayuk buruan ikutan. Untuk info lebih lanjut mengenai Aswata bisa kunjungi website www.aswata.co.id, facebook Asuransi Wahana Tata, twitter @aswata dan instagram aswata_id. Kalau mau telponan juga bisa ke customer care Aswata di 1500 298.

2 komentar:

  1. Beda ya mbak, ini lebih simple pake chat ajah

    BalasHapus
  2. Udah nyoba fitur2nya. Sangat friendly. Cocok buat pemula juga :)

    BalasHapus