Jumat, 08 Desember 2017

Lakukan Ini Agar Liburan Jadi Nyaman dan Menyenangkan



Wuihhhh nggak terasa sebentar lagi tahun baru 2018. Kayaknya baru kemarin saya taun baruan eehhh udah mau taun baruan lagi. Time goes so fast. Tahun baru berarti libur panjang.. nah punya rencana kemana nih di tahun baru? Apakah sekedar makan bersama keluarga di rumah atau mau jalan-jalan ke lokasi wisata di luar kota. Pastinya tahun baru adalah momen yang nggak bisa dilewatkan dengan cara biasa aja. 


Ngomongin soal libur tahun baru, saya berkesempatan hadir buat berbincang-bincang dengan MSIG Online dan Mobil123 sebagai Portal Otomotif no 1 serta Komunitas ISB pada tanggal 6 Desember 2017 di bilangan Senopati Jakarta Selatan. Tau nggak, daerah mana aja sih yang jadi favorit orang-orang buat liburan? Kalau destinasi International yang jadi pilihan diantaranya adalah New York Times Square USA, Sydneu Opera House Australia dan Seoul Korea Selatan.

Untuk destinasi domestik, banyak juga nih tempat favorit para pelancong yaitu Pulau Komodo, Raja Ampat, Danau Toba, Taman Laut Bunaken dan Gunung Bromo. Wah lokasi-lokasi wisata ini emang paling hits. Di saat bukan musim liburan aja lokasi-lokasi wisata ini sudah ramai didatangi pengunjung, gimana kalo tahun baru ya.. pasti bakalan penuh banget.

Sebelum melakukan perjalanan liburan, ada tips nih biar liburan kita berlangsung aman dan nyaman. Yang pertama adalah soal hotel. Hotel atau penginapan adalah fasilitas penting buat liburan. Sebelum memutuskan menginap di sebuah hotel, pertimbangkan dulu lokasi, harga dan fasilitas yang kita dapat di hotel tersebut. Tentu kita nggak mau dong liburan jadi kacau gara-gara hotel yang kita pilih nggak nyaman dan lokasinya jauh dari mana-mana. Membaca ulasan orang yang pernah menginap di hotel tersebut bisa membuat kita memutuskan mau menginap di hotel mana. 

Pertimbangan kita pergi sendiri atau dengan keluarga juga akan jadi faktor pemilihan hotel. Misal kita pergi bersama anak-anak, maka sebaiknya pilih hotel yang mempunyai fasilitas untuk anak-anak agar mereka fun di hotel, misalnya ada playground, ada kolam renang. Sementara kalau kita pergi sendirian, faktor lokasi akan jadi pertimbangan utama. Jangan pilih hotel yang ada di lokasi rawan atau jauh dari mana-mana.

Pak Bernardus P Wanandi, Vice President Director MSIG Online menyarankan buat para traveler yang hobi pergi sendirian, sebaknya nggak memberitahukan ke orang-orang bahwa kita pergi sendirian. Lalu itinerary perjalanan kita sebaiknya diberitahukan juga ke orang terdekat. Jaga-jaga yaaa kalau ada sesuatu yang menimpa kita maka orang terdekat tahu kita ada di mana.

Kalau kita liburan ke tempat yang jauh, maka pesawat terbang atau kapal laut akan menjadi pilihan untuk transportasi. Tiket masa liburan akan mahal banget harganya jadi sebaiknya beli tiket dari jauh hari. Lalu penting untuk membawa uang tunai secukupnya aja, untuk belanja gunakan kartu kredit atau kartu debit. Trus jangan menggunakan perhiasan macam toko mas berjalan. Ini akan mengundang perampok menguras harta kita. Jangan bawa barang bawaan banyak juga, yang perlu-perlu aja. Ada lho yang cuma pergi liburan 3 hari tapi barang bawaannya kayak mau pergi sebulan. 

Kalau kita pergi liburan dengan keluarga, pastinya rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong. Penting buat memastikan kondisi rumah aman sebelum kita tinggal pergi. Cabut stop kontak listrik dan cabut aliran tabung gas dari kompor. Kunci seluruh akses masuk ke rumah, matikan seluruh keran air dan tempatkan ember-ember di lokasi yang bocor. Ini berguna untukmenampung air jika hujan. Jangan sampe pas kita pulang di dalem rumah banjir karena atap bocor.

MSG Insurance Travel

Nah kalo semua udah siap buat liburan… jangan langsung cussss berangkat liburan dulu sebelum membeli asuransi perjalanan. Eh emang travel insurance perlu gitu? Perlu dong karena kadang dalam perjalanan terjadi masalah di luar kehendak kita, misalnya pesawatnya delay, kehilangan bagasi, menderita sakit selamat di tempat tujuan, terjadi kecelakaan dan kita jadi korban atau rumah yang ditinggalkan mengalami kebakaran. Kerugian yang kita alami akan dicover oleh asuransi jika kita memberi asuransi perjalanan.

MSIG Online punya 2 jenis asuransi perjalanan yaitu Overseas Travel Insurance dan Domestic Travel Insurance. Paket yang bisa dibeli di produk Overseas Travel Insurance adalah Leisure (untuk individual), Business trip dan Family. Ketiga paket ini punya keuntungan yang berbeda. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan kita.
Nah kalau Domestik Travel Insurance punya banyak keuntungan juga yang membedakannya dengan travel insurance lain yaitu preminya lebih murah dan punya perlindungan pada isi rumah dari kebakaran. Domestik Travel Insurance cuma punya paket individual yang terdiri dari 3 plan. Kadang kalau mau membeli asuransi kita suka ragu karena takut proses klaimnya lama ya. Proses klaim di MSIG online itu cepet kok.. cuma 14 hari kerja sejak dokumen-dokumen lengkap diserahkan. 

MSIG Online adalah jasa asuransi yang sudah terdaftar di OJK, jadi resmi. Metode pembayarannya gampang karena bisa dilakukan dari banyak bank. Bisa dari kartu kredit, CIMB Clicks, transfer bank, BCAVirtual Account, Permata Virtual Account  dan Mandiri Bill. Cara belinya gampang dan aman. Polis juga langsung dikirim ke email karena bentuknya e-polis jadi kita nggak perlu lama nunggu polis dikirim ke rumah. 

Kemudahan lain yang ditawarkan MSIG Online adalah adanya layanan 24 jam. Jadi kalo terjadi sesuatu, masalah kita akan diurus dengan cepat. Travel Insurance bisa kita beli melalui website www.msigonline.co.id. Tapi ini baru untuk produk overseas travel insurance ya karena domestic travel insurance baru akan diluncurkan pada Hari belanja Online Nasional yang berlangsung pada 12 Desember 2017. Untuk hari spesial itu ada diskon 24% buat yang mau membeli Domestik Travel Insurance. Cara.. tinggal masukin kode ini : MSIG1212. Nah… yang mau liburan.. hayuk deh beli asuransi perjalanan.

4 komentar:

  1. makin gampang ya liburan yang aman

    BalasHapus
  2. Selain persiapan liburan seperti biasanya, kita juga perlu asuransi buat jaga2 ya Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa jaga jaga kalau terjadi apa apa

      Hapus