Kamis, 09 November 2017

Terpikat Flaming Grilled Chicken dan Nasi Kuning Arab di Chicking Restoran



Jakarta punya aneka masakan dari banyak negara, bersyukurlah kita yang tak perlu menunggu pergi ke sebuah negara hanya untuk mencicipi hidangannya. Banyak resto hidangan mancanegara di Jakarta, tinggal cari saja lokasinya dan beli. Hidangan Timur Tengah termasuk yang banyak dijajakan di Jakarta. Ada beberapa tempat yang menjual hidangan Timur Tengah yang dimasak oleh chef asli dari Timur Tengah untuk menjaga otentiknya rasa.


Chicking adalah jaringan restoran International halal dari Dubai. Gerai Chicking Ayam Top Dubai pertama kali didirikan pada tahun 2000 dan saat ini telah berkembang menjadi 100 gerai yang tersebar di Dubai, Oman, Afganistan, Madives, Ivory Coast, pakistan, Malaysia, United Kingdom dan Indonesia. Chicking Indonesia pertama kali dibuka di Surabaya Mei 2017. Berlanjut di mall@Bassura yang dibuka 26 Oktober 2017. Sehari kemudian gerai ketiga dibuka di QBig Mall Lulu Hypermarket BSD Tangerang.
 
Kenapa gerai Chicking berkembang sangat pesat? Karena antusias pembeli yang besar pada makanan yang dijual di restoran ini. Antusiasme masyarakat timbul karena makanan yang dijual cocok di lidah masyarakat, intinya.. enak. Faktor lainnya adalah Chicking menjual jenis makanan yang selalu diburu masyarakat.. yaitu makanan cepat saji. Emang seenak apa makanan cepat saji asal Dubai ini? Kenapa sampai disukai masyarakat?


Pada tanggal 5 November kemarin, saya berkesempatan menyambangi gerai Chicking yang ada di Mall@Bassura Jakarta Timur. Mall@Bassura adalah mall yang selalu ramai dengan pengunjung. Perkembangan mall ini pesat sekali. Saya pernah ke mall ini ketika baru berdiri karena kantor saya dulu menjadi salah satu tenantnya. Cukup kagum juga karena mall ini sekarang ramai pengunjung, tak sepi seperti beberapa mall yang ada di Jakarta.

Tak sulit menemukan lokasi Chicking karena letaknya berdampingan dengan Cinema XXI di lantai 2. Spanduk dan banner tentang Chicking juga banyak dipasang di dalam dan luar mall, karena Chicking restoran baru maka promosi memang harus dilakukan, apalagi ada harga promo pada masa pembukaannya.

 
Desain Chicking Mall@Bassura sama dengan restoran cepat saji pada umumnya., namun lokasi makan cukup luas. Ada lokasi outdoor juga ada lokasi indoor. Saya dan teman-teman kemarin makan di lokasi outdoor, di teras belakang Chicking. Enak juga di sini.. anginnya semriwing hihihi.

Ada banyak menu di Chicking cuma karena keterbatasan perut, saya hanya makan Flaming Grilled Chicken, Original Fried Chicken dan Chicking Rice. Flaming Grilled Chicken adalah ayam yang dpanggang setelah sebelumnya direndam menggunakan rendaman khusus. Aroma Flaming Grilled Chicken ini harum dan khas. Mencium aromanya di siang panas kemarin sungguh bikin perut langsung keroncongan. Karena dipanggang, maka ada warna rada gosong di dagingnya, saya justru paling suka bagian ini.


Rasa Flaming Grilled Chicken manis bercampur pedas. Pedas ini adalah pedas khas yang biasa ada di hidangan Timur Tengah, beda dengan pedas masakan kita yang biasanya berasal dari cabai. Ukuran ayamnya lebih besar dari ayam kebanyakan, kebetulan saya mendapat ayam bagian dada. Dagingnya empuk dan bumbu terasa hingga ke dalam. Enak iya.. makanya wajar jika menu ini menjadi menu terlaris di Chicking Restoran.

Lanjut saya mencoba Chicking Rice yang menjadi pasangan Flaming Grilled Chicken. Kita bisa menyebut Chicking Rice sebagai nasi kuning karena warnanya memang kuning. Tapi nasi kuning ini berbeda dengan nasi kuning yang kira kenal karena berasnya bukan beras lokal. Beras yang digunakan untuk Chicking rice adalah beras Arab atau beras Basmati. Butiran berasnya panjang-panjang dan setelah matang tidak lembek seperti beras kita.

 
Beras Basmati dimasak menggunakan rempah-rempah seperti di Chicking resto. Mengambil inspirasi dari nasi Biryani, Chicking Rice terasa gurih namun tidak spicy. Harum rempahnya terasa sampai suapan terakhir. Saya memakan Chicking Rice tanpa dicampur dengan ayam karena saya menyukai rasa asli dari Chicking Rice yang tidak tercampur dengan rasa ayam. Saya bisa menghabiskan dua porsi nasi ini lho saking enaknya. Buat saya rasa Chicking Rice ini juara.

Original Fried Chicken menjadi sasaran saya selanjutnya. Secara fisik, original fried chicken ini sama dengan ayam di restoran cepat saji lainnya.. kulitnya diselimuti tepung dan digoreng garing, namun warnanya lebih coklat dari ayam cepat saji lain. Rasa Chicking Fried Chicken lebih pedas dan meski digoreng namun tak ada minyak sisa gorengan di ayamnya.. jadi ayamnya kering gitu. Sama seperti flamming grilled chicken, bumbu di fried chicken juga meresap sampai ke dalam daging.


Apa rasanya makan tanpa minum. Chicking Resto punya minuman unggulan Dubai Freeze yang tersedia dalam 2 varian yaitu Passion Fruit dan Green Apple. Untung saya bisa mencoba dua minuman ini supaya dapat membedakan rasanya. Passion fruit rasanya lebih manis karena ada campuran jeruknya, sementara untuk green apple tidak terlalu manis. Kedua minuman ini sama dicampur daunt mint dan lemon yang bikin rasanya makin segar. Saya lebih menyukai Green Apple.

Makanan apa lagi yang biasanya ada di restoran cepat saji selain ayam? Yessss kentang goreng alias French Fries. Di Chicking resto ada kentang goreng dalam 2 varian yaitu original dan kentang yang dilapisi bubuk Tandori yang disebut Tandori Fries. Kalau kentang rasa original sudah biasa, cobalah Tandori Fries yang rasanya asin pedas karena dibalur campuran bubuk cabai. Jika Anda ke Chicking cobalah Tandori Fries untuk rasa kentang goreng yang tidak biasa.


Masih banyak menu unggulan Chicking lainnya yaitu Big Beef Burger, Tandori Burger, Royal Crunchy, Royal Wrap, Crunchy Supreme dan Chick Pops. Tapi yang patut Anda coba adalah kopi Arab. Untuk penyuka kopi yang doyan kopi tradisional yang rasanya pahit, mungkin akan aneh menyeruput kopi Arab ini karena kopi Arab ini rasanya pedas akibat campuran kapulaga di dalamnya. Rasa kopi Arab tidak sepahit kopi lokal, tapi rasa pedas Kapulaga membuat rasanya fantastis di lidah. 

Jika Anda mencari makanan cepat saji yang berbeda, Chicking Ayam Top Dubai yang punya tagline It's My Choice ini bisa jadi pilihan. Cusss langsung ke Mall@Bassura lantai 2 Jl Basuki Rahmat Jakarta Timur atau ke QBig Mall Ground Floor Lulu Hypermarket Jl BSD Raya Utama, Bumi Serpong Damai Tangerang. Untuk di Surabaya Anda bisa ke Royal Plaza Surabaya Ground Floor A1-18 Jl A Yani 18 Surabaya. 


2 komentar:

  1. Dubai Breeze nya bikin seger. Apalagi setelah menyantap Original Fried Chicken

    BalasHapus