Minggu, 19 November 2017

Move Right, Eat Right dan Drink Right Untuk Gerakan Indonesia Sehat



Pernah ngebayangin kalo tubuh kita tanpa air? Pasti nggak pernah lah ya. Air buat tubuh kita tuh penting banget. Dalam sehari kita mesti minum berapa gelas? 8 gelas yak. Tanpa air tubuh akan dehidrasi dan kulit jadi kering, kita gampang lelah, konsentrasi berkurang dan yang parahnya lagi nih.. pencernaan dan ginjal bisa terganggu.


Kegunaan air sendiri bagi tubuh diantaranya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun bukan juga karena tubuh kita butuh air maka kita bisa minum sembarangan. Tetep ya kita harus memperhatikan apa yang kita minum. Jangan banyak minuman bersoda juga mentang-mentang kita butuh cairan. Tetep ya harus Drink Right.

Nah soal drink right, saya hadir di acara Kampanye Gerakan Indonesia Sehat (GIS) bersama Le Minerale dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada tanggal 16 November 2017. Kampanye ini sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2016 dan tahun ini dilanjutkan lagi. Tahun ini Le Minerale akan menggelar Le Minerale Water Run 2017 sebagai salah satu bagian dari kampanye GIS ini pada 26 November 2017. 

Ada 3 pilar dalam Gerakan Indonesia Sehat (GIS) yaitu Move right, Eat Right dan Drink Right. Move right adalah olahraga secara teratur, eat right adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dan drink right adalah mengonsumsi air minum yang mengandung mineral alami. Tiga pilar ini menjadi panduan dalam memulai gaya hidup sehat dengan benar. 

Menurut dr Ulul Albab SpOG yang hadir di acara kemarin, ada 3 tipe orang Indonesia diliat dari sisi gaya hidup sehat yaitu orang yang ingin hidup sehat tapi tidak peduli, orang yang ingin hidup sehat tapi nggak tau caranya dan orang yang ingin hidup sehat tapi caranya salah. Dengan sosialisasi 3 pilar diharapkan ketiga jenis orang ini akan menjadi orang-orang yang benar-benar menerapkan gaya hidup sehat.

Terus gimana sih pentingnya air mineral bagi tubuh dan bukan hanya air putih biasa? Dr. Ulul mengatakan bahwa kandungan zat mineral dalam air mineral berfungsi mengoptimalisasi proses kimia dalam tubuh. Mineral juga berfungsi sebagai kofaktor dan katalisator bagi kerja orang-organ tubuh manusia. 

Kemarin ada dokter Reisa Broto Asmoro juga. Tau kan.. dokter cantik yang sedang hamil ini biasa mengisi acara Dokter Oz di sebuah televisi swasta nasional. Sebagai ibu yang sedang hamil, dokter Reisa merasakan benar manfaat air mineral. Kita tau kalo ibu yang sedang hamil itu butuh asupan gizi lebih dari yang lain dan makanan serta minuman yang masuk ke tubuh juga harus lebih diperhatikan karena berefek pada bayi nantinya.

Karena itu dokter Reisa nggak mau sembarangan memakan makanan dan minum cairan. Dokter Reisa bilang karena ia gampang dehidrasi maka ia selalu menyediakan air di sampingnya terlebih ia sering bekerja di ruangan yang ber-AC. Dokter Reisa sampai punya botol khusus lho, di mana dari botol ini ia bisa tau sudah minum berapa banyak dalam sehari. 

Terus meski sedang hamil, dokter Reisa juga tetep berolahraga. Kan banyak tuh ya olahraga untuk ibu hamil. Ia bilang olahraga emang biasa ia lakukan dan aktifitas ini tidak terhalang gara-gara ia hamil. Justru karena sering berolahraga, ia merasakan tubuh tak mudah lelah dan kerja jadi nggak terganggu. Kan kita tau ya kalau ibu hamil suka merasa lelah. Move right, eat right dan drink right benar-benar dilakukan oleh dokter Reisa. 

Edukasi mengenai move right, eat right dan drink right akan dilakukan oleh Le Minerale pada acara Le Minerale Water Run 2017 pada 26 November besok. Ini acara fun run sebenernya, jadi acara lari-lari hepi… bukan lari dari kenyataan hehehe. Le Minerale Water Run terdiri dari 2 konsep yaitu fun run 5K dan family run 2K. Kita boleh memilih untuk ikut di fun run yang mana, yang penting sesuai dengan kemampuan. 

Di acara ini bisa cek kesehatan gratis juga lho. Oh ya acaranya akan bertempat di FX Lifestyle Center Sudirman. Mau ikutan? Silakan cussss buka http://gerakanindonesiasehat.id/ untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar