Sabtu, 25 November 2017

Blue Bird dan Essilor beri Kacamata Gratis untuk 500 Pengemudi Blue Bird



Menjadi seorang pengemudi, fisik harus kuat dan panca indra dalam kondisi baik. Pada seorang pengemudi taksi, apa yang paling harus diperhatikan? Kondisi fisik, mental dan panca indra terutama mata. Penglihatan penting bagi seorang pengemudi. Ia harus bisa melihat kondisi jalan dengan jelas karena ini menyangkut keselamatan dirinya dan penumpang yang di bawanya. 


Blue Bird sebagai perusahaan taksi terbesar di Indonesia menyadari pentingnya penglihatan pada seorang pengemudi, maka bertepatan dengan World Sight Day atau hari penglihatan sedunia, Blue Bird menyelenggarakan kampanye Safety Riding Campaign. Dalam kampanye ini Blue Bird bekerja sama dengan Essilor. Ada sekitar 500 driver yang ambil bagian dalam kampanye ini. 

Pada Kamis 23 November kemarin, saya datang ke kantor pusat Blue Bird di bilangan Mampang Jakarta Selatan untuk melihat pemeriksaan mata para driver dilakukan. Pemeriksaan mata gratis dan pemberian kaca mata gratis merupakan bagian dari kampanye ini. Terlihat para driver sangat antusias mengikuti pemeriksaan mata gratis.


Bapak Andrianto Djokosoetono selaku Direktur PT Blue Bird Tbk mengatakan bahwa kegiatan ini memang sengaja dilakukan demi meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang. Kesehatan pengemudi merupakan faktor yang harus diperhatikan secara khusus makanya, pengecekan kesehatan rutin dilakukan oleh PT Blue Bird.


Kecelakaan di jalan raya terjadi karena banyak sebab, salah satunya karena tidak fokusnya pengemudi pada keadaan di jalan raya. Nah kalo pengendara ini lagi bawa penumpang kan lebih repot lagi urusannya. Karena keamanan penumpang juga wajib diperhatikan. Cuman saya jarang banget mendengar taksi Blue Bird mengalami kecelakaan di jalan. Belakangan saya tahu ini karena perusahaan sangat aware dengan kesehatan pengemudinya dan kondisi kendaraannya.


Mr Peter Pelnis selaku Country Manager Essilor Indonesia mengatakan bahwa Essilor memandang penting kesehatan mata bagi para pengemudi makanya mendukung penuh kampanye Blue Bird ini. Essilor membawa perlengkapan pemeriksaan mata nya ke kantor Blue Bird dan membawa pula para staff nya. Nantinya, driver yang membutuhkan kacamata akan diberikan lensa dan frame gratis dari Essilor. 


Untuk sementara program pemeriksaan mata ini dilakukan di wilayah Jakarta dan sementara hanya untuk driver dengan syarat tertentu, misal berusia 40 tahun. Karena di usia ini, penglihatan matasudah berkurang. Namun nantinya, pemeriksaan mata akan dilakukan untuk driver secara umum dan tidak terbatas dengan usia.


Ada 2 tahapan pemeriksaan mata yang dilakukan oleh para driver. Yang pertama, mata diperiksa melalui mesin. Dari mesin ini langsung keluar data mengenai mata kita. Berapa minusnya.. atau berapa silindernya, langsung tercetak. Kemudian ada pemeriksaan mata secara manual. Berdasarkan hasil pemeriksaan pada mesin tadi, dicocokin deh sama yang manual. Kadang di pemeriksaan secara manual minus nya bisa lebih tinggi dari pemeriksaan secara mesin.  


Setelah melakukan dua prosedur ini, para driver tinggal menunggu kacamata gratis yang bisa datang seminggu kemudian. Kan kacamatanya dibikin dulu gitu. Banyak pengemudi yang ternyata matanya sudah bertambah minusnya atau malah tadinya nggak minus eh sekarang udah minus. Makanya pemeriksaan mata ini bermanfaat banget.

Para media dan blogger yang hadir kemarin juga boleh memeriksa mata secara gratis. Saya ambil kesempatan ini untuk memeriksa mata saya. Ahamdulillah ya.. kondisi mata saya masih baik. Ada minusnya sih tapi masih kecil. Staff Essilor mengingatkan saya agar rajin makan buah dan sayuran agar minus mata saya nggak bertambah.

4 komentar:

  1. Haduh kondisi mata saya juga sudah memprihatinkan kalau lagi belajar di kelas mbak. Tapi bandel enggak mau pakai kacamata. Karena capek kalau pakai kacamata.

    BalasHapus
  2. baru baca blog pribadimu. mbak... aku baru bikin blog nih.. mampir yakss

    https://sisimurung.blogspot.co.id/2017/11/top-ten-interview-questions-dan-cara.html?m=1

    BalasHapus
  3. Iya..ternyata yg perlu diperiksa matanya dan pake kacamata bukan cuma driver Blue Bird..hiks..aku jg

    BalasHapus
  4. Mata saya pun sejak smp min 3 tapi malas banget pakai kacamata.

    BalasHapus