Jumat, 29 September 2017

Hotel Grand Tjokro Jakarta, Hotel Bernuansa Jawa



Jakarta punya banyak sekali hotel karena tingkat kebutuhan akan penginapan cukup tinggi. Orang butuh menginap di Jakarta sebagian karena urusan bisnis, sementara sebagian lain adalah untuk berwisata. Hotel Grand Tjokro adalah sebuah hotel yang terletak di Jl Daan Mogot no 63 Tanjung Duren Utara Grogol Petamburan Jakarta Barat.


Ada di bawah naungan SAS Hospitality, hotel operator yang memiliki 7 properti yaitu Grand Tjokro Premiere di Bandung. Grand Tjokro di Jogjakarta, Jakarta dan Balikpapan. Tjokro Hotel di Klaten dan Pekanbaru dan Tjokro Style di Jogjakarta. 

Saya mengunjungi hotel ini bersama para blogger dari BloggerCrony Community pada 23 September lalu. Lokasi hotel cukup strategis, dekat dengan studio TV Indosiar dan Mal Ciputra. Kalo kita menginap di sini dan mau belanja belanji tinggal cussss ke Mal Ciputra, jarak sekitar 10 menitan menggunakan kendaraan. Hotel ini juga dekat dengan bandara Soekarno Hatta.

 
Jajanan Pasar di Restoran Hotel

Setelah kami datang, kami diajak sarapan di restoran hotel. Restoran cukup ramai dengan tamu hotel yang sarapan. Hidangan berjajar di sisi kiri dan kursi serta meja diletakkan di sisi kanan. Saya terbiasa melihat semua hidangan sebelum memutuskan untuk makan. Kalau ada bubur ayam, saya akan mengambilnya sebagai makanan pertama. Yap… ternyata di restoran ini ada.

 
Makanan di restoran ini terdiri dari makanan Internasional, asia dan Indonesia. Saya tersenyum melihat jajanan pasar Indonesia ada di restoran ini. Ada klepon dengan warna hijau berbalut kelapa ditempatkan dalam wadah anyaman bambu. Ada pula lemet yang dibungkus dengan daun pisang. Wajik juga ada. Penganan ini biasa kita lihat di pasar tradisional, sekarang “naik kelas” jadi menu sarapan di hotel bintang empat.


Bukan itu saja, di meja tersendiri ada jamu yang disediakan juga. Ada 3 botol jamu tersedia yaitu kunyit asam, beras kencur dan air jahe sebagai pemanis. Di sebelah meja jamu ada seorang perempuan sedang meracik makanan. Makanan apakah? Doclang namanya. Doclang adalah makanan khas Bogor. Tampilannya mirip ketoprak. Ketupat dan bihun serta tahu akan disiram dengan kuah kacang. Lalu ditambahkan kecap.

 
Saya mengambil potato wedges sebagai sarapan berikutnya. Ini adalah kentang yang dipanggang hingga kering. Nggak makan nasi? Nggak. Saya selalu sarapan tanpa nasi dan menggantinya dengan mie atau kentang. Bukan karena diet, namun saya tidak biasa makan nasi ketika sarapan.

 
Bila Anda tak ingin makan berat, ada aneka roti tersedia untuk sarapan. Roti croisant, roti isi coklat atau roti bun tersedia di sini lengkap dengan aneka olesannya. Saya menyomot roti favorit saya, croissant. Bolu gulung juga disediakan. Warna hijaunya sungguh menggugah selera. Saya melihat ke teman-teman blogger lain, mereka sedang menyantap sarapan dengan asyiknya. 

Setelah sarapan kami ke lobby dan berbincang sebentar dengan bapak Guruh Pranoto sebagai Director of sales, Bapak Bram selaku F&B Manager dan bapak Dedi Rosadi Grand Manager Hotel Grand Tjokro Jakarta. Tak lupa mbak Anisa Nurfitria, PR dan Sales MICE hotel Grand Tjokro Jakarta. 


Fasilitas Hotel Grand Tjokro Jakarta

Hotel ini berbintang 4 terdiri dari 10 lantai dengan 147 kamar yang terbagi dalam tipe Superior, Deluxe dan Suite. Ornamen ukiran menghiasi bagian-bagian hotel yang membuat hotel ini terasa etnik banget. Warnanya juga didominasi coklat tua dan coklat muda, warna yang akrab dengan budaya jawa. Sesuai nama hotelnya yang jawa banget.


Setelah sarapan dan beramah tamah, hotel tour adalah acara kami selanjutnya. Saya tak sabar ingin melihat kondisi kamar di Hotel Grand Tjokro ini. Kalo udah ke hotel tuh bawaannya pengen nginep aja deh kalo udah liat kamar-kamar. Kamar yang pertama kami lihat adalah tipe Deluxe. Kamar dirancang minimalis tapi tetap kental dengan nuansa jawa.

Bed nya twin. Untuk bed kita bisa minta kepada pihak hotel mau yang twin atau double namun saat check in akan dicek ketersediaan bed nya. Teh dan kopi merupakan fasilitas standar yang ada di tiap kamar. Brankas juga tersedia. Kamar standar di hotel ini adaah superior sementara tipe tertinggi adalah suite. Untuk family bisa menginap di tipe suite karena lebih lebar dan ada family room. 


Toiletries juga ada di tiap kamar, berikut hair dryer. Saya suka nih kalau bathroom ada hair dryernya, jadi nggak susah mengeringkan rambut seusai keramas. Bathtub tersedia di room tipe suite. TV dan wifi tersedia juga di tiap kamar. Menginap di sini akan bikin kita tetep eksis di sosmed.

Hotel Grand Tjokro Jakarta juga punya kolam renang di lantai 2. Para tamu bebas berenang di sini. Ada juga gym buat kita berolahraga. Kalau mau pijat cantik setelah beraktivitas seharian ada spa yang siap memberikan service. Grand Tjokro Jakarta juga punya beberapa room untuk meeting. Dari yang ukuran kecil sampai tipe ballroom. Ballroom bisa digunakan buat wedding party juga. Ruang meetingnya diberi nama ala Indonesia. Ada Singasari (1, 2, 3), Sriwijaya, Pajajaran, Gowa Makassar dan Kutai.

 
Fun day di Hotel Grand Tjokro

Belum puas memberikan kami kesenangan saat berkunjung, Hotel Grand Tjokro mengajak kami bermain dalam Cake Decorating Battle. Sesuai dengan namanya, ini adalah permainan menghias kue. Yang dekorasi kuenya paling menarik itulah yang menang. Blogger datang ke Grand Tjokro membawa keluarganya maka ini adalah battle antara keluarga blogger.

 
Gimana berlangsungnya battle? Seru banget. Teman-teman sungguh punya daya kreasi tinggi. Kue polos dihias dengan topping yang telah disediakan dan akhirnya menjadi kue-kue yang menarik. Chef Grand Tjokro yang hadir sebagai juri aja sampai berdecak kagum dengan kreasi para blogger. Kayaknya bisa dijadikan side job ya cake decorating ini. Lebih asiknya lagi kue yang sudah kami hias bisa dibawa pulang. Wah bisa buat makan cemilan nih di rumah. Really a fun day at Hotel Grand Tjokro. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar