Sabtu, 09 September 2017

Belanja Online di Sini Tenang Karena Halal



Pasar e-commerce di Indonesia teramat besar. Kita sudah terbiasa berbelanja secara online karena sisi kepraktisan. Namun.. jika menyangkut masalah halal dan haram nggak semua e-commerce memenuhi kriteria ini karena halal itu bukan cuma dari sisi produk tapi dari sisi pembayaran juga. As we know.. transaksi dalam kartu kredit tidak dibolehkan dalam agama Islam karena menyangkut riba. 


Untuk menjamin sebuah produk itu halal, harus ada sertifikat resmi dari badan resmi di Indonesia,dalam hal ini MUI. Saya kalau mau membeli sebuah produk selalu saya cek dulu BPOM, nomor Depkes dan logo halalnya. Kalo udah liat 3 hal ini baru deh saya beli, walaupun brand produknya sudah terkenal. Oh iya.. saya juga akan cek masa kadaluarsa produk tersebut. Makanan yang kita makan itu berpengaruh untuk kesehatan, maka kudu hati-hati kita.

Besarnya pasar e-commerce dan kepedulian tentang faktor halal, membuat PT Galaksi Dunia Halal meluncurkan duniahalal.com pada Rabu 6 September 2017 lalu di Kemang89 Jakarta. PT Galaksi Dunia Halal itu sendiri didirikan pada Januari 2017 oleh tim yang telah berpengalaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Duniahalal.com adalah e-commerce berbasis halal pertama di Indonesia.

(dok.dede ariyanto)
Hadir dalam acara kemarin Bapak Ndang Sutisna selaku Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal, bapak Agung Suryatno Managing Director duniahalal.com, Prof Dr KH Ahmad Satori Ismail MA Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia dan pakar ekonomi syariah. 

Bapak Ndang Sutisna mengatakan bahwa dunia serba digital termasuk aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang, dengan jumlah ekonomiyang terus bergerak maju, kami yakin bisnis e-commerce khususnya belanja online akan terus tumbuh, katanya. 

(dok.Dede Ariyanto)
Karena berbasis halal, maka semua produk yang dijual serta cara bertransaksi di dunahalal.com dijamim kehalalannya. Walau baru diresmikan, duniahalal.com telah berani menargetkan memiliki produk sebanyak 100 ribu produk dengan nilai traksaksi sebesar 1 Trilyun di tahun pertama. Target ini bukan asal dibuat, tapi sudah melalui perhitungan matang dengan dasar data dari Badan Pusat Statistik yang mengatakan bahwa dalam 10 tahun terakhir industri e-commerce tumbuh sekitar 17 persen.

Pun dengan pertimbangan matang bahwa pasar muslim di Indonesia teramat besar. Jumlah penduduk Indonesia ada 261 juta jiwa dan pemeluk agama Islamnya mencapai 80 persen dari jumlah penduduk ini. Potensi pasar yang 80 persen inilah yang coba diraih oleh duniahalal.com.


Apa aja sih kelebihan duniahalal.com?

Duniahalal.com berbasis aplikasi namun bisa juga dibuka melalui website. Sebuah belanja online harus mengedepankan kemudiahan dalam berbelanja dan jenis fitur yang lengkap, selain banyaknya jenis produk juga menjadikan daya tarik bagi para pembeli. Yuk utak-atik apa sih yang ada dalam duniahalal.com.

Saya membuka duniahalal.com melalui website. Ketika membuka duniahalal.com langsung terpampang promo diskon 80%. Wah emak-emak langsung hepi nih liat yang diskon-diskon. Produk-produknya terbilang lengkap, ada fashion, kecantikan, produk herbal, produk herbal, perlengkapan ibadah, elektronik dan lain-lain. Bisa beli pulsa dan melakukan pembayaran listrik, air dan BPJS juga lho. Setiap produk diberikan penjelasan detail yang bisa kita baca jika kita klik kotak gambar produknya. 


Sebagai e-commerce, duniahalal.com bukan hanya menual produk juga menjadi sarana beribadah. Caranya adalah dengan menambahkan fitur “Halo Ustad” nantinya. Di fitur ini kita bisa bertanya pada ustad yang bisa kita pilih, mengenai hal-hal soal ibadah dan keislaman. Duniahalal.com juga bekerjasama dengan 4000 mesjid. Nantinya kita bisa melihat acara apa aja yang diadakan oleh mesjid-mesjid ini. 

Di fitur Wisata Halal tersaji lengkap paket-paket wisata ke beberapa negara. Namanya juga wisata halal maka makanan yang kita makan di dalam paket wisata ini dipastikan halal. Kadang kalo kita mau jalan-jalan ke Eropa yang menjadi kendala adalah menemukan makanan yang halal. Dengan mengkuti wisata halal dari duniahalal.com, kekhawatiran akan kesulitan menemukan makanan halal tak akan terjadi. 

(dok.Dede Ariyanto)

Apa produk-produk dalam duniahalal.com bener-bener halal? Ya tentu, ada prosedur khusus yang membuat sebuah produk bisa dijual di duniahalal.com. Duniahalal.com melakukan screening pada produk-produk yang akan dijual mulai dari asal produk sampai pembayaran produk. Pengecekan dilakukan secara detail mulai dari proses pemotongan hewan sampai proses pengemasan produk. Semuanya harus seusai dengan syariat Islam. 

Untuk menjadi seller di duniahalal.com, sebuah produsen utamanya memiliki sertifikasi halal. Ini akan mempermudah proses screening, tapi kalo UKM yang belum punya sertifikasi halal tetep kok didampingi. Ini salah satu cara duniahalal.com ikut memajukan UKM melalui jalur yang disesuaikan dengan syariat Islam. 


Nah sebagai orang yang suka berbelanja online, bisa dicoba untuk berbelanja di duniahalal.com. Karena berbelanja di duniahala.com bukan hanya membeli produk yang dijamin kehalalannya tapi juga artinya kita ikut serta memajukan perekonomian dengan dasar syariat Islam dan memajukan industri pasar muslim.

2 komentar:

  1. Wih enak yah. Kelebihannya banyak dan halal lagi.

    BalasHapus
  2. Semoga makin sukses dan tujuannya memajukan/ meningkatkan perekonomian umatnya tercapai

    BalasHapus