Kamis, 08 Juni 2017

Tetap Bersih dan Sehat Walau Menstruasi



Menstruasi adalah kodratnya perempuan. Menstruasi menjadi salah satu tanda seorang perempuan itu kondisinya sehat dan tumbuh berkembang. Menstruasi pertama kali terjadi di rentang usia 10-15 tahun di mana di usia ini organ-organ reproduksi perempuan seperti indung telur, sel telur, tuba fallopi, rahim, serviks dan vagina siap untuk mengalami proses pembuahan. Kalau pembuahan tak terjadi maka sel telur akan pecah dan luruh bersama lapisan dinding rahim yang jadi tempat berkumpulnya darah. Peluruhan ini namanya menstruasi.


Tapi ada lho perempuan yang tidak mengalami menstruasi. Perempuan ini tidak mempunyai organ reproduksi yang lengkap. Nah perempuan yang tidak mengalami menstruasi tak bisa hamil. Karena itu bersyukurlah para perempuan yang rutin mendapat menstruasi. 

Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi 

Saya hadir di acara blogger gathering tentang Hari Kesehatan Menstruasi pada tanggal 31 Mei 2017 di bilangan Kuningan Jakarta yang diadakan oleh Mundipharma selaku produsen Betadine Feminine Hygiene. Ternyata tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kesehatan Menstruasi. Saya baru tau loh. Senang yaaa pemerintah sangat peduli pada kesehatan perempuan. 

Kenapa pemerintah begitu memperhatikan soal mentruasi? Karena banyak orang yang masih menganggap remeh pentingnya kesehatan saat menstruasi dan masih banyak perempuan yang begitu terbatas aksesnya pada fasilitas untuk membersihkan diri. Dr. Eni Gustina Direktur Kesehatan Keluarga dari Kemenkes  menjelaskan soal Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).


MKM ini perlu diketahui oleh perempuan, anak perempuan dan laki-laki. Loh.. kok laki-laki perlu tau? Karena laki-laki juga mengalami proses pubertas yang bisa berdampak pada perempuan. Pengetahuan laki-laki soal menstrusi juga bisa membuat mereka memberi dukungan pada keluarga atau teman yang sedang mengalami menstruasi. Juga bisa membuat mereka melakukan kebijakan yang berpihak pada perempuan. 

MKM adalah hak perempuan dan anak perempuan namun seringkali perempuan tidak dilibatkan ketika membuat keputusan soal air dan sanitasi. Padahal ini penting sebagai sarana untuk membersihkan diri. Darah yang keluar saat menstruasi merupakan tempat yang mudah dihinggapi bakteri. Bakteri ini bisa menyebabkan macam-macam penyakit. Makanya saat menstruasi penting buat perempuan menjaga kebersihannya.

Contoh kecilnya nih.. belum semua toilet menyediakan tempat untuk membuang pembalut dan masih ada toilet yang digunakan campur untuk laki-laki dan perempuan. Kebanyakan toilet seperti ini adanya di sekolah di mana anak-anaknya justru lagi ada di masa pubertas. Lebih mengenaskan lagi kadang aliran air di toilet inipun tak lancar padahal air adalah wajib untuk membersihkan diri. Usaha perempuan untuk membersihkan diri jadi terkendala.

(dok.alibaba.com)

Efek menstruasi sendiri pada perempuan itu berbeda-beda. Waktu saya masih sekolah, saya sering mengalami sakit perut di awal menstruasi. Ini cukup mengganggu aktivitas saya. Untungnya sakit perut ini menghilang saat saya ada di dunia kerja. Sekarang pun masih banyak yang mengalami sakit perut jika mengalami menstruasi padahal dia sudah ibu-ibu. 

Pada anak sekolah, menstruasi bisa menimbulkan rasa tertekan dan cemas yang pada akhirnya akan mengganggu aktivitas mereka di sekolah. Hal ini biasa disebut dengan PMS atau Pre Menstrual Syndrome yaitu gejala-gejala yang dirasakan tubuh perempuan sebelum mengalami menstruasi. Selain cemas dan sakit perut, PMS juga berakibat pada mood yang naik turun. Perempuan yang mengalami PMS biasanya gampang marah. 

Untuk mengurangi dampak menstruasi pada perempuan, Kemenkes berupaya memberikan pendidikan dan pelayanan kesehatan juga pembinaan lingkungan sekolah sehat. Salah satunya adalah memberi pembinaan tentang pentingnya toilet laki-laki dan perempuan yang terpisah. Pentingnya menyediakan pembalut dan menyediakan tempat sampah untuk membersihkan pembalut juga harus tersedia air mengalir dan sabun. 



Tetap bersih selama menstruasi

Di kesempatan selanjutnya, dr Botefilia SpOG KFER memberi penjelasan soal menstruasi dari sisi medis. Menstruasi yang normal terjadi 1 kali dalam 1 bulan.. rutin ini ya. Jadi kalau ada yang haidnya 1 dalam 3 bulan atau 3 kali dalam sebulan harus buru-buru cek dokter tuh. Takutnya ada penyakit atau masalah di dalam tubuh yang membuat haid jadi tidak lancar. 

Bukan nakutin ya.. ada seorang teman yang haidnya tidak teratur. Ia haid 3 bulan sekali, begitu cek ke dokter ternyata ada kista dalam rahimnya.. serem kan.Interval menstruasi normal adalah 21 sampai 35 hari. Lama mentruasi 3-7 hari. Jumlah darah haid normal adalah 25-60 ml. Ada mitos ya kalau mau menstruasi cepat selesai maka minum soft drink. Ini salah banget. 

Dr. Botefilia memberikan 6 tips buat menjaga vagina tetep sehat yaitu:
- Zona dalam vagina tidak perlu sabun
- Tidak perlu panty perfume
- Periksa ke Ginekologi minimal 1 tahun sekali
- Pakai underwear katun
- Ganti pembalut beberapa jam sekali
- Pertahankan pH vagina yang sehat : 3,5 - 4

Nah sekarang gimana cara menjaga kebersihan saat menstruasi? Begini caranya :
- Mengganti pembalut secara berkala maksimal 3-4 jam sekali
- Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut
- Menggunakan pembersih antiseptik kewanitaan terutama pada bagian pubis
- Membasuh area intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik



Betadine Feminine Hygiene

Betadine Feminine Hygiene adalah pembersih area kewanitaan yang mengandung Povidone Iodine. Ini dalah zat antimikroba yang efektif untuk menghadapi patogen yaitu bakteri, virus dan jamur. Saat menstruasi jumah bakteri buruk kan tinggi ya. Bakteri buruk ini berpotensi mengakses daerah leher rahim. Pada saat menstruasi juga bisa terjadi kontaminasi bakteri dan jamur yang mengakibatkan rasa gatal, terbakar, iritasi dan bau nggak sedap serta keputihan.
 
Penggunaan antiseptic khusus  kewanitaan dibolehkan saat menstruasi namun pakai secukupnya dan saat dibutuhkan saja. Betadine diproduksi oleh Mundipharma yaitu jaringan global perusahaan farmasi yang masing-masing berdiri secara independen. Mundipharma telah berpengalaman ebih dari 60 tahun dan mempunyai jangkauan pemasaran di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar