Rabu, 10 Mei 2017

Sambut Ramadhan Dengan Bersih-Bersih 1001 Masjid



Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Biasanya menjelang bulan Ramadhan orang-orang banyak melakukan bersih-bersih. Entah itu membersihkan rumah atau membersihkan mesjid. Tujuannya agar ibadah di bulan Ramadhan nanti berlangsung lancar dan nyaman. Ibadah di tempat bersih dan nyaman akan menambah kekhusyu’an kita.



Pada tanggal 3 Mei 2017 kemarin saya dan teman-teman dari BloggerCrony datang ke Mesjid Sunda Kelapa di bilangan Menteng Jakarta. Ada launching program “Bersih-Bersih 1001 Masjid”. Rencananya ada bapak Jusuf Kalla yang akan membuka program ini. Walau baru dibuka, tapi kegiatan Bersih-Bersih 1001 Masjid sudah berlangsung sejak 21 April dan akan berakhir pada 23 Mei 2017.

Kegiatan Bersih-bersih 1001 Masjid diadakan di 33 kota/kabupaten di 11 provinsi di Indonesia. PT Unilever Indonesia memfasilitasi kegiatan ini dengan memberikan produk home care andalannya yaitu Vixal, Rinso, Superpell dan Molto. Produk home care ini kan sering kita pakai di rumah juga ya. 


Pak Jusuf Kalla datang saat jam menjelang jam 10 pagi. Diiringi rombongan, Pak JK memasuki ruangan sambil bersalaman dengan yang hadir. Dalam sambutan singkatnya Pak Jk bilang bahwa memnjaga kebersihan masjid adalah sebuah keharusan. Bersih saya sudah jadi kewajiban apalagi membersihkan masjid, kata pak JK. Makanya pak JK menyambut baik program ini.


Pak JK pergi setelah menyampaikan kata sambutan. Maklum ya Pak JK kan sibuk banget makanya ia harus kembali menjalani jadwal yang sudah ditetapkan. Saya tak sempat bersalaman dengan pak JK. Pak JK jalannya cepat sekali.

Penentuan masjid yang ikut serta dalam program ini adalah berdasarkan musyawarah kesepakatan antara pengurus daerah setempat dengan dewan masjid. Diusahakan nantinya di setiap propinsi, masjidnya ikut program Bersih-bersih 1001 Masjid. Di Jakarta sendiri ada 131 masjid yang ikut program ini. Pak H Andy Mapaganti, selaku Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia bilang masyarakat menyambut antusias program ini.


Pak Andy berharap program ini dapat terlaksana setiap tahun. Kalau terlaksana maka kita bisa mengawali bulan Suci Ramadhan dengan bersih hati dan bersih masjid, katanya. Dude Herlino adalah seorang selebriti yang punya ketaatan tinggi dalam beribadah. Mas Dude Herlino ini ternyata aktif di masjid At Tin Jakarta.

Mas Dude punya niat menggerakkan para pemuda untuk datang ke masjid. Ia juga senang Unilever bukan cuma memakmurkan tapi juga membersihkan masjid. Mas Dude mengajak kita untuk terus membersihkan masjid walau tak mendapat bantuan. Jangan pamrih supaya dapat pahala dari Allah SWT, katanya.

Mas Dude juga adalah seorang ayah yang baik. Ia sering membawa anaknya ke masjid. Bagi mas Dude, anak wajib mengenal masjid sejak dini karena masjid bukan hanya pusat ibadah tapi juga pusat pembelajaran dan pusat silaturahmi. Mengenal masjid sejak dini akan berpengaruh pada mental dan kepribadian anak. 



Sementara pak Willy Saelan, Human Resources Director PT Unilever Indonesia Tbk, bilang bahwa PT Unilever senang diberi kesempatan untuk berbuat sosial pada masyarakat. Unilever menyumbangkan produk dan alat-alat kebersihan. Alat disumbagkan juga karena ada produk-produk yang harus digunakan dengan memakai alat. Misalnya harus memakai masker dan lain-lain.

Produk-produk dari Unilever tentu saja sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI. Pak Willy berharap kegiatan ini menjadi inspirasi bagi banyak umat muslim sehingga melakukan hal yang sama bagi masjid di sekitar lingkungan mereka. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat pada lingkungan sekitar.

Oh ya.. ada kabar gembira buat para Marbot. Sekarang Pemda DKI Jakarta menganggarkan honor tiap bulan buat para Marbot. Marbot di Jakarta jumlahnya ribuan karena di satu mesjid bisa terdiri dari 2-4 marbot. Pemda DKI sudah menganggarkan 6,5 milyar untuk honor para marbot. Alhamdulillah ya.

PT Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 1933. Unilever Indonesia memiliki 39 brand yang terbagi dalam kategori Personal Care, Home Care, Food dan Refreshment. Pada tahun 2016 seluruh pabrik Unilever Indonesia sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar