Senin, 17 April 2017

Ragam Budaya Indonesia Dalam Uzone Stop Motion Competition 2017



Saya selalu suka dengan berbagai hal yang berhubungan dengan Indonesia. Betapa negara kita sungguh kaya dengan alam dan keberagaman budayanya. Tahukah.. Indonesia itu rumah dari 1340 suku yang bermukim di sekitar 13.466 pulau. Berbeda ras, budaya, bahasa dan suku agamanya. Saya tinggal di Jakarta. Betawi merupakan suku asli yang ada di sini. Saya sangat menikmati kuliner dari Betawi.



Pernah ngerasain bir pletok? Meminumnya membuat segar di badan. Bir pletok dibuat dengan proses yang cukup lama. Aneka rempah ditumbuk dan direbus lalu disaring, menghasilkan minuman berkhasiat yang menyehatkan tubuh. Seorang teman yang tinggal di daerah Sawangan, orang tuanya membuat bir pletok. Kalau sedang janjian ketemu dengan si teman, saya selalu memesan bir pletok untuk dibawa.

Sekarang yuk menengok kampung saya. Saya berasal dari Jogjakarta, daerah yang penuh dengan aneka karya seni. Kebetulan kampung saya berdekatan dengan Kasongan, sebuah pemukiman pembuat aneka kerajinan dari tanah liat. Berbagai kerajinan dari tanah liat ada di sini. Turis mancanegara sering terlihat berbelanja di daerah ini. Kalau sedang pulang kampung, saya pasti menengok Kasongan, sekedar melihat-lihat dan kadang membeli beberapa pernak-pernik uniknya. 


Menyambut Hari kebangkitan Nasional, Uzone.id kembali menggelar program tahunan Stop Motion Competition. Tahun ini Stop Motion Competition bertema “Warna Budaya, Untuk Indonesia Satu”. Dalam kompetisi ini, uzone.id mengajak masyarakat Indonesia menunjukan kearifan lokal daerah masing-masing dalam bentuk karya film stop motion.

Kenapa kearifan lokal yang menjadi temanya? Karena kearifan lokal merupakan salah satu jati diri dari suatu daerah yang biasanya tidak dimiliki daerah lainnya. Di balik keunikan tersebut tersimpan nilai kebijaksanaan yang sangat tinggi sebagai alat pemersatu bangsa. Temanya menarik kan.. hadiahnya.. udah pasti lebih menarik.

Hadiah-hadiahnya nih yaaaa… catetttt :

Juara 1        : 10 Juta + GoPro Hero5
Juara 2        : 5 Juta + Xiaomi YI 4K
Juara 3        : 3 Juta + Xiaomi YI 4K
Hadiah hiburan   : 5 Action Camera


Nah buat temen-temen yang mau ikutan, ini syarat dan ketentuanya ya  :
  1. Peserta terbuka untuk umum
  2. Video bertema "Warna Budaya Indonesia Satu" dengan durasi maksimal 60 detik untuk konten (diluar starting leader, color bar, logo, program ID, counting leader).
  3. Peserta boleh menggunakan segala jenis media perekam audio visual. Hasil audio visual harus memenuhi standar broadcast (Minimal HD 720p).
  4. Video yang dilombakan dibuat menggunakan teknik stop motion dan merupakan karya orisinil bukan hasil jiplakan/mengambil sebagian hak cipta orang lain (termasuk gambar dan audio) dan belum pernah memenangkan lomba lain dan belum dikomersialkan.
  5. Jika terdapat konten berupa video/musik/hasil karya apapun yang merupakan hak cipta milik orang lain maka peserta wajib melampirkan surat persetujuan penggunaan karya.
  6. Apabila pada kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut.
  7. Bahasa digunakan di dalam keseluruhan video adalah Bahasa Indonesia/Bahasa Asing/Bahasa daerah.
  8. Jika menggunakan Bahasa asing ataupun daerah diwajibkan untuk menyertakan subtitle (terjemahan) dalam Bahasa Indonesia.
  9. Peserta boleh mengirim lebih dari 1 video.
  10. Video stop motion tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; Kesusilaan, Moral, dan SARA, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
  11. Materi film yang diikutkan lomba diunggah ke laman yang ada di Uzone.id dengan format minimal HD 720p dengan format nama [Judul Film - #UZoneSMC2017]
  12. Materi video stop motion dibuka pada 29 Maret 2017 dan diterima panitia paling lambat pada 31 Mei 2017 dengan mengunggah video di halaman yang disediakan uzone.id.
  13. Penyelenggara berhak mempublikasikan video yg dinyatakan sebagai pemenang untuk keperluan non komersial & sosialisasi, dengan hak cipta melekat pada peserta.
  14. Keputusan dewan juri dan panitia dalam melakukan seleksi dan membuat kebijaksanaan adalah absolut dan tidak dapat diganggu gugat.
  15. Dengan mengirimkan karya, peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia.
  16. Panitia berhak mendiskualifikasi karya peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
  17. Pemenang lomba diumumkan di website dan akun media sosial uzone.id    


Setelah memenuhi syarat dan ketentuan, ini nih cara ikutnya : 

  1.  Like & Subscribe   :  Like Fanpage & Subscribe Youtube UZoneIndonesia 
  2. Create  : Buat karya berupa video stop motion dengan format MP4 bertemakan "Warna Budaya Indonesia Satu" versi kamu yang berdurasi maksimal 60 detik dan memiliki resolusi minimum 1280 x 720 pixel 
  3. Upload dan Submit  :  Login, lalu pilih "Upload Video". Pastikan ukuran maksimal video kamu adalah 100Mb. Tunggu notifikasi email dari uzone.id
  4. Share    :    Jangan lupa share di socmed kalian bahwa kalian sedang mengikuti USCM 2017 dengan menyertakan hastag #USMC2017 dan mention ke @uzoneindonesia. Karena juri akan memilih 5 pemenang hiburan dari 20 karya dengan like terbanyak untuk mendapatkan hadiah berupa ACTION CAMERA
Nah... info lebih lengkapnya klik aja >>  https://expose.uzone.id/






3 komentar:

  1. Hadiahnya cetar2 amaat.. tapi lagi ngga punya ide buat ikutan lombanya.. huhuhu :(

    BalasHapus
  2. wah keren nih lombanya, mau suruh abang ikutan ahh.. thanks ya infonya mba Yat..

    BalasHapus