Kamis, 13 April 2017

Menikmati Musik Asyik dan Seni yang Cantik di Blibli Fun Festival



Kawasan Ancol sedang digunakan orang bukan hanya untuk jalan-jalan tapi juga untuk mengadakan kegiatan. Banyak area di kawasan Ancol yang bisa digunakan untuk acara-acara besar. Sebut aja pantai Karnival, konser musik sering dilakukan di sini. Acara besar banyak diselenggarakan di Ancol karena areanya luas dan biar keluarga sekalian jalan-jalan juga. Mungkin itulah sebabnya Blibli mengadakan acara di Ancol juga.


Acara yang dihelat Blibli adalah Blibli Fun Festival 2017 (BFF 2017). BFF ini adalah festival yang berkonsep pertunjukan musik dipadu dengan penampilan karya seni dan pameran produk-produk kerajinan. Diadakan 2 hari yaitu tanggal 8 dan 9 April di Ecopark Ancol Jakarta, Blibli sebagai salah satu e-commerce terbesar di negeri ini menyajikan event terbesar dari Blibli yang pernah saya datangi.

Sabtu tanggal 8 April siang saya naik Trans Jakarta menuju Ancol. Sengaja saya nggak bawa motor, sekarang naik Trans Jakarta lebih praktis dan murah. Turun dari halte Trans Jakarta di Ancol, saya lanjutkan perjalanan menggunakan bis wara-wiri yang disediakan oleh Ancol secara gratis. Sampai di Ecopark tinggal jalan kaki menuju gerbang.


Booth tiket BFF 2017 sedang didatangi pengunjung saat saya datang. Masuk lebih jauh ke area Ecopark saya bertemu dengan petugas yang memeriksa tiket. Tiket di BFF 2017 berbentuk gelang, bisa disimpen nih jadi kenang-kenangan. Nggak boleh membawa makanan dan minuman dari luar ke dalam maka saya terpaksa menyingkir dulu guna menghabiskan makanan yang saya bawa dari event sebelumnya.

Ternyata di dalam Ecopark area sangat luas. Lokasi BFF mengambil area lapangan. Di pinggir lapangan ada tenda-tenda tempat para merchant Blibli menjajakan produknya. Blibli memang mengundang puluhan merchantnya ikut serta di ajang ini. Di bagian tengah lapangan ada panggung besar sekali. Para musisi ibukota akan membawakan lagu-lagu terbaiknya di panggung ini.


Siapa aja musisinya? Ada Maliq & D’Essentials, Naif, Kahitna, Rendy Pandugo, Sore Band, White Shoes & The Couples Company dll. Juga ada artis International lho.. mereka adalah Panama, Blonde, Goldroom dan RAC. Seru banget ya. Siang itu cukup panas tapi banyak orang yang setia menonton aksi seorang musisi di atas panggung. Saya memilih ke tenda Gojek. Ada service pijat dan memulas kuku di tenda ini. Lumayan ya.. badan yang capek di pijat secara gratis. 


Setelah itu saya menuju deretan tenda di bagian belakang. Tenda-tenda di sini khusus untuk workshop. Ada workshop menghias totebag, membuat gelang dan workshop make up dari PAC. Saya sedang asyik memotret para peserta workshop PAC saat host nya menawarkan saya untuk ikut serta. Peserta workshop ini berpasangan jadi harus bawa teman. Satu orang tugasnya me make up teman yang di bawanya. Nah saya kan cuman sendirian, nggak bisa ikut dong. Ternyata ada seorang gadis yang sendirian juga, jadi deh saya berpasangan dengan dirinya. Karena saya nggak bisa me make up, mbak Nadine, gadis itu, menjadi perias saya. Pada akhirnya semua peserta mendapat hadiah souvenir dari PAC. 


Saya berjalan lagi menyambangi tenda-tenda yang ada. Pandangan saya terpaku pada cangkir yang terbuat dari kaleng bergambar ayam jago dan vespa. Saya punya cangkir kaleng seperti ini di rumah. Saya gunakan untuk minum kopi. Gambarnya bunga merah. Saya beli sepaket dengan teko blirik cebol. Saya memang menyukai barang-barang jadul.

Para merchant yang ikut di BFF ini adalah hasil seleksi Blibli. Jenis produknya mulai dari apparel, aksesori penampilan, personal dan body care, perangkat rumah tangga berbasis kayu dan kerajinan berbahan kertas. Blibli ingin produk-produk yang ditampilkan mempunyai ciri khas dan ber aura fun, seperti nama event nya, Blibli Fun Festival.


Melihat produk para merchant ini sungguh saya kagum. Mereka sungguh kreatif dalam membuat produk. Misalnya sebuah tenda yang menjual barang kayu berbentuk radio. Butuh ketelatenan untuk membuat barang ini karena tekstur kayunya halus sekali. Ada hiasan-hiasan yang dibuat dengan detail juga. Lalu tenda yang menjual aneka pernik berbahan kain seperti dompet dan boneka. Jahitannya halus dan motifnya warna-warni dengan motif batik.

Berjalan lebih jauh saya menemukan tenda sebuah merchant bernama Sepirin Indonesia. Produk-produknya lucu banget. Ada jajaran piring yang dipajang di atas meja. Motif-motif piringnya cantik sekali. Mas penjaga tenda mengatakan motif ini dicetak di atas piring dan motif-motifnya memang mengambil tema kebudayaan Indonesia. Ada motif Dayak, Bugis Makanja dan lain-lain.


Di bagian bawah, ada jejeran bantal dengan motif yang tak kalah cantik. Motifnya sama bertemakan Indonesia. Berbahan tebal namun halus, bantal cantik ini bisa menghias kursi di ruang tamu kita. Percaya deh tamu-tamu yang datang akan terpesona dengan bantal-bantal ini. Ada motif penari Bali dan hewan serta bunga-bungaan khas Indonesia.

Di tenda 3DUPlay ada produk yang unik. Tenda ini menjual playmat bergambar binatang dengan suasana kebun binatang. Nampaknya biasa. Yang tidak biasa adalah ketika playmat ini dikombinasikan dengan aplikasi android yang memang dibuat khusus untuk playmat ini. Ketika hewan-hewan di playmat ini dilihat melalui aplikasi di android wahhh ternyata hewannya bergerak-gerak. Ini bisa terjadi karena aplikasi ini dibuat khusus untuk playmat. Jadi anak-anak bukan hanya bisa guling-gulingan di playmat tapi bisa belajar juga. Keren ya. 


Tenda penjual playmat tadi menjadi salah satu tenda yang banyak dirubung pengunjung. Kebanyakan adalah keluarga yang membawa anak-anaknya. BFF 2017 memang bukan hanya dikunjungi oleh para anak muda tapi juga keluarga yang membawa anak-anak. Anak-anak juga ramai mengunjungi tenda workshop menghias totebag dan merangkai gelang yang saya saya kunjungi tadi. 


Blibli sangat welcome kepada pengunjung yang membawa anak-anak. Disediakan tempat bermain seperti trampolin. Anak-anak senang, orang tua pun nyaman. Bila lapar dan haus, ada area makan yang dipenuhi tenda-tenda penjual makanan dan minuman. Banyak promosi yang dilakukan para merchant untuk menarik pembeli. Makin malam, tenda-tenda makanan dipenuhi pengunjung. Sementara di panggung besar, ada musisi yang sedang memainkan lagu-lagu yang ceria. BFF 2017 memang untuk semua.  








Tidak ada komentar:

Posting Komentar