Senin, 03 April 2017

Begini Lho Kalau Beli Mobil Bekas



Kebutuhan akan transportasi memaksa orang untuk memiliki kendaraan pribadi. Punya kendaraan pribadi itu lebih praktis, kemana-mana tinggal ngacir, nggak perlu nunggu-nunggu kendaraan umum. Tapi harga kendaraan pribadi, terlebih mobil, lumayan mahal. Harus nabung berapa tahun buat beli mobil baru coba. Eittsss.. jangan menyerah kata D’Masiv, karena kalo susah beli mobil baru, ada mobil bekas yang lebih terjangkau dari segi harga. 


Ngomong-ngomong soal mobil bekas nih, saya hadir di acara blogger gathering bersama Mobil123 untuk ngomongin soal mobil bekas di The Hook Jakarta tanggal 31 Maret kemarin. Di acara ini hadir Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan, chief operational officer dari Mobil 88 dan bapak Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT Hyundai Mobil Indonesia. Di acara ini kita kedatangan tamu istimewa yaitu Mr. Hamish Stone, chief officer dari PT iCar Asia dan Mr. Joe Dische, Chief Finance Officer dari PT iCar Asia.

Bapak Halomoan Fischer menjadi narasumber pertama yang berbicara soal keuntungan membeli mobil bekas. Pak Halomoan udah berkecimpung selama 10 tahun di penjualan mobil bekas. Mobil 88 sendiri udah berdiri sejak tahun 1988 dan cabangnya ada 21 cabang tang tersebar di 9 kota besar di Indonesia. Yang terbanyak cabangnya ada di Jakarta.

Menurut pak Halomoan, hal yang paling menjadi pertimbangan orang memilih membeli mobil bekas adalah soal harga. Harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mobil baru. Bisa belasan sampe puluhan juta bedanya. Cukup menolong orang yang ingin membeli mobil namun dananya terbatas.


Hal lain adalah mobil bekas bisa langsung dipakai oleh pembelinya, tidak perlu melalui prosedur seperti membeli mobil baru. Kalau mobil baru kan kita kudu tunggu surat-suratnya turun dulu, harus menunggu platnya terpasang dulu, baru kita gunakan. Sementara mobil bekas, sudah digunakan oleh pemilik sebelumnya jadi tinggal pindah tangan aja ke pembeli baru.

Hal selanjutnya, depresiasi mobil bekas lebih rendah. Misalnya harga mobil baru 200 juta. Mobil mengalami depresiasi 20 juta di tahun berikutnya. Kalau mobil bekas, depresiasinya paling 10 jutaan di tahun berikutnya. Namun ada kerugian juga sih kalau membeli mobil bekas. Yang pertama soal harga. Harga mobil bekas itu nggak terstandar jadi harga jualnya terserah kepada pemilik mobil. Teman saya pernah membeli mobil bekas. Ternyata mobil bekas yang ia beli, harganya terlalu tinggi. Menyesal deh.. tapi udah terjadi.

Kerugian lain adalah soal histori. Penjual mobil bekas kadang tidak mengatakan histori sebuah mobil bekas. Misalnya pernah tabrakan atau masih terjerat kasus hukum. Nah kalau pembeli mobil bekas nggak cek dan ricek dulu, bisa bermasalah terus itu mobilnya. Pembeli mobil bekas juga bisa terjerat hukum yang timbul dari efek histori mobil bekas. Mobil eks banjir juga kudu diwaspadai. Mobil eks banjir harganya lebih turun lagi.


Kalo dari sisi keamanan adalah soal presisi. Mobil bekas karena sudah berkali-kali dipakai bisa mempengaruhi presisi. Misalnya saat dikebut 100 km  per jam, kestabilan mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Makanya kalau beli mobil bekas harus di test ride dulu dan dirasakan presisinya. Mobil bekas juga sulit untuk di balik nama. Apalagi kalau mobil bekas ini sudah berkali-kali pindah tangan. Nah gimana caranya biar kita aman membeli mobil bekas?

Bapak Hendrik Wiradjaja dari PT Hyundai Mobil Indonesia menjelaskan soal membeli mobil bekas yang aman. PT Hyundai Mobil Indonesia mempunya sebuah divisi penjualan mobil bekas yang bernama Hyundai Auto Safe. Hyundai Auto Safe menjamin pembelian mobil setelah 3 tahun mobil itu dibeli.Orang aman menjual dan membeli mobil melalui Hyundai Auto Safe.

Sebelum Hyundai Auto Safe dibentuk, harga mobil bekas tidak terkontrol. Orang bebas mematok harga untuk mobil yang dijual dan ini merugikan pihak pembeli. Mempunyai visi untuk mendukung pelanggan dengan memberikan rasa aman dan kepercayaan maka divisi ini didirikan. Prosedur penjualan atau pembelian mobil melalui Auto Safe tidak ribet tapi hasilnya akan menjamin kualitas mobil yang dijual.


Hyundai Auto Safe tidak akan menakali mobil yang dijual. Kadang yaaa ada kan penjual mobil bekas yang mengakali mobilnya hingga terlihat bagus dan bisa dijual dengan harga tinggi, nah Hyundai Auto Safe tidak akan melakukan itu. Kondisi mobil dan mesin akan dicek dengan teliti dan harga diberikan sesuai pasaran.

Hyundai Auto Safe juga akan memberikan penjelasan kepada pembeli mobil bekas mengenai kondisi mobilnya. Juga memberi penjelasan mengenai bedanya membeli mobil bekas dan mobil baru. Tujuannya agar pembeli bisa memutuskan apakah ia akan membeli mobil bekas atau mobil baru dan kondisi seperti apa yang ia inginkan bila membeli mobil bekas. Jadi profesional gitu.

Jika memang memutuskan untuk membeli mobil bekas, belilah di tempat terpercaya seperti Mobil123. Sebagai Portal Otomotif no 1, Mobil123 sudah membuktikan bahwa mobil yang dijual dijamin kualitasnya sehingga memberi rasa aman buat para pembeli mobil bekas. Cara belinya juga mudah, bisa kredit pula dan bisa ketemu juga dengan pemilik mobilnya secara langsung. 


Foto : Koleksi Rahab ganendra

24 komentar:

  1. kalo gitu caranya, tenang yah mau beli mobil bekas juga...

    BalasHapus
  2. Mobil123 tempat yang tepat buat beli mobil bekas ya mba

    BalasHapus
  3. nah ini tepat ini artikel nya yg mau nyari mobil bekas

    BalasHapus
  4. Apalagi yg baru bisa blajar mobil, mending beli bekas yah sayangkan kalau beli mobil baru ntar bnyak goresannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul... ada keuntungan di harga yang murah juga

      Hapus
  5. Mobil bekaspun teta memberi benefit lebih kalau dibeli dengan tahapan benar

    BalasHapus
  6. Bener mbak, membeli mobil bekas pun harus dilakukan cek dan ricek ya, apalagi bekas kecelakaan sebagai penjual sebenarnya juga harus jujur mengungkapkan keadaan yang sebebanrnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuman banyak yang mikir keuntungan semata

      Hapus
  7. Beli ketika hendak membeli, percayakan ke tempat yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul biar nggak menyesal kemudian

      Hapus
  8. sisp sip sipp, jadi makin faham nih sama tipsnya

    BalasHapus
  9. Hyundai santafe itu bagus, Mbak. Muat banyaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa udah liat mobilnya.. keren ya

      Hapus
  10. Sekarang mobil bekas banyak juga loh yg diakalin sama yg punya biar keliatan bagus. Aku pernah mau beli trus mobilnya nyadar dijalan. Ternyata apanya gitu dicemplungin pisang biar suaranya alus. Jadi trauma mau beli mobil bekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah salah satu kegunaan pisang tuh itu tho.. kirain buat kesehatan doang

      Hapus
  11. makasih mba buat tips-tipsnya jadi nanti klo mo beli mobil bekas beli hati2

    BalasHapus
  12. mau tukar tambah mobil bekas dongg.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga mau.. tapi tuker apa yaaa

      Hapus