Kamis, 13 April 2017

Asyik, Menu Baru Hokben ini Siap Jadi Teman Nongkrong




Restoran cepat saji ini sudah begitu dikenal oleh kita. Menunya sih ala Jepang, tapi rasanya sudah disesuaikan dengan lidah kita. Dengan rasa yang khas, restoran ini punya beragam menu yang bikin penikmatnya makin menggilai restoran ini. Restoran apakah? Hokben.. alias Hoka-Hoka Bento. Pernah makan menu Hokben? Saya pernah… pernah beberapa kali karena anak-anak saya merupakan penggila Hokben. 


Makanya saya happy saat diundang ke gerai Hokben di Blok M Plaza Jakarta pada tanggal 8 April kemarin bersama teman-teman blogger lannya. Undangan ini bertujuan memperkenalkan menu baru Hokben kepada kami, para blogger. Saya familiar dengan gerai ini karena beberapa kali makan di sini. Salah satu yang bikin saya suka makan di sini adalah ada colokan buat laptop saya. Jadi bisa makan sambilan kerja deh.

Hokben berdiri 18 April 1985.. yap udah 32 tahun usianya kini. Hokben saat ini mempunyai 145 gerai yang tersebar di Jawa dan Bali. Memang belum ada gerai selain di Jawa dan Bali karena Hokben mengedepankan kualitas. Pada tahun 2007 Hokben membuka service delivery yang bisa kita dapat dengan menekan telpon 1500505. Tahun 2008 Hokben membuat website di www.hokben.co.id. Kita bisa memesan menu Hokben secara online di website ini.


Pada tahun 2008 ini juga Hokben mendapat sertifikat halal dari MUI. Memang butuh proses ya untuk dapat sertifikat halal karena sertifikat ini nggak diberikan sembarangan. MUI akan meneliti secara detail bukan hanya bahan-bahan yang digunakan Hokben tapi juga meneliti sampai ke stoke holder dan vendor Hokben. Sistem ini dinamakan sistem jaminan sertifikat halal. Hokben mendapat nilai A untuk jaminan sertifikat halal ini. Selain itu Hokben juga sudah teruji dalam hal standar keamanan pangan (food safety).

Tahun 2010 Hokben membuka cabang di Jawa Tengah dan Bali. Setahun berikutnya, melihat perkembangan jaman di mana anak-anak muda suka nongkrong, Hokben membuka HokCafe. HokCafe baru ada di beberapa lokasi di Jakarta. Untuk lebih memodernkan Hokben, tahun 2013 Hokben mengadakan peremajaan dengan mengubah ikon dan nama sebutan.

Dari dulu kita biasa menyebut Hoka-hoka Bento dengan sebutan Hokben, nah tahun 2013 ini nama Hokben benar-benar diresmikan menjadi nama sebutan untuk brand. Ikon nya pun berbeda. Sekarang ikon anak laki-laki dan perempuan di logo Hokben makin berbentuk dinamis. Untuk konsep interior Hokben saat ini mengubah desain gerai menjadi dominasi putih. Konsep desain putih yang clean dan modern ini mencerminkan jiwa Japanese modern-nya Hokben.



Menu Rising Star Hokben

Nah sekarang kita ngomongin menu ya. Hokben menambah variasi menunya dengan beberapa menu baru. Menu baru ini terbagi dalam kategori snack, dessert dan minuman. Untuk snack ada Sakana Sticks. Sakana Sticks terbuat dari daging ikan air tawar yang dibalur tepung lalu digoreng. Ada dua rasa Sakana Sticks yaitu rasa original dan diberi taburan nori. Tahu nori kan? Itu lho makanan yang terbuat dari rumput laut dan berbentuk lembaran. Biasanya digunakan sebagai pembungkus nasi pada shushi.

Sakana Sticks melengkapi kategori menu snack di Hokben yang biasa disebut dengan Tokyo Bites. Sebelumnya ada menu Takoyaki, Tori Popcorn, Shumay Furai dan Shumai Steam. Tori Popcorn nya enak lho. Snack ini terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil lalu dibalur tepung dan digoreng. Rasanya gurih dan garing. Shumay sengaja dibuat dua macam. Shumai Furai adalah shumay yang digoreng sementara Shumay Steam adalah shumay yang dikukus. Oh ya ada kacang edamame juga yang jadi favorit saya. Kacang kedele khas Jepang ini enak banget. Saya kemarin bolak balik nambah tuh. 


Untuk menu dessert ada soft pudding dengan dua rasa yaitu rasa taro dan Mango. Dua rasa ini adalah rasa yang paling disukain pengunjung Hokben. Disebut soft pudding karena puddingnya emang lembut banget, tidak kenyal tapi tidak cair. Saya suka rasa mango karena rasa mangganya terasa banget. Untuk rasa Taro, warna pudingnya ungu.

Menu dessert ini menjadi tambahan menu dessert Hokben yang lain. Saat ini di menu dessert ada es ogura, es sarang burung, kakigori yang tampilannya lucu banget, soft caramel dan chocolate puding yang sebelumnya jadi favorit saya. Untuk kakigori, porsinya lumayan banyak ya dan terdiri dari beberapa model yang kesemuanya lucu-lucu. Kakigori ini terbuat dari serutan es yang ditambahkan di atas sirop khan Hokben lalu diberi potongan buah.

Di menu minuman ada Ocha Lychee Tea. Minuman ini adalah ocha alias teh hijau ala Jepang yang ditambahkan butiran nata de coco. Disajikan dingin, minuman ini sungguh menyegarkan. Rasa manis teh bercampur dengan rasa khas teh hijau mengalir segar di tenggorokan. Butiran nata de coco menambah kenikmatan tersendiri. Saya sampai mencari nata de coco sampai butiran terakhir di antara batu es yang tersisa.


Apa sih tujuan Hokben menambahkan menu baru ini? Menurut mbak Irma Wulansari, MarComm Group PT Eka Bogainti (Hokben) yang menjelaskan pada kami siang itu, ini dilakukan setelah melihat hobby para generasi milenial yang doyan makan sambil nongkrong di suatu tempat. Maka menu baru ini dibuat ringan dan kekinian. Kan anak-anak muda kalau nongkrong sukanya sambil ngemil yak.

Hokben punya strategi khusus nih buat para kaum milenial yang hobi nongkrong berlama-lama. Strategi itu namanya up selling. Staff Hokben akan menawarkan menu lain pada kaum milenial yang makanannya udah abis tapi masih nongkrong sambil seseruan. Say pernah tuh lagi asyik ngetik di laptop terus ditawari menu oleh staff Hokben.

Saya sih nggak merasa terganggu malah senang karena saat asyik kerja, saya sering nggak mempedulikan rasa lapar atau haus. Begitu staff Hokben menawarkan menu baru deh nyadar bahwa minuman saya udah habis dan tenggorokan mulai kering. Cara ini menguntungkan buat pelanggan dan Hokben. Jangan takut staff-staff Hokben galak, mereka ramah-ramah kok. 


Saya pernah kebelet ingin buang air kecil sementara saya lagi kerja dengan laptop saya dan sendirian. Saya minta tolong staff Hokben mengawasi laptop saya saat saya ke rest room. Staff ini menjawab permintaan saya dengan senyuman sambil berkata “baik mbak”. Ketika saya kembali laptop saya masih aman di tempatnya dan staff tadi masih berdiri beberapa langkah dari meja saya sambil matanya mengawasi laptop saya. Very good.

Untuk harga-harga menu di Hokben nggak mahal kok. Paket lengkapnya bervariasi antara 30 ribuan sampai 50 ribuan. Menu baru Hokben tadi dijual dengan kisaran harga 16 ribuan sampai 18 ribuan. Terjangkau banget kan. Mau nongkrong sambil seseruan plus ngemil cantik? Ke Hokben aja ah.

5 komentar:

  1. asik ada menu barunya ya. siap siap menluncur

    BalasHapus
  2. Anak-anak pasti suka nih...

    BalasHapus
  3. Menu rising starnya enak2 ya Mbakk, cocok buat ajak keluarga nongkrong di hokben apalagi ramah buat anak2 juga..

    BalasHapus