Selasa, 07 Februari 2017

Pentingnya Perawatan Kulit, Gigi dan Gusi untuk Ibu Hamil



Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya. Saat saya hamil dulu, wajah yang biasanya mulus bersih jadi timbul jerawat. Lalu kulit muka terlihat kusam. Ini cukup menyebalkan buat saya, karena pekerjaan saya mengharuskan saya bertemu dengan banyak orang. Kalau wajah kusam dan berjerawat kan nggak pede juga jadinya. 


Belum lagi masalah gigi dan gusi. Saya sering mengalami gusi bengkak pada masa kehamilan. Ini terjadi kalau saya makan makanan yang keras, misalnya kacang. Padahal sebelum hamil, gusi saya tidak bermasalah. Maka saya menghindari makan makanan yang keras selagi hamil. Agak bikin badmood ya karena saya suka kacang dan memakannya sebagai cemilan di sela-sela saya bekerja.

Pada acara press conference Grand Launching Amara Skin dan Aesthetic Center di RSU Bunda di bilangan Menteng Jakarta Pusat, pada Senin 30 Januari 2017, drg Mira Madjid, MPH Sp Perio menjelaskan bahwa dalam masa kehamilan, perempuan memang rentan mengalami gusi bengkak dan masalah pada gigi karena perubahan hormon dan lalai membersihkan gigi. 


Salah satu penyebab gusi bengkak itu adalah plak. Kalo kita malas menggosok gigi, sisa makanan akan menumpuk di gigi dan membentuk plak. Nah wanita hamil biasanya malas ngapa-ngapain tuh, bahkan untuk menggosok gigi. Plak yang tidak dibersihkan menyebabkan terbentuknya gingivitis. Gingivitis ini nantinya menyebabkan radang gusi di mana gusi akan bengkak, berwarna merah, lunak dan mudah berdarah.

Gingivitis biasanya dialami oleh ibu yang kehamilannya memasuki bukan kedua. Jika si ibu sebelumnya telah mengidap gingivitis, maka pada masa kehamilan, gingivitisnya jadi lebih parah. Jika didiamkan, gingivitis akan mengikis tulang penyangga gigi, yang menyebabkan gigi goyang. Gingivitis yang parah juga menyebabkan bakteri masuk ke uterus melalui aliran darah di gusi dan memicu produksi prostagiandis sehingga menyebabkan kelahiran bayi prematur. 


Tapi jangan takut ya karena gingivitis bisa dicegah dengan cara menjaga kesehatan area gigi dan gusi. Salah satunya dengan cara menyikat gigi. Gunakan gigi yang ujungnya kecil sehingga bisa menjangkau ke gigi bagian dalam. Gunakan juga sikat gigi berbulu halus hingga nggak membuat gusi terluka saat disikat. Terus lalukan sikat gigi dengan benar. Cara menyikat gigi dengan benar adalah sikat dari atas ke bawah dan bukan menyamping. Periksakan gigi dan gusi secara teratur pada masa kehamilan.

Di awal tadi sudah saya tulis bahwa perubahan hormon pada ibu hamil bisa menyebabkan masalah pada kulit. Selain jerawat dan kulit kusam, umumnya ibu hamil juga mengalami bercak-bercak hitam di kulit dan stretch mark. Penggunaan skincare selama masa kehamilan sih boleh aja dilakukan, tapi ada ibu hamil yang kulitnya berubah menjadi sensitif.


Nah jika ini terjadi, sebaiknya konsultasikan skincare yang akan dipakai ke dokter spesialis kulit. Dr Rachel Juanda SpKK mengatakan, ibu hamil sebaiknya menghindari bahan kosmetik Asam Linoleic dan Hidrokuinon. Namun pelembab yang mengandung AH dan DHA masih aman untuk digunakan.

Menjaga kesehatan kulit, gigi dan gusi sebaiknya juga dilakukan dari dalam, yaitu dengan memakan makanan yang mengandung vitamin C dan B12. Makanan dengan vitamin B12 contohnya adalah telur, ayam, tahu dan tempe. Makanan yang mengandung vitamin C contohnya adalah brokoli, tomat, jeruk, pepaya dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk berolahraga agar fisik dan stamina tetap terjaga.


Sesudah press conference, kami diajak ke ruang Amara Skin Care untuk melihat pengguntingan pita sebagai tanda Amara Skin Care resmi beroperasi. Para pasien di Amara Skin Care di RSU Bunda ini ditangani oleh para dokter spesialis di bidangnya. Fasilitas Amara Skin Care juga modern. Saya melihat alat-alat untuk pemeriksaan gigi yang keren punya.
 
Sebenernya Amara Skin Care telah beroperasi sejak pertengahan 2016 namun terus mengalami pembenahan. Selain alat-alat yang modern, ada paket-paket unggulan juga di sini. Keren juga lho RSU Bunda mempunyai klinik kesehatan kulit dan gigi seperti ini. Saat doorprize saya mendapat hadiah Panoramic yaitu foto rontgen untuk gigi. Alat foto rontgen nya juga modern. Hanya menunggu 5 menit, hasil foto rontgen gigi sudah saya terima. Alhamdulillah gigi saya tidak bermasalah.

4 komentar:

  1. Waaah ternyata sekarang ada tempat perawatan gigi & kulit di Bunda ya mba.. aku bisa sekalian ngerawat gigi sekalian vaksi Raya di Bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak.. peralatannya lengkap dan dokternya juga dokter spesialis

      Hapus
  2. Ibu hamil itu suka banyak banget keluhannya. Kalau aku tuh pas hamil keluar bintik merah terus gatal-gatal sampai kaya iritasi gitu. Kalau masalah gigi sih kayanya ngga ada. Terus pas hamil, kalau kulit wajah jadinya jerawatan. Pokonya jadi jelek deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mitosnya katanya makin jelek ibu saat hamil berarti bayinya laki-laki hehehehee... ada ada aja dah mitos

      Hapus