Senin, 27 Februari 2017

Donasi Alfamart Untuk YKAKI dan #Beranigundul Lawan Kanker



Anak-anak penderita kanker selalu menyita perhatian semua pihak. Siapa yang tega melihat anak-anak kecil itu menahan sakit akibat kanker yang diderita. Biaya pengobatannya pun sangat mahal karena pengobatannya memakan waktu lama dan berkelanjutan. Karena itu banyak pihak yang tak henti-hentinya membantu anak-anak ini lewat donas atau seedar dukungan moril.


YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) sebagai Yayasan tempat anak-anak yang menderita kanker bernaung juga selalu aktif menerima uluran tangan berbagai pihak. Banyak program yang dilakukan oleh YKAKI untung menjaring lebih banyak donasi dan dukungan. Apalagi bertepatan dengan Hari Kanker Anak International yang jatuh pada 15 Februari 2017.

Saya datang ke acara press conference program YKAKI untuk anak-anak penderita kanker yaitu #beranigundul serta penyerahan donasi dari Alfamart. Yang hadir saat itu adalah Ibu Ira dari YKAKI, bapak Nurachman dari Alfamart dan youtuber Edho Zell dan Rio Ardhillah serta artis ibukota, Budi Doremi. Hadir juga para wartawan dari beberapa media dan para relawan YKAKI.


Ibu Ira mengatakan, awalnya YKAKI hanya punya satu rumah singgah, namun saat ini YKAKI punya banyak rumah singgah yang tersebar di seluruh Indonesia. Rumah singgah ini diperlukan buat anak-anak penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan. Biasanya anak-anak ini datang dari daerah yang jauh. Pengobatan yang memakan waktu lama membuat mereka butuh tempat untuk beristirahat karena tidak mungkin bolak-balik ke rumahnya.

Banyak aksi telah dilakukan oleh YKAKI. Misalnya mengunjungi anak-anak yang sedang di rawat di rumah sakit. Oh iya, YKAKI sebagai sebuah yayasan resmi telah bekerja sama dengan para rumah sakit yang merawat pasien anak penderita kanker. Sekaligus dalam merayakan dasawarsa berdirinya YKAKI, kali ini YKAKI mengadakan aksi #beranigundul.


Aksi #beranigundul adalah bentuk dukungan pada anak-anak penderita kanker yang karena menjalani kemoterapi, rambutnya rontok dan kepalanya menjadi gundul. Dalam aksi ini juga dilakukan penggalangan dana dan beberapa acara seperti talkshow dan lomba melukis. Acara ini juga diisi dengan penampilan artis-artis ibukota serta meet and greet pemeran film Nekad Traveller.

Dua youtuber yang hadir kemarin mengatakan, mereka sangat senang bisa ikut serta dalam aksi ini. Mempunyai follower yang banyak membuat mereka bisa menjaring lebih banyak orang yang ikut mendukung acara ini. Budi Doremi pun berkata senada. Karena seorang public figure bukan hanya dilihat bagaimana ia tampil tapi juga dinilai bagaimana kiprahnya dalam membantu sesama.


Di acara ini Alfamart menyerahkan donasi sebesar Rp. 1.203.047.353 secara simbolis. Donasi ini dikumpulkan dari kembalian konsumen yang berbelanja di Alfamart pada bulan Januari 2017. Donasi ini nantinya digunakan untuk biaya operasional di rumah singgah yang ada di beberapa kota di Indonesia. Pak Nurachman, Corporate Communication Manager yang menyerahkan donasi secara simbolis ini.

Alfamart telah membangun rumah singgah dari donasi uang kembalian konsumen ini. Pak Nurachman mengajak konsumen untuk aktif lagi berdonasi agar nanti bisa dibangun lagi rumah singgah lainnya. Hasil donasi ini juga digunakan untuk anak-anak penderita kanker yang tidak tidak mempunyai biaya untuk berobat.


Setelah acara press conference, kami berjalan menuju jembatan penghubung antara Neo Soho dan Central Park untuk menggantungkan Wishing ball. Bola-bola berwarna merah ini nanti kita tulis dengan harapan untuk anak-anak penderita kanker. Dengan menggantungkan 1 wishing ball maka kita sudah berdonasi sebesar 10 ribu rupiah. Wishing ball adalah program CSR dari Central Park dan Neo Soho bekerja sama dengan YKAKI. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar