Rabu, 08 Februari 2017

Belanja Praktis dan Hemat Dengan Honestbee



Di era serba digital seperti sekarang ini, urusan belanja sekarang makin gampang. Mau jual barang atau beli barang semua tinggal klik.Semua bisa dilakukan sambil santai, sambil leyeh-leyeh bahkan sambil nyuci. Buat emak-emak kayak saya nih, barang-barang kebutuhan pokok adalah hal yang wajib dipenuhi. Emak happy adalah emak yang di rumahnya tersedia stock sabun mandi, minyak goreng, gula pasir, beras dan lain-lain. 

   
Karena belinya banyak, sekalian buat sebulan, yang paling murah itu beli barang-barang di supermarket. Harga barang di supermarket lebih murah dari pasar tradisional dan malah sering ada promo juga. Sayangnya.. jalan macet dan antrian di kasir supermarket bisa mengular panjang, terlebih di akhir bulan dan awal bulan. Mau belanja malah jadi stress.

Pilihan terbaik adalah belanja lewat online. Belanja lewat online itu unggul dalam segi kepraktisan. Tinggal pilih barang yang kita mau, bayar dan tunggu barang dikirim ke rumah. Namun dengan banyaknya tempat belanja online sekarang ini, kita kudu aware juga. Salah-salah malah nanti barang belanjaan tidak datang dan uang hilang. Kita kudu belanja di online yang terpercaya. 


Tanggal 25 Januari lalu saya dan teman-teman blogger diundang ke acara peluncuran Honestbee di bilangan Kuningan Jakarta. Honestbee adalah layanan belanja dan pengiriman berbasis online yang berasal dari Singapura. Honestbee didirikan oleh 3 orang berkebangsaan Singapura pada bulan Juli 2015. Honestbee mempunyai visi untuk menjadi supermarket online terbesar di Asia.

Pasar Indonesia yang besar menarik minat Honestbee untuk membuka cabang di sini. Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Orang-orangnya mau serba praktis dalam soal belanja karena mereka hanya punya waktu yang terbatas. Selain itu Honestbee membuka peluang kerja untuk masyarakat Indonesia. Ini beberapa alasan Honestbee berekspansi ke sini.

Honestbee menggandeng banyak merchant terkemuka. Ada Transmart Carrefour, Michelle Organic Corner, Jawara, The Cook Chop, Hatten Wines, Magnum Wines dan Sababay Winery. Jadi pilihan belanja kita lengkap.Kenapa merchant sebesar Transmart Carrefour mau bekerjasama dengan Honestbee? Tujuannya adalah untuk lebih menjangkau masyarakat yang akrab dengan digital. Masyarakat era digital yang belanja melalu online besar sekali jumlahnya. Transmart Carrefour ingin meraih pangsa pasar kelas masyarakat ini.

Cara menggunakan Honestbee gampang banget, download dulu aplikasi Honestbee di playstore atau Ios. Kapasitas aplikasi Honestbee nggak gede kok jadi nggak makan banyak memory. Setelah di download, lakukan registrasi dengan cukup memasukkan email dan nomor telephone. Setelah konfirmasi registrasi selesai dilakukan, kita bisa langsung belanja deh. Harga yang tertera di dalam Honestbee ini sama lho dengan yang tertera di toko. Kalau di toko sedang ada promo, maka di Honestbee sama ada promo juga. 

Karena ada beberapa kebutuhan rumah tangga yang saya perlukan, saya tidak membuang waktu untuk belanja dengan Honestbee. Pertama saya login ke Honestbee. Lalu muncul Groceries di mana tertera merchant-merchant yang bekerjasama dengan Honestbee. Saya pilih Transmart Carrefour. Lalu muncul bagian “department” dan “sort”. Di bagian department akan muncul folder untuk jenis-jenis produk misal roti, minuman, kebutuhan sehari-hari, kebutuhan rumah tangga dan lain-lain.

Lalu bagian sort adalah folder untuk produk-produk yang dibedakan antara produk populer, harga tertinggi dan harga terendah. Kalau kita scroll down ke bawah ada bagian “promosi” yang berisi daftar produk-produk yang sedang promo. Ada bakery, alkohol, babies dan lain-lain. Kita bisa melihat lebih banyak produk dengan menekan “see all”.


Kalau kita sudah menemukan barang yang kita cari, tinggal tekan barangnya dan klik add to chart, barang tersebut akan masuk ke chart. Setelah kita memilih semua barang yang kita butuhkan, kita klik tanda cart, nanti list barang-barang yang kita pilih tadi akan muncul. Cek dulu list ini, apakah sudah sesuai dengan list yang kita beli. Ada biaya delivery dan concierge fee tercantum di list ini. Ini adalah biaya pengantaran. Murah kok. Delivery fee hanya 10 ribu rupiah dan concierge fee juga 10 ribu rupiah.

Jika semua sudah sesuai, klik tombol “check out” nanti akan muncul halaman pengisian. Di halaman yang berisi daftar isian ini kita masukan alamat pengiriman, time slots untuk jam pengiriman, nomor contact dan pilihan sistem pembayaran. Time slots sudah ada list jamnya jadi kita tinggal pilih mau diantar jam berapa. Misal jam 11-12, 13-14 dan seterusnya. Pengantaran on time kok, dua kali saya belanja dan selalu diantar on time sesuai dengan jam antar yang saya pilih. 

Untuk sistem pembayaran, ada dua pilihan yaitu cash dan credit card. Karena tak punya credit card, saya memilih pembayaran dengan cash. Cash ini adalah kita bayar setelah barang kita terima. Uang kita serahkan langsung pada kurir Honestbee yang mengantar barang. Bila isian sudah lengkap terisi, nanti muncul nomor order. 


Akan ada pemberitahuan via email mengenai status pembelian kita. Lalu ada Shopperbee yang akan memberitahukan via sms mengenai pembelian kita. Saat saya memesan sabun mandi, pihak Shopperbee menelpon saya bahwa sabun mandi dengan aroma yang saya pilih sedang kosong dan bertanya apakah mau diganti dengan aroma yang lain. Saya iyakan untuk mengganti dengan aroma yang lain. Untuk barang lain tak ada kendala.

Kita bisa mengetahui alur pengantaran barang kita. Ada halaman berisi alur confirmed, preparing, on the way dan delivered. Pengantar barang mengantar barang pesanan saya tepat waktu. Karena lokasi rumah saya yang nomornya berantakan, membuat pengantar barang kesulitan menemukan rumah saya. Namun setelah saya ditelpon dan saya terangkan posisi rumah saya, barang tiba dengan selamat. Saya membayar barang yang saya pesan dengan cash.

Barang diantar dengan dimasukkan dalam goodie bag warna kuning, warna khas Honestbee. Saya suka dengan kantongnya, karena bisa saya gunakan untuk menempatkan barang-barang. Begitu barang yang saya terima saya cek, saya kaget karena ada sekantong jeruk shantang di dalam kantong belanjaan saya. Saya langsung sms ke shopperbee yang berhubungan dengan saya dan saya katakan perihal jeruk tersebut. Saya pikir jeruk ini salah kirim.

Ternyata.. jeruk shantang ini gratis dikirimkan dalam rangka imlek. Karena masih butuh beberapa barang, saya pesan lagi barang keesokan harinya dan jeruk shantang gratis diberikan lagi pada saya. Jadi saya dapat dua kantong jeruk shantang. Wahhhh saya senang sekali. Anak-anak saya langsung menyerbu si jeruk shantang.

Honestbee akan mengirimkan invoice dan penilaian yang bisa kita isi. Ada 10 bintang yang mencerminkan bagaimana kepuasan kita berbelanja lewat Honestbee. Saya tak berpikir panjang, langsung saya kasih bintang 10 karena saya puas dengan pelayanan Honestbee. Menurut saya, inilah keuntungan berbelanja melalui Honestbee :

1. Praktis, menghemat waktu
2. Menghemat pengeluaran karena memilih barang sesuai kebutuhan, kalau belanja langsung di supermarket kita sering tergoda untuk membeli barang lain karena harga promo
3. Harga sama dengan harga di toko
4. Pembayaran cash setelah barang diterima, tak perlu ke ATM untuk transfer
5. Barang disediakan oleh toko yang sudah terjamin 
6. Kualitas barang terjamin, barang pesanan tidak dikirim dalam kondisi cacat
7. Barang dikirim tepat waktu
8. Pelayanan sangat cepat 
9. Sering memberikan kupon potongan harga yang bisa digunakan untuk belanja
10.  Aplikasinya user friendly, mudah digunakan
11. Pilihan tokonya banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar