Sabtu, 10 Desember 2016

Di All New Sienta, Lipatan Kursi adalah Kunci




Meski banyaknya mobil yang ada di jalan “dituduh” menjadi salah satu penyebab macet, tapi produsen mobil tetap aktif mengeluarkan produk mobil baru dan masyarakat pun berlomba membeli. Pameran mobil terlebih kelas international selalu dipadati pengunjung. Pada gelaran Indonesia International Motor Show 2016 April lalu, transaksi yang terjadi di IIMS menembus angka 2,2 trilyun. Transaksi itu meliputi penjualan 8.156 mobil dan 548 sepeda motor (sumber kompas). Artinya seiring kemampuan masyarakat yang meningkat, maka pembelian mobil dan motor juga akan meningkat.

Toyota adalah pabrik mobil terbesar di dunia. Mobil keluaran Toyota merupakanmobil dengan kualitas terjamin. Menurut Gaikindo, per Januari sampai September 2016, 3 jenis mobil Toyota masuk ke dalam 3 teratas mobil terlaris di Indonesia. Tiga jenis mobil itu adalah Toyota Avanza di posisi satu, Toyota Innova di posisi kedua dan Toyota Agya di posisi tiga. Ada sebuah humor yang bilang bahwa mobil yang paling susah di salip adalah mobil Avanza. Karena setelah disalip eh Avanza udah di depan lagi, saking banyaknya Avanza heheheh.

Di IIMS 2016, Toyota resmi mengeluarkan produk mobil baru, di beri nama Toyota All New Sienta. Awalnya Sienta dipasarkan di Jepang. Tak butuh waktu lama untuk dipasarkan juga di sini mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia pada mobil yang cukup tinggi. All New Sienta digadang-gadang menjadi akan masuk ke jajaran mobil terlaris mengikuti saudaranya yang lain. Prestasi dimulai dengan diraihnya predikat Product of The Year 2016 untuk kategori Otomotif dari MarkPlus Inc. 


Bukan sekali ini aja MarkPlus Inc memberi penghargaan pada Toyota. Pada GIIAS 2016, MarkPlus Inc juga memberikan penghargaan WOW Product Automotive padaToyota Kijang All New Innova sebagai Best Family Car. WOW Product Automotive pada Toyota All New Caya sebagai Best Value Car dan WOW Product pada Toyota Safety Sense sebagai Best in Public Education.

Saya beruntung bisa lebih dekat mengenal All New Sienta dengan menghadiri acara Kompasiana Coverage bersama Sienta. Acara pertama berlangsung di Summarecon Mal 27 November dan acara kedua berlangsung di Flavor Bliss Alam Sutera 3 Desember 2016. All New Sienta membuat tema yang unik untuk kedua acara ini. Acara pertama bertema olahraga dan acara kedua bertema fashion. Dua tema yang disatukan oleh “Modern, Active dan Fun” sesuai konsep desain All New Sienta.

Secara tampilan fisik, All New Sienta sangat berbeda dengan saudara-saudaranya. Terlihat Toyota berani bermain dengan eksterior yang anti mainstream. Garis-garis hitam di body All New Sienta membuatnya berbeda dari mobil kebanyakan. Diliat dari bagian belakang mobil All New Sienta, garis-garis hitam ini membuat bentuk lucu. Sementara garis hitam di bagian depan membuat Sienta terlihat dinamis dan garis-garis hitam di bagian samping membuat saya melihat desain Avanza jadi sederhana. 


Pintu samping All New Sienta model sliding door. Kesan lega langsung terasa begitu saya memasuki kabin All New Sienta. Tempat duduk di baris kedua terlihat lebih lega dari baris ketiga. Saya masuk ke mobil yang warna joknya coklat tua dan hitam, warna yang elegan. Dashboard mobil di desain dengan 3 dimensi panel. Kursi kemudi bisa dimaju mundurkan sesuai body pengemudi. Kalo pengemudinya imut kayak saya maka posisi kursi kudu maju banget, kalo nggak kan kaki nggak bisa menginjak pedal gas.

Ada audio touch screen 7” DVD w/ MP3/USB/AUX/iPod di bagian dashboard dengan suara jernih yang terdengar memenuhi bagian dalam mobil. Di kemudi dilengkapi dengan new leather steering wheel with steering switch dan ada smart start stop button di tipe Q dan V. All New Sienta keluar dalam 4 type yaitu Q type, V type, G type dan E type. Tersedia dalam transmisi otomatis dan manual. Type dibedakan dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Untuk bagian-bagian All New Sienta telah saya tulis di tulisan saya sebelumnya.

Salah satu keunggulan All New Sienta dibandingkan mobil lain adalah bagasi yang bisa jadi lebih luas jika kursi belakang dilipat. Lipatan kursi ini menjadi kunci pembeda All New Sienta. Kalau mobil lain biasanya melipat kursi belakang dengan cara ke samping atau ke depan, di All New Sienta kursi belakang dilipat dan dimasukkan ke bawah kursi barisan kedua. Jadi bagasi benar-benar luas dan datar tak terhalang. Ini bermanfaat banget kalau kita mau membawa barang yang tinggi dan lebar karena barang nggak kepentok lipatan kursi.


Kalau butuh bagasi lebih luas lagi, kursi di barisan kedua bisa dilipat ke depan. Dua sepeda gunung bisa masuk tuh dengan kondisi lipatan kursi seperti ini. Untuk keluarga yang punya anak kecil, bisa menutupi dasar bagasi dengan kasur dan anak bisa jumpalitan di situ. Kendala kita pergi jauh menggunakan mobil dan membawa anak kecil adalah anak sering tidak betah duduk diam karena anak butuh bergerak, apalagi usia balita.

Ipar saya punya dua anak kecil yang tak bisa diam. Maka saat mudik, kursi baris ketiga dan kedua di mobil Avanza nya dilipat dan ditutupi kasur hingga anaknya bisa bermain dan tiduran di situ. Anak anteng deh menjalani perjalanan jauh. Dengan kondisi bagasi All New Sienta yang dasarnya lebih datar, maka saya juga lebih memilih untuk menempatkan kasur di situ kalau mudik. Kan enak bisa tiduran hehehe.

Kenyamanan tidur di atas kasur nggak akan terganggu dengan guncangan bila All New Sienta jalan di jalanan tak rata. Karena ground clearance alias ketinggian ruang antara dasar ban dengan chassis mobil cukup tinggi, yaitu 170 milimeter. Ban dilengkapi dengan velg tangguh new 15” steel with full cap, 15” alloy dan 16” alloy with machining (tergantung tipe).

All New Sienta dijual dalam 7 warna yaitu dark brown mica metallic, quartz brown metallic, orange metallic, super white, silver metallic, gray metallic dan attitude black mica. Harga jual All New Sienta adalah 230 juta sampai 295 juta tergantung tipe. Dengan harga dan keunggulan ini, All New Sienta nggak akan butuh waktu lama untuk masuk ke jajaran mobil terlaris menyusul produk mobil Toyota yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar