Rabu, 28 Desember 2016

Belajar Tentang Jual Beli Saham Lewat ISTC di Indosat Ooredoo



Saham, bisa menjadi salah satu investasi. Banyak orang bilang, melakukan jual beli saham itu sulit dan berpotensi mengalami kerugian. Investasi apapun selalu mempunyai resiko. Ada yang resiko tinggi ada juga yang resiko rendah. Untuk mengurangi resiko tersebut, kita harus mempelajari dulu investasi yang akan dilakukan. Jika sudah dipelajari, kita akan lebih tau cara memanfaatkannya. Saham pun begitu.


Saya sering mendengar soal trading atau jual beli saham. Saham di sini adalah saham perusahaan. Beberapa teman ada yang berkecimpung di profesi ini dan penghasilannya lumayan. Teman saya bilang, untuk berhasil di dunia jual beli saham, feeling harus ikut bermain juga. Lalu kita harus tau kapan harus menjual saham dan kapan harus membeli saham. Prinsip penjualan yang menjual barang ketika harga naik dan membeli barang ketika harga turun tidak selalu dipakai dalam trading.

Saya sebenarnya penasaran dengan saham ini dan ingin mempelajarinya. Nah kebetulan, Indosat mengundang saya dan teman-teman lainnya pada 13 Desember 2016 lalu untuk mengenalkan sebuah program CSR dari Indosat di bidang investasi saham. Indosat membuat program ini karena melihat animo masyarakat yang tertarik pada investasi saham. Investasi saham ini dibuat dalam bentuk aplikasi yang bernama Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC). Aplikasi ini tersedia di Android dan Ios.


ISTC kali ini adalah tahap kedua. Indosat menganggap penting mencetak pialang saham muda. Yah kalaupun nantinya ia tak terjun langsung ke bisnis saham, setidaknya ia sudah mengetahui tentang cara bermain saham. Lagipula informasi tentang apa dan bagaimana melakukan investasi saham ini masih sedikit banget yang beredar. Dalam ISTC, Indosat bekerja sama dengan PT Trimegah Securitas Indonesia Tbk.

Oh iya di ISTC untuk belajar  dan praktek, kita tidak perlu menanam modal. ISTC telah memberikan modal awal sebesar 50 juta rupiah dalam bentuk uang virtual yang bisa kita gunakan untuk membeli dan menjual saham. Dalam aplikasi ISTC sudah tertera engkap tuh nama-nama perusahaan dan harga sahamnya. Kita tinggal pilih dan beli. Transaksi menggunakan uang virtual ini nggak akan muncul di transaksi investasi saham asli. Jadi oke banget buat belajar.

Semua orang boleh mengikuti ISTC asal mengikuti tahapan yang berlaku. Tahapannya gampang kok nggak sulit. Tahapan pertama nih, kita kudu punya kartu Indosat karena nomor kartu Indosat harus dimasukkan saat registrasi. Registrasi dilakukan dengan membuka website www. Indosatooredoo.com/istc, pilih registrasi lalu isi data lengkap deh.

Nanti kita akan dapat konfirmasi di mana kita akan mendapatkan password dan username. Lalu download aplikasi ISTC. Setelah sukses terinstall, kita masukkan username dan password yang kita dapatkan tadi. Nanti setelah kita masukkan username dan password akan muncul notif permintaan OTP. Nggak usah khawatir karena OTP akan dikirimkan secara otomatis ke email dan hand phone kita. Setelah dapet OTP langsung masukkan ya. Begitu OTP masuk, kita akan diminta membuat password baru dan pin. Nah langsung bikin aja. Kenapa minta password dan pin? Ini buat keamanan. Nah setelah selesai, kita siap deh bertransaksi.



Cara memulai transaksi adalah dengan masuk ke My Market, lalu klik search stock. Pilih perusahaan yang mau kita beli sahamnya lalu klik menu order book. Di sini kita kudu tau dengan istilah Bid dan Offer ya karena istilah ini akan sering digunakan. Bid artinya menjual dan Offer artinya membeli. Cara lainnya bisa pake menu Portfolio lalu geser ke kiri untuk menjual dan geser ke kanan untuk membeli. Kalau lagi belajar bisa pilih saham perusahaan dengan harga yang tertera di situ. Jangan takut rugi ya karena kan uangnya uang virtual.

Quantity saham tuh dalam lot, 1 lot artinya 100 lembar saham. Harga saham yang tertera adalah harga satuan, jadi kalau kita beli 1 lot, modal yang terpotong adalah harga satuan di kali 100. Kita bebas mau beli berapa lot, nggak ada batasan. Mau beli 1 atau 5 lot juga nggak papa. Begitu juga dalam soal menjual, kita mau jual seluruh stock yang kita punya atau hanya sebagian aja juga nggak masalah.



Transaksi yang kita lakukan bisa dilihat di history. Kalau ada transaksi rejected itu artinya transaksi kita tidak masuk. Ini terjadi karena aplikasi ini per 5-10 menit akan mati secara otomatis jadi kita kudu login lagi. Ini buat faktor keamanan emang. Lama bertransaksi juga terserah kita. Mau bertransaksi sejam atau 3 jam, mau setiap hari atau seminggu sekali itu terserah kita. Makin sering bertransaksi makin mudah juga kita belajar.

ISTC ini ada kompetisinya lho dan hadiahnya menggiurkan. Hadiah juara pertama adalah 15 juta rupiah, juara kedua 10 juta rupiah dan juara ketiga 5 juta rupiah. Lomba akan berakhir 31 Januari 2017. Moga aja program Indosat ini beneran melahirkan para pialang muda. 


1 komentar:

  1. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus