Minggu, 04 Desember 2016

All New Sienta, Bagasi Luas Bisa Bawa Beras




Kebutuhan akan transportasi yang makin banyak membuat produsen mobil sering mengeluarkan produk baru. Meski harganya tidak murah tapi mobil selalu ada pembelinya. Faktor model dan harga menjadi patokan seseorang buat membeli mobil. Di Indonesia mobil dengan kapasitas 7 tempat duduk adalah yang paling banyak dibeli orang karena bisa mengangkut keluarga lebih banyak. Toyota sebagai produsen mobil terbesar di negeri ini juga nggak mau kalah. Setelah laris manis dengan Toyota Avanza, sekarang Toyota mengeluarkan produk mobil baru bertipe MPV yaitu All New Sienta.

Saya hadir saat acara Kompasiana Coverage yang mengenalkan mobil All New Sienta di Mal Summarecon Bekasi, 27 November 2016 kemarin. Di acara yang bertemakan Sienta Pop Up Playground – Unlock your Healthy Living ini, hadir beberapa komunitas sepeda karena All New Sienta mengadakan acara fun bike juga. Selain itu ada acara bazzar dan games juga. Kita juga bisa mencoba All New Sienta secara langsung karena ada test drive nya.


Secara fisik, All New Sienta sebesar Toyota Innova. Berkapasitas 7 kursi dengan pintu samping sliding door. Keluar dalam 4 type yaitu E, Q, V dan G, All New Sienta mengusung konsep modern, aktif dan fun. Toyota All New Sienta pertama kali dikenalkan di ajang International Motor Show April tahun ini. Mobil ber cc 1500 ini mempunyai desain yang elegan dengan eksterior yang menawan dan siap bersaing dengan pesaing terdekatnya, Honda.

Model All New Sienta seperti sedan tapi dengan jarak body ke tanah yang lebih tinggi. Jadi kalau ketemu polisi tidur atau jalan berlubang nggak repot. Velg nya terlihat gagah dengan ukutan 16” Alloy Wheel (Q dan V types). Lampu belakang memakai New Led Rear Combination Lamp sementara lamu depan memakai New Projector Halogen. Buat tipe E nggak ada foglamp dan untuk tipe Q head lamp nya memakai Bi-Beam LED + Auto Leveling.


Nggak afdol kalau menilai sebuah mobil hanya dari tampilan, maka dengan ditemani mbah Madyang Rahab Ganendra, saya ingin merasakan kenyamanan All New Sienta dalam test drive. Nah sebelum masuk ke dalam mobil, mbah Madyang memberi tahu saya uniknya gagang pintu All New Sienta. Jadi di gagang pintu All New Sienta ada sensor. Kalau kita mau buka pintu tinggal sentuh bagian gagang yang bergaris aja dan pintu akan terbuka dengan sendirinya. Yang ditunjukan ke saya adalah pintu di sebelah kemudi ya, untuk pintu yang lain saya tak tau apakah ada sensornya juga.

Untuk mengunci pintu juga bisa dengan menyentuh sensor ini, tapi mas Sugiarto yang mendampingi saya bilang sebaiknya mengunci pintu dengan kuncinya demi keamanan. Kesan pertama saat saya masuk ke dalam mobil All New Sienta adalah lega. Dengan komposisi 3 baris kursi, kondisi di dalam mobil tidak terasa sumpek. Saya langsung membayangkan jika mobil ini diisi penuh penumpang pasti tetap terasa nyaman karena lega. 


Interior di dalam mobil juga keren. Kulit jok di desain dengan warna coklat yang elegan, nggak bikin sakit mata. Pada bagian dashboard saya terpaku pada layar audio sytem yang model touch screen. Keren ini. Audio DVD ini layarnya 7 inchi bisa MP3, connect USB/AUX/iPod. Bisa nyambung wifi, inet browser dengan perintah suara (Q,V dan G types). Mas Sugiarto yang mendampingi kami mendemokan handphonenya yang bisa disambungkan ke audio. Jadi musik di HP kita bisa didengarkan lewat audio ini. Suara audio terdengar jelas di dalam mobil. Jernih dan tidak membuat kuping sakit.

Audio ini juga memperlihatkan notifikasi kalau kondisi mobil belum siap buat jalan. Notifikasi di layar juga memberitahukan informasi tentang bagaimana mengemudi yang aman. Trus ada bunyi sensor juga. Karena ada pintu yang belum terkunci sempurna, ada bunyi sensor yang cukup kencang. Sensor ini juga bunyi kalau kita memundurkan mobil. Jadi ada notifnya kalau di belakang mobil ada sesuatu jadi kita nggak nabrak gitu.

Semua type All New Sienta punya dashboard dengan 3 dimensional panel design. Selain audio tadi, dashboard tentu saja dilengkapi dengan new combination meter with multi information display (V,G,E types). Oh ya.. mobil yang saya naiki kemarin adalah tipe manual. Mbah Madyang sempet bingung dengan gigi mundur. Ternyata ada cincin yang harus diangkat untuk memundurkan mobil, beda dengan tipe otomatis.


Saat mobil jalan nyata bener beda All New Sienta dengan tipe mobil Toyota lain yang pernah saya naiki. Suara di luar mobil nggak masuk ke dalam mobil. Senyap. Ini bermanfaat banget buat yang suka pergi jauh, karena tidur di dalam mobil nggak terganggu dengan bisingnya mesin. Melewati area parkir yang berliku juga tetap stabil aman terkendali. AC di dalam mobil dingin menjangkau seuruh bagian dalam mobil. Beda type beda jenis AC nya. Untuk tipe E AC nya analog, tipe G AC nya analog dan double blower sementara tipe V dan Q AC nya auto digital dan tipe blower.

Kita sih nggak mau ya mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil. Jauh-jauh deh dari musibah. Tapi jika terjadi hal yang tak diinginkan, All New Sienta dilengkapi dengan Dual SRG airbags dan knee airbag di kursi depan. Ada anti lock brake system. Lalu ada Hill start assist control (Q types) yang berguna banget kalo mobil mulai jalan setelah berhenti di jalan menanjak. Mobil nggak mundur gitu. All New sienta juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Control.

Mobil family itu bisa bawa banyak barang. Nah salah satu keunggulan All New Sienta adalah kursi di row ketiga bisa dilipat untuk menambah luas bagasi. Seluas apa? Sepeda yang buat fun bike kemarin bisa masuk ke dalam bagasi tanpa dilipat. Dan meski sepeda sudah masuk tapi tetep ada ruang bagi barang lain. Jadi kalau mau olahraga bisa angkut perlengkapan banyak tuh. Saya langsung kepikiran pulang kampung kalau liat bagasi luas begini. Karena kalau mudik, saya pasti bawa banyak barang kalau balik ke Jakarta. Maklum ya.. bapak saya yang petani di Jogja sana selalu membawakan anak-anaknya berkarung-karung beras. Bayangin berapa karung beras yang bisa saya bawa dengan bagasi seluas ini. 


Bagian bagasi ini juga nyaman kalau buat duduk. Nah saya mencoba lesehan di bagian ini dan saya langsung teringat cerita seorang teman. Saat mudik ke kampung ia membawa Toyota Avanza. Nah pas jalan-jalan di kampung ia mengajak seluruh saudaranya ikut serta. Avanza diisi dengan 12 orang. Muat? Iya muat.. caranya kursi di baris kedua dan ketiga dicopot jadi mereka lesehan di dalam mobil. Sungguh saya ngakak mendengarnya.

Dengan banyaknya keunggulan All New Sienta, mobil ini dilepas dengan harga 230 juta hingga 295 juta tergantung tipe. Cukup bisa bersaing mengingat mobil ini adalah produk keluaran perusahaan yang sudah terjamin kualitasnya. All New Sienta bisa menjadi produk laris bagi Toyota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar