Selasa, 04 Oktober 2016

Ayah.. Ikut Asuh Anak yuk, Karena Anak Bahagia, Ayah Juga Bahagia


Tumbuh kembang anak tidak hanya tergantung pada pengasuhan ibu tapi juga pengasuhan ayah. Ayah bukan hanya mencari penghasilan untuk menghidupi keluarga namun juga ikut serta mendidik anak. Ini adalah penjelasan yang diberikan oleh ibu Naomi Soetikno, psikolog anak dari Universitas Tarumanegara pada acara peluncuran popok Baby Happy yang diproduksi oleh Wings 30 September 2016 di mal Kota Kasablanka Jakarta. Dalam acara itu hadir juga ibu Julie Widyawati dari Wings  dan Dude Herlino, bintang sinetron yang menjadi brand ambassador popok Baby Happy.

Pengaruh ayah besar untuk perkembangan anak bu. Secara kongnitif problem solving anak lebih baik. Secara sosial anak lebih luas bersosialisi. Otomatis logika berpikir lebih baik. Ayah perlu memberikan aturan di rumah tangga mengenai pengasuhan anak. Secara struktur ayah yang memberi arahan lalu berdiskusi bersama istri untuk pendidikan anak. Ayah memberi anak rasa nyaman. Ayah perlu memberikan tanggung jawab pada anak misal mengingatkan jadwal imunisasi ke istri atau mengingatkan program sekolah. Suka diingatkan seperti itu nggak bu?


Anak yang sering bersama ayahnya fungsi kognitifnya lebih baik daripada yg jarang bersama ayahnya. Ibu Naomi menyarankan ketika orang tua mengajak anak bermain maka bentuk permainannya adalah berjenis tantangan. Anak yang biasa mendapat tantangan tumbuh lebih cerdas dan lebih tertantang. Nah... kalau kondisi orang tuanya single parent bagaimana bu? Dalam kondisi single parent figur ayah tetap ada lewat orang terdekat misalnya kakek atau paman kata bu Naomi. Kecerdasan anak dibentuk oleh kedua orang tuanya.

Mas Dude Herlino membagikan pengalamannya dalam hal mengasuh anak. Meski lebih banyak waktu di luar rumah mas Dude mencari tahu jam berapa anaknya bangun, ia menunggu di samping anaknya dan ketika sang anak bangun, ia menggendongnya segera. Tujuan mas  Dude adalah ia ingin setiap anaknya bangun, yang dilihat pertama kali adalah orang tuanya. Mas Dude menemani anak main sebelum berangkat shooting. Di tengah kesibukannya bekerja ia berusaha tetap berkomunikasi dengan anak misal dengan video call. Kalau libur mas Dude memanfaatkan waktu untuk bersama sang anak. Demi anak, saya siap menjadi apa aja, katanya, karena anak bahagia ayah juga bahagia.


Memang belum tentu kita dan pasangan kita mempunya cara hang sama dalam hal mengasuh anak ya bu nah sebaiknya suami dan istri diskusi dulu nih untuk menentukan bagaimana pengurusan anak. Ada kultur yg mengotak-kotakan peran ayah dan ibu dalam pengasuhan anak. Misal nih.. ayah pokoknya cari uang dan ibu yang mendidik anak. Nah peran psikolog adalah mengedukasi masyarakat agar wawasan masyarakat lebih terbuka dan kultur yang mongotak-kotak tadi berkurang. 

Saat istri hamil, mas Dude dan istri langsung cari tahu apa peran ayah dan ibu. Mas Dude seneng banget lho bu mengganti popok anaknya, malah suka rebutan ganti sama istrinya heheheh. Dude berusaha selalu dekat dengan anak agar anak tidak kehilangan figur ayah. Di acara kemarin mas Dude mengajak para ayah untum selalu hadir untuk anak-anaknya. Sempatkan waktu dan selalu ada di samping anak, karena itu penting buat anak, kata mas Dude. Setuju kan bu?



Bincang-bincang soal peran ayah ini cocok banget sama kampanye yang sedang dibuat oleh Wings Care selaku produsen Baby Happy. Mengusung tema Aku dan Ayah Happy Days Out, Wings mengajak para ayah untuk menikmati momennya bersama anak. Untuk mengedukasi masyarakat mengenai peran ayah, Wings Care melakukan road show dari kota kecil hingga kota besar. Selain itu Wings Care juga mengenalkan produk popoknya yang berbentuk celana. Popok celana kan lebih simple dan gampang dipakainya ya bu. Anak lebih nyaman pakainya karena nggak gampang melorot dan nggak akan menghalangi aktivitas anak.

Kelebihan Baby Happy pants yang lain adalah kapasnya lebih banyak hingga lebih mencegah bocor. Kan anak kalo pipis banyak ya bu. Di Baby Happy Pants kalau popok penuh ada indikatornya di popok. Indikatornya lucu lagi berbentuk gajah. Wings adalah perusahaan lokal bu jadi harga popoknya tidak menguras kantong. Pada sesi terakhir ibu Naomi berpesan agar orang tua selalu memberikan kesenangan pada anak. Saat bermain bersama anak buatlah anak bahagia, kata bu Naomi. Sementara mas Dude juga berpesan bahwa orang tua bertanggung jawab dunia akhirat pada anak, jadi dampingilah anak selalu. Pesan yang bagus ya bu... wajib diingat.

2 komentar:

  1. Mengasuh dan mendidik anak itu memang kerjasama antara ibu dan ayah ya, bukan hanya ibu saja.

    BalasHapus