Jumat, 23 September 2016

Film tentang Chrisye, Ternyata Chrisye Senang Membersihkan Toilet

Puluhan tahun yang lalu (biar terkesan tua) saya ulang tahun ke 17. Usia yang indah kata orang-orang karena usia itu berarti sudah dewasa. Seperti teman-teman yang lain yang menginjak 17 tahun, hari special dirayakan dengan mengundang teman-teman.. party ceritanya. Saya pun juga. Namun tak ada pesta di rumah saya waktu itu, yang ada hanyalah acara kumpul-kumpul de
ngan teman-teman sambil makan kue ulang tahun. Cuma makan bersama dan bukan pesta. Teman-teman memberi kado pada saya.. macam-macam jenisnya. Ada pigura foto, buku diary, dompet dan lain-lain. Seorang sahabat memberi saya sebuah kaset .. album Chrisye.. judulnya Hip Hip Hura.


Saat itu.. lagu Hip Hip Hura sedang ngetop-ngetopnya. Teman-teman saya suka, sayapun juga. Lagu ini diputar di radio dan televisi. Musiknya yang ngebeat membuat kepala bergoyang tiap mendengar lagu ini. Buat saya, setiap mendengar lagu Hip Hip Hura, bukan hanya kepala saya bergoyang mendengarnya, tapi saya juga langsung teringat dengan sahabat saya. Setelah era Hip Hip Hura, saya masih sering mendengarkan lagu Chrisye. Album Kala Cinta Menggoda juga merupakan album favorit saya.

Terlahir dengan nama Christian Rahadi, Chrisye buat saya adalah penyanyi yang lain dari yang lain. Saat penyanyi menjual wajah ganteng dan tubuh atletis, Chrisye pede dengan suaranya yang empuk dan lagu-lagu romantis tapi tidak cengeng. Seorang Chrisye menyadarkan bahwa menyanyi adalah soal kualitas. Berapa banyak penyanyi kita yang berkualitas saat ini? Sedikit sekali... karena buat banyak artis, menyanyi adalah soal ketenaran dan materi. Makanya banyak penyanyi yang tiba-tiba ngetop lalu tiba-tiba menghilang.


Saya hadir di acara press conference film Chrisye, Rabu 21 September lalu. Film Chrisye? Yap... Chrisye akan dijadikan film yang bertujuan agar kita lebih mengenal tentang apa dan bagaimana Chrisye. Saat Chrisye wafat tahun 2007, penikmat musik begitu kehilangan. Lalu setelah lama berlalu.. MNC Pictures dan bu Yanti, istri almarhum Chrisye punya ide membuat film tentangnya. Agar kenangan akan Chrisye tidak hilang, agar kiprahnya bisa diikuti oleh orang-orang yang ingin berkarir sebagai penyanyi.

Bapak Titan Hermawan selaku direktur MNC Pictures dalam sambutannya bilang bahwa banyak hal dari Chrisye yang kita tidak tahu, misal tentang spiritual dan kebatinannya maka pak Titan merasa ini harus diketahui oleh masyarakat. Chrisye adalah sosok positif yang wajib difilmkan kata pak Titan. Bapak Toro dari Vito Global Visi yang ikut memproduksi film ini bilang film Chrisye dibuat atas dasar permintaan penggemar dan teman-teman.


Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani, seorang sutradara yang sudah kita tahu bagaimana kemampuannya. Mas Rizal bilang ada proses brainstorming dengan ibu Yanti selaku orang terdekat Chrisye. Proses brainstorming berlangsung sangat natural.  Nantinya yang diangkat menjadi cerita adalah sisi Chrisye sebagai seorang suami dan ayah dari anak-anaknya. Sisi kehidupan pribadi Chrisye memang tidak pernah diungkap ke publik. Beda sekali dengan kebanyakan artis sekarang yang justru lebih mengungkapkan kehidupan pribadinya daripada prestasinya.

Anda tahu apa hobby Chrisye? Hobinya adalah menyikat toilet. Chrisye senang dengan toilet bersih makanya toilet di rumahnya itu Chrisye yang bersihkan. Nggak nyangka banget ya.. seorang penyanyi terkenal hobinya menyikat toilet heheheh. Sisi humanis inilah yang akan diangkat ke dalam film. Selain hal-hal lain misalnya apa yang terjadi di balik layar saat Chrisye mengadakan konser. Chrisye mengalami pertempuran batin di situ. Hmm.. jadi penasaran ya.


Lalu siapakah pemeran Chrisye? Dia adalah Vino G Bastian, aktor top kita yang baru selesai bermain dalam Warkop DKI Reborn. Buat Vino, memerankan tokoh Chrisye adalah proses ia menuju level yang lebih tinggi. Ia bangga karenanya. Vino cukup akrab dengan lagu-lagu Chrisye. Kalau pacaran saya sambil mendengarkan lagu Chrisye katanya. Eah romantis banget ya Vino. Tak mudah memerankan sosok fenomenal seperti Chrisye tapi Vino bertekad untuk total dengan perannya. Apapun akan ia lakukan untuk film ini, sampai belajar basspun dilakoni.

Vino dipilih langsung oleh bu Yanti. Bu Yanti tertarik dengan Vino setelah melihatnya bermain dalam Warkop DKI Reborn. Sementara untuk pemeran dirinya, bu Yanti belum memutuskan siapa pemerannya. Mungkin Anda mau daftar? Shooting film Chrisye akan dimulai awal tahun 2017. Kita baru bisa menontonnya akhir 2017 kali ya. Semoga saja shootingnya lancar dan kita bisa menonton film ini segera.








7 komentar:

  1. Hip Hip Hura... Pesta 17-annya pasti meriah. Aku pun suka lagu2 Chrisye. cocok aja kapanpun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat ukuran ku meriah.. wong biasanya nggak dirayain heheheh

      Hapus
  2. hahahaha Bu, dari awal aku udah nyengir2 sendiri bacanya :D :D :D oiya itu almarhum ibuku juga punya kasetnya yang hip hip hura :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi aku seumuran ibumu.. wwuuaaaaa hahahhab

      Hapus
  3. mbak..yuk kita daftar jadi pemeran wanitanya :D

    BalasHapus
  4. gak sabar nunggu fimnya...

    budy | Travelling Addict
    blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus