MotoGP Le Mans, Lorenzo Juara, Rossi Kedua

Sering kali ada drama terjadi di setiap balapan MotoGP seperti drama aneh yang terjadi hari ini di seri MotoGP yang berlangsung di Le Mans, Perancis. Gimana nggak aneh? Marc Marquez dan Andrea Dovizioso jatuh barengan di tikungan yang sama padahal nggak lagi duel. Lalu..Iannone lagi-lagi apes jatoh dan nggak finish karena terlalu maksa motornya ngejar Lorenzo. Iannone nggak belajar dari kesalahan di race terdahulu dan nasib sial belum beranjak dari diri Dovizioso. Sungguh hari yang jelek buat Ducati. Marc Marquez pun ketularan kena apes juga.

Jorge Lorenzo ngacir sejak awal dan nggak tersentuh oleh pembalap lain. Benar-benar smooth banget balapannya. Lorenzo akhirnya memenangi seri Le Mans. Valentino Rossi yang start dari posisi ketujuh meraih hasil gemilang dengan finish di podium dua. Lalu Maverick Vinales mendapat “berkah” karena Marquez dan Dovi jatuh. Ia finish di podium ketiga. Tapi Vinales emang pantas meraih podium sih. Ia emang kuat dari awal. So... Lorenzo, Rossi dan Vinales berdiri di podium.. sebuah pertanda untuk Yamaha?

Balapan berlangsung dalam 28 lap. Jorge Lorenzo start dari posisi pole. Marquez start dari posisi dua dan Iannone start dari posisi tiga. Posisi bagus buat Iannone sebenernya. Selepas start, Lorenzo melakukan start sempurna dan langsung ngacir di depan. Soal start emang Lorenzo jago deh.. always perfect dia. Vale naik dikit ke posisi 6. Lap kedua Vale melakukan manuver mengerikan. Posisinya diapit Espargaro bersaudara, Pol dan Aleix. Untuk keluar dari posisi burger gini butuh manuver canggih dan Vale melakukannya. Ngeri-ngeri sedap liatnya... takut slip dan jatuh euy. Vale naik ke posisi 5 di belakang Marc Marquez.

Lap keempat posisi top 5 adalah Lorenzo, Dovizioso, Iannone, Marquez dan Rossi. Vale push motornya hingga mencatat fastest lap 1:33:293. Scott Redding terpaksa out karena mechanical problem. Di lap ketujuh, Iannone ngotot duel dengan Dovizioso berebut posisi dua. Ini salahnya Iannone. Mestinya ia nunggu waktu yang tepat dulu, ia berhasil sih overtake Doviziosotapi beberapa saat kemudian dia jatuh. Ia terpaksa balik ke garasi. Le Mans selesai buat Iannone. Terlihat crew Ducati pasang tampang bete.

Nyaris berbarengan dengan Iannone, Cal Crutchlow juga crash lalu disusul oleh Tito Rabat yang crash juga. Berlanjut dengan Yonny Hernandez yang ikutan crash. Trek Le Mans berubah jadi horor. Lorenzo memimpin balapan dengan selisih 2.213 detik dari Dovizioso di posisi dua. Vale mulai nyaman dengan motornya, makin mendekati Marquez yang ada diposisi tiga. Di 16 lap tersisa Vale akhirnya berhasil membabat Marquez buat posisi tiga. Kelar berurusan dengan Marquez sekarang Vale mengancam Dovi. Watch outtttt... ada aki-aki ngamuk hahahah.

Di 15 lap tersisa penonton Le Mans yang berjumlah lebih dari 99 ribu orang bergemuruh. Vale berhasil membabat Dovi buat posisi dua. Tapi belum aman buat Vale karena jarak Dovi di belakangnya masih dekat. Vale push motornya menjauhi Dovi, cuma itu yang bisa Vale perbuat karena untuk push motor mendekati Lorenzo sudah nggak mungkin. Jaraknya jauh banget bro... 8 detik lebih. Di 12 lap tersisa apes menimpa Marquez dan Dovizioso. Keduanya jatuh berbarengan di tikungan yang sama. Le Mans selesai buat Marquez dan Dovizioso.

Jatuhnya Marquez dan Dovizioso membuat Vinales naik ke posisi tiga, podium didepan mata. Tapi ada Dani Pedrosa yang mengancam di posisi 4. Sayangnya Dani Pedrosa ogah ngajak Vinales duel. Gap keduanya yang tadinya deket menjauh jadi 2.105 detik. Dani ini kayaknya lebih suka jadi penggembira aja deh... sayang bener sih. Jarak Lorenzo, Vale dan Vinales makin jauh. Akhirnya Lorenzo menyentuh garis finish duluan diikuti oleh Vale di posisi kedua dan Vinales di posisi ketiga.Selamat untuk ketiganya.

Saat dimintai komentar setelah balapan, Vale bilang bahwa ia sempat kesulitan di awal race apalagi ia melakukan start yang buruk. Ini normal karena saya start dari grid ketiga, tapi akhirnya saya menemukan pace yang bagus dan bisa mengejar rider di depan, akhirnya saya bisa mengalahkan Dovi dan Marquez tapi saya nggak bisa mengejar Lorenzo karena Lorenzo sudah jauh di depan, tapi saya senang dengan hasil ini dan 20 poin sangat berarti buat saya.. begitu kata TheDoctor.

Lorenzo sekarang memuncaki klasemen sementara. Dengan finish kedua, jarak poin Vale ke Lorenzo di klasemen sementara tinggal 12 poin. Race selanjutnya akan berlangsung di rumah Vale.. di Mugello Italia. Untuk Le Mans emang nggak heran lah karena Yamaha emang kuat di sini. Menarik buat melihat gimana hasil Mugello yang akan berlangsung 22 Mei 2016 besok. Vale bisa juara di seri ini. Bila Maverick Vinales performanya sebaik ini lagi maka makin susah deh Suzuki melepas Vinales ke Yamaha. Sayang gitu... karena Aleix Espargaro performanya nggak sebagus Vinales.

Hasil selengkapnya seri Le Mans adalah (1-13) : Jorge Lorenzo – Valentino Rossi – Maverick Vinales – Dani Pedrosa – Pol espargaro –Aleix Espargaro – Danilo Petrucci – Hector Barbera – Alvaro Bautista – Stefan Bradl – Eugene Laverty – Loris Baz – Marc Marquez. Yang tidak finish : Bradley Smith – Jack Miller – Andrea Iannone – Andrea Dovizioso – Tito Rabat – Cal Crutchlow –Yonny Hernandez – Scott Redding.

Posisi klasemen sementara adalah (1-22) : Jorge Lorenzo (90 poin) – Marc Marquez (85 poin) – Valentino Rossi (78 poin) – Dani Pedrosa (53poin) – Maverick Vinales (49 poin) – Pol Espargaro (47 poin) –Aleix Espargaro (42 poin) – Hector Barbera (39 poin) – Eugene Laverty (33 poin) – Andrea Iannone (25 poin) – Andrea Dovizioso (23 poin) – Stefan Bradl (23 poin) – Alvaro Bautista (21 poin) –Bradley Smith (20 poin) – Scott Redding (16 poin) – Michele Pirro (12 poin) – Tito Rabat (11 poin) – Danilo Petrucci (9 poin) –Loris Baz (8 poin) – Cal Crutchlow (5 poin) – Yonny Hernandez (3poin) – Jack Miller (0 poin).

Sumber : MotoGP.com
Ditulis juga di Kompasiana

Tidak ada komentar