Jumat, 03 Juni 2016

Kualifikasi MotoGP Le Mans, Rossi ketujuh, Gosip Pedrosa ke Yamaha

Sesi kualifikasi MotoGP Le Mans, Sabtu 7 Mei 2016, selesai dengan hasil Jorge Lorenzo meraih posisi pole. Jorge Lorenzo baru kali ini meraih pole position di Le Mans Perancis. Selain pole, Lorenzo juga mencatat lap record baru dengan 1:31:975. Seperti biasa... Lorenzo smooth dari awal sampe akhir. Ia nggak punya kendala berarti di trek Le Mans. Saingan beratnya, Marc Marquez, sedikit mengalami kesulitan di Le Mans.

Marc Marquez start di posisi kedua dengan 1:32:416, selisih 0.441 dengan Jorge Lorenzo. Sempat turun ke posisi 7 tapi di detik terakhir Marquez melompat naik ke posisi 2 yang akhirnya bertahan hingga bendera kotak-kotak berkibar. Marquez menjadi pemuncak di klasemen sementara. Bisa jadi Marquez menjadi juara Le Mans besok. Iannone sempat terjatuh di pertengahan sesi kualifikasi. Ia berlari menuju garasi karena waktu untuk sesi kualifikasi tinggal sedikit lagi. Andrea Iannone balik ke trek dengan motor kedua dan tetap mempertahankan posisinya.. start dari posisi ketiga.

Ducati emang ngacir berat di Le Mans, mungkin ini pengaruh dari Winglet yang makin banyak nempel di body Ducati. Bikin tampilan motor Ducati makin aneh. Lama-lama bisa terbang itu Ducati gara-gara kebanyakan winglet (Aerodinamic wiglet). Valentino Rossi mencatat hasil yang nggak terlalu bagus dan terpaksa start dari posisi tujuh di balapan besok. Vale mencatat waktu 1:32:829, selisih 0,845 detik dari Jorge Lorenzo. Terlihat Vale masuk ke garasinya dengan kecewa. Saya pun kecewa. Padahal Vale sempat di posisi 3 saat pertengahan kualifikasi. Tapi saat lawan-lawannya naik posisi, Vale terpaksa merosot ke bawah dan sulit untuk merangkak naik. Saya optimis Vale akan meraih hasil baik di balapan besok karena hasil balapan Vale di sini selalu bagus.

Hasil selengkapnya sesi Kualifikasi Le Mans Perancis adalah : Jorge Lorenzo– Marc Marquez – Andrea Iannone – Pol Espargaro – AndreaDovizioso – Bradley Smith – Valentino Rossi – Maverick Vinales – Cal Crutchlow – Danilo Petrucci – Dani Pedrosa – AleixEspargaro – Hector Barbera – Scott Redding – Yonny Hernandez – Eugene Laverty – Stefan Bradl – Jack Miller – Alvaro Bautista – Tito Rabat – Loris Baz. 

Gosip Dani Pedrosa Pindah ke Yamaha

Hari ini beredar gosip mengenai kepindahan Dani Pedrosa ke Yamaha menggantikan Jorge Lorenzo. Berita ini pertama kali ditulis oleh media Perancis El Pais, yang mengatakan bahwa Dani Pedrosa telah meneken kontrak dengan Yamaha Racing. Pasca Jorge Lorenzo teken kontrak dengan Ducati emang ada slot kosong di Yamaha. Yamaha belum memberikan informasi siapakah rider yang akan menempati slot kosong itu. Berita joinnya Dani Pedrosa ke Yamaha menjadi viral di kalangan penggila MotoGP. Sebagian percaya dan sebagian lagi belum percaya. Saya adalah salah seorang yang belum percaya pada berita ini. Saya memilih untuk menunggu pengumuman resmi dari tim Yamaha.

Dani Pedrosa secara pribadi juga masih tutup mulut atas beredarnya berita ini. Gosip hebat tentang Dani Pedrosa membuat Team Principle Repsol Honda, Livio Suppo dan Team Director Movistar Yamaha, Massimo Meregalli angkat bicara. Livio Suppo mengatakan bahwa Dani Pedrosa dan manajernya telah mengatakan kepadanya bahwa berita ia pindah ke Yamaha itu tidak benar. Walau sampai saat ini Dani Pedrosa belum memperpanjang kontrak dengan Honda tapi Suppo bilang bahwa mempertahankan Marc Marquez dan Dani Pedrosa adalah prioritas utama. Massimo Meregalli juga bilang berita El Pais tidak benar. Belum ada penandatanganan kontrak apapun dengan Dani Pedrosa.

Meski secara tersamar Meregalli bilang bahwa Yamaha punya dua pilihan. Publik tau bahwa satu dari pilihan itu adalah Maverick Vinales. Lalu apakah satu lagi adalah Dani Pedrosa? Meregalli hanya tersenyum. Seberapa besar kemungkinan Dani Pedrosa akan pindah dari Honda? Livio Suppo tidak memungkiri bahwa Dani Pedrosa butuh motivasi dan tantangan baru secara ia udah lama bergabung dengan Honda. Namun Livio Suppo bilang, tetap bergabung dengan Honda adalah prioritas Dani Pedrosa dan Livio Suppo percaya pada Dani Pedrosa. Jadi...gosip tetap menjadi gosip sampai ada pengumuman resmi dari tim Yamaha dan tim Honda. Mari kita tunggu aja. Balapan seri Le Mans Perancis akan berlangsung secara live besok, Minggu 8 Mei 2016 jam 19.00 wib. Don't miss it.

Sumber : MotoGP.com, Crash.net
Dimuat juga di Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar