Jelang MotoGP Catalunya, Marquez Pole lagi, Rossi Kelima

Tiga rider Spanyol menguasai grid terdepan di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya, Spanyol yang berlangsung 4 Juni 2016. Marc Marquez meraih pole position disusul Jorge Lorenzo di posisi kedua dan Dani Pedrosa di posisi ketiga. Hector Barbera melengkapi empat rider Spanyol yang membabat top 4 di kualifikasi. Italia diselamatkan Valentino Rossi yang start dari posisi 5 tapi di posisi 6 ada rider Spanyol lagi.. Maverick Vinales. Rider Spanyol benar-benar digdaya di rumahnya sendiri. Seakan-akan ini menjadi hadiah untuk rider Moto2 Spanyol yang tewas kemarin.. Luis Salom.

Setelah tewasnya Luis Salom karena kecelakaan tunggal di FP2 Moto2 Catalunya, Race Director mengubah trek Catalunya. Turn 12 tempat Luis Salom mengalami kecelakaan dibuat chicane, treknya jadi seperti trek F1. Turn 12 tidak dilewati karena jalur treknya diubah. Hal ini dilakukan demi membuat balapan berlangsung aman. Betewe.. balapan MotoGP Catalunya tetap berlangsung salah satunya karena permintaan keluarga Luis Salom yang minta balapan tetap berlangsung. Rest in peace Luis Salom.

The Doctor sempet bikin was-was di FP4 karena sempet tercecer di urutan 16 meski akhirnya di akhir FP4 ia loncat ke posisi 7. Lorenzo juga nggak bagus hasilnya.. ia finish di urutan 14. FP4 emang nggak masuk ke penghitungan catatan waktu untuk kualifikasi tapi FP4 digunakan tim untuk mencari settingan final yang digunakan buat sesi kualifikasi. Setelah FP4 pintu garasi Yamaha ditutup rapat, nampaknya crew Yamaha lagi bekerja keras mengubah settingan biar duo Yamaha dapet hasil bagus di sesi kualifikasi. Padahal di FP1 sampai 3 duo Yamaha hasilnya bagus kok.

Kabar gembira datang dari tim Repsol Honda. Marc Marquez sudah menandatangani perpanjangan kontrak di Honda, ia masih akan balapan di tim Honda 2 tahun lagi yaitu 2017 dan 2018. Jadi tim Honda buat tahun depan udah lengkap dan nggak ada perubahan setelah Dani Pedrosa juga sebelumnya sudah menandatangani perpanjangan kontrak dengan Honda.

Namun berita sedih menimpa Yamaha Tech3. Setelah Bradley Smith memutuskan bergabung dengan KTM musim depan, Pol Espargaro ikutan pindah ke KTM juga. Espargaro akan menandatangani kontrak 2 tahun dengan KTM. Belum tau siapa pengganti duo rider ini di Yamaha Tech3. Katanya sih Johann Zarco akan mengambil posisi di Yamaha Tech3. Yang jelas.. musim depan akan menarik nih. Jangan lupa tonton balapan MotoGP Catalunya secara live besok, 5 Juni 2016 jam 19.00 untuk kelas MotoGP.

Hasil selengkapnya sesi kualifikasi Catalunya adalah (1-21) : Marc Marquez – Jorge Lorenzo – Dani Pedrosa – Hector Barbera – Valentino Rossi – Maverick Vinales – Cal Crutchlow – Andrea Iannone – Danilo Petrucci - Andrea Dovizioso – Scott Redding – Pol Espargaro – Aleix Espargaro – Bradley Smith – Michele Pirro – Yonny Hernandez – Eugene Laverty – Stefan Bradl – Jack Miller – Tito Rabat – Alvaro Bautista.

Posisi klasemen sementara adalah (1-22) : Jorge Lorenzo (115 poin) – Marc Marquez (105 poin) – Valentino Rossi (78 poin) – Dani Pedrosa (66 poin) – Maverick Vinales (59 poin) – Aleix Espargaro (49 poin) – Pol Espargaro (48 poin) – Hector Barbera (43 poin) – Andrea Iannone (41 poin) – Eugene Laverty (36 poin) – Andrea Dovizioso (34 poin) – Bradley Smith (29 poin) – Stefan Bradl (25 poin) – Alvaro Bautista (21 poin) – Michele Pirro (18 poin) – Danilo Petrucci (17 poin) – Scott Redding (16 poin) – Tito Rabat (11 poin) – Cal Crutchlow (10 poin) – Loris Baz (8 poin) – Yonny Hernandez (3 poin) – Jack Miller (2 poin).

Sumber : MotoGP.com, dimuat juga di Kompasiana

Tidak ada komentar